Pernah dengar nggak, pepatah “Jodoh nggak akan lari kemana?” artinya kalau dia memang jodoh yang ditakdirkan buat kamu, nggak peduli seberapa lama kalian putus atau seberapa jauh jarak diantara kalian sekarang, dia pasti kembali ke kamu lagi.

Tapi faktanya guys, kisah cinta nggak selalu seindah itu. Ada masanya kamu harus mengalami perpisahan yang sangat pahit. Kamu pasti akan mengalami masa-masa sulit saat kalian baru putus. Dan masa-masa galau saat dia nggak juga ngajak kamu balikan. Antara berharap dan ga bisa nerima kenyataan nih guys…

Yang lebih sakitnya lagi, kamu akan merasakan patah hati banget saat tahu bahwa sekarang dia sudah bersama orang lain dan tidak lagi mencintai kamu.

Untuk kamu yang sekarang sedang mengalami kondisi seperti ini, tips move on ini bisa kamu coba untuk ngelupain mantan pacar yang udah nggak cinta lagi sama kamu.

1. Stop Mengasihani Diri Sendiri!

Rasa kecewa, marah, dan sakit hati karena putus cinta pasti akan membuat kita merasa punya alasan yang tepat untuk menangis dan mengasihani diri sendiri. Harusnya, sejak awal kamu sudah menyadari bahwa ketika kamu berani memutuskan untuk jatuh cinta, maka kamu harus siap juga dengan risiko patah hati.

Kamu memang punya hak untuk mencintai dia, tapi dia juga punya hak yang sama untuk mencintai orang lain. Kamu harus berhenti mengasihani dirimu sendiri dan berbesar hati, biarkan dia pergi bersama orang yang dia cintai.

2. Belajar untuk mencintai diri sendiri.

Ketika kehilangan sesuatu, sebaiknya kamu coba ingat-ingat lagi bagaimana kehidupmu dulu saat kamu masih sendiri. Mungkin saja tidak sebahagia saat kamu bersama dia, tapi jangan lupa faktanya bahwa saat itu kamu baik-baik saja. Kamu bisa tertawa lepas dan bahagia.

Memang kehilangan dia pasti menyisakan tempat kosong di hatimu, tapi itu tidak berarti duniamu akan berhenti. Cobalah untuk kembali belajar mencintai dirimu sendiri. Yakin deh, kalo dulu kamu bisa baik-baik saja tanpa dia, kamu juga pasti akan baik-baik saja sekarang.

Baca juga  Hentikan Kebiasaan Menunda Mulai dari Sekarang !

3. Buang semua hal yang mengingatkan kamu tentang dia.

Nggak ada gunanya juga kamu menyimpan barang-barang yang bisa mengingatkan kamu tentang dia. Ada baiknya kamu mulai buang semua barang yang dulu pernah dia kasih. Singkirkan sejauh mingkin biar kamu tidak ingat lagi.

Ganti semua foto kalian yang masih nempel di dinding kamar dengan fotomu bersama sahabat agar kamu punya sedikit kekuatan dan merasa bahwa kamu nggak sendirian. Bersih-bersih handphone, email dan juga media sosial. Terus hidup bersama kenangan tentang dia nggak akan bikin kamu jadi merasa lebih baik. Toh, orangnya juga udah nggak sama kamu kan??

4. Lakukan Hal-hal Yang Kamu Sukai.

Merubah penampilan mungkin bisa jadi pilihan yang cukul bagus. Tampil lebih menawan dan berbeda dari biasanya! Bukan tebar pesona ke orang lain, tapi lakukanlah untuk dirimu sendiri. Merubah penampilan sama saja dengan mengganti mood atau suasana baru untukmu. Kamu Juaga bisa mulai melakukan banyak hal yang tidak bisa kamu lakukan saat berhubungan dengan dia.

Misalnya saja dari dulu kamu ingin memotong pendek rambutmu tapi karena dia nggak suka, kamu jadi tidak pernah bisa melakukannya. Bebaskan dirimu dari semua tekanan dan lakukan hal-hal yang benar-benar membuat kamu lebih bahagia.

5. Habiskan Waktu Bersama Teman-temanmu.

Tidak ada hal yang bisa membuatmu merasa lebih baik selain menceritakan kesedihanmu dengan teman-teman terdekat. Mereka adalah orang-orang yang selalu ada buatmu saat kamu butuh tempat bersandar.

Kamu telepon mereka sekarang dan ajak mereka keluar untuk bersenang-senang. Berbahagialah agar kamu bisa lupa dengan kesedihanmu akibat patah hati.

6. Mengatur Ulang Rutinitas Hidupmu.

Dulu waktu kalian masih menjalin hubungan, kamu mungkin menjalani hari-harimu dengan melakukan kegiatan bersama. Mulai dari CFD ( Car Free Day) bareng, mengantar makan siang sampai liburan bareng setiap minggu. Tapi sekarang, kalian sudah nggak lagi bersama kan?, ada banyak waktu kosong yang bisa bikin kamu galau.

Baca juga  Kemampuan Multitasking Alami yang di Miliki Wanita

Ups! jangan kasih celah untuk kamu berlarut-larut dalam kehampaan. Mulailah mengatur ulang kegiatan di hidupmu. Kamu bisa mengisi kekosongan itu dengan melakukan hal-hal sederhana seperti yoga atau jogging di taman.

7. Menghindar Untuk Sementara Waktu Boleh Juga.

Mungkin kamu pernah dengar istilah “putus cinta bukan berarti harus putus hubungan pertemanan”. Tapi jika kamu merasa butuh waktu untuk menata kbali perasaanmu, menghindar sementara dari dia juga nggak masalah kok.

Hapus dia sebisa mungkin dari kehidupanmu, karena pada akhirnya kamu juga harus membiasakan diri untuk hidup tanpa dia. Sebesar apa pun keinginanmu ingin tahu kabarnya, tahan! jangan biarkan perasaanmu kalah.Jika kamu nggak siap untuk menghapusnya sekarang, maka sampai kapanpun kamu nggak akan pernah bisa melupakan dia!

8. Berhenti membohongi dirimu sendiri.

Hilangkan alasan untuk menjalin komunikasi dengan mantan pasangan, perasaanmu sudah berubah dari sayang ke pasangan jadi rasa sayang sebagai teman atau saudara.

Hal tersebut justru akan membuat kamu semakin terpuruk lagi. Mungkin suatu hari nanti kamu bisa saja menetralisir perasaanmu dan benar-benar menganggap dia hanya sebagai teman. Tapi mungkin itu nanti saat luka dihatimu sembuh, bukan sekarang.

9. Berlibur Dan Tenangkan Pikiran.

Tempat dan suasana baru bisa memberimu energi yang baru juga. Berkunjunglah ke tempat-tempat yang indah, makan makanan yang super enak, dan biarkan dirimu relaks sejenak. Kamu akan bisa melihat dengan jelas, bahwa hidup ini terlalu indah untuk sekedar meratapi cinta.

10. Ceritakan Perasaan Ke Orang Yang Kamu Percaya.

Jika ternyata hal-hal yang tadi belum cukup membuatmu merasa jadi lebih baik, ha yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah membiarkan perasaanmu tercurah apa adanya.

Baca juga  Menyalahkan Diri Sendiri - Solusi & Pencegahan

Curhatlah dengan orang yang kamu percaya dan menangislah. Biarkan semua rasa sakitmu keluar bersama dengan air mata. Biarkan segala beban hilang dari hati dan pundakmu.

11. Ingat, Jodohmu Yang Sesungguhnya Sedang Menunggu Di Luar Sana.

Jika kamu sudah mulai merasa bisa melupakan sang mantan, jangan takut untuk mulai membuka hubungan baru. Jangan biarkan rasa sakit hati yang pernah kamu rasakan menjauhkanmu dari kebahagiaan. Ingat, jika mantanmu bukan pria yang ditakdirkan untuk mendampingi hidupmu, maka jodohmu yang sebenarnya sedang menunggu di luar sana.

12. Perbanyak Ibadah.

Tentunya ibadah diperbanyak bukan hanya pas kamu lagi putus cinta aja ya guys, kalau bisa dilakukan setiap saat. Saat kamu sedang sedih, kamu harus ingat bahwa kamu masih punya Tuhan yang tidak akan pernah meninggalkan kamu. Dekatkan diri kepada-NYA.

Curhat sama Tuhan adalah satu-satunya cara yang paling ampuh, karena Tuhan gak akan meghakimi kamu, tapi Tuhan akan peluk kamu.

Semakin rajin dan tulus kamu ibadah, maka akan semakin banyak juga kebahagiaan dan rezeki dalam berbagai bentuk yang Tuhan berikan untuk hidup kamu.

13. Mebuat Kesibukan atau Kegiatan.

Buat kesibukan atau kegiatan lain, kamu bisa salurin hobi kamu, kamu bisa lakukan hal yang selama kamu masih pacaran sama dia susah banget buat kamu lakuin, karena kamu terlalu fokus sama seseorang yang akhirnya sekarang jadi mantan kamu? wkwkwkwkwk. Badai sudah berlalu, jadi sekarang sudah waktunya kamu happy lagi, sampai kamu nantu bertemu orang baru yang siap kamu ajak untuk berbagi kebahagiaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here