terakurat.commall-angker– Rumah sakit, Pemakaman, dan Hutan belantara mungkin terlihat wajar jika dikatakan angker dan banyak ‘penunggunya’, Namun bagaimana jika pusat perbelanjaan atau mall yang umumnya ramai oleh pengunjung? Penasaran? Yuk simak beberapa mall angker berikut ini.

idnportal.com

1. New South China Mall.

cnn.com

Mall yang dibuka pada tahun 2005 ini adalah salah satu mall terbesar di dunia. Terletak di Dongguna , China, tidak disangka-sangka sedikit sekali toko yang mau untuk buka di sini. Malahan toko-toko yang terletak di luar mall yang ramai pengunjung.

Karena sepi peminat, akhirnya tidak ada lagi toko yang buka dan akhirnya terbengkalai. Pada bagian atas mall ini sering sekali terdengar suara wanita menangis dan juga suara tertawa anak kecil, padahal seluruh akses mall ini sudah ditutup.

2. Cloverleaf Mall.

flickr.com

Mall yang terletak di Richmond, Virginia ini awalnya ramai dan memiliki bangunan yang sangat luas. Di tengah-tengah mall terdapat tanaman, pohon, dan air terjun yang menjadi pusat dari mall tersebut. Namun, rumah-rumah di sekitar mall tersebut direlokasi menjadi rada jauh, sehingga mall ini menjadi sepi. Karena sepi, ada sebuah kejadian di mana karyawan di salah satu toko dibunuh sekaligus dicuri ketika hendak pulang. Setelah kejadian tersebut mall menjadi semakin sepi.

3. Jogya Department Store (Mall Klender) – Jakarta.

tanahnusantara.com

Nama Yogya Department Store atau mall di kawasan Klender ini memang dikenal sebagai mall berhantu. Mall yang ada di Jakarta Timur ini punya sejarah kelam di mana menjadi tempat kematian massal saat tragedi Mei 1998. Konon, Mall Klender ini sengaja dibakar oleh oknum, sementara pada saat itu mall tersebut masih banyak pengunjung dan karyawan.

Baca juga  Raden Mas Said 'Pangeran Samber Nyawa'

Kebakaran tersebut memakan banyak korban jiwa. Usai kebakaran, banyak orang yang mengaku mengalami hal mistis seperti melihat penampakan sosok gaib, mendengar suara minta tolong, dan lain-lain. Sampai saat ini, bangunan pusat perbelanjaan ini pun masih berdiri kokoh. Mall yang dulunya ramai dikunjungi, sekarang berubah 180 derajat menjadi sepi.

4. Mega Mall (Supermall Karawaci) – Tangerang.

bantenhits.com

Pada tahun 1998, tak hanya Mall Klender yang menjadi sasaran pembakaran bangunan. Mega Mall atau Supermall Karawaci di Tangerang juga menjadi saksi bisu kerusuhan 1998. Mall tersebut menjadi lokasi penjarahan sekaligus kerusuhan hingga pembakaran.

Mega Mall ini menjadi mall pertama di kawasan Tangerang. Tak heran apabila banyak orang datang ke mall. Saat kejadian berlangsung, kondisi mall ramai. Sementara para oknum penjarah ini begitu beringas mengambil barang-barang mewah hingga membakarnya.

5. Mitra Plaza – Banjarmasin.

infokalsel.com

Mitra Plaza di Banjarmasin, Kalimantan Selatan menjadi saksi bisu dari kerusuhan Mei 1997 silam. Kejadian yang terjadi pada 23 Mei 1997 ini menjadi hari penuh darah usai dilaksanakannya kampanye pemilu legislatif. Konflik antarpendukung partai pun tak terbendung hingga menimbulkan korban jiwa.

Tak hanya kucuran darah yang muncul, beberapa bangunan ibadah seperti gereja, sekolah, rumah panti jompo, kantor pemerintahan, hingga mall Mitra Plaza jadi amukan masa. Gedung-gedung tersebut dibakar masa dan dijarah. Ratusan pengunjung mall pun menjadi korban kebakaran. Bermula dari tragedi tersebut, gedung yang kini masih menjadi mall ini pun diwarnai dengan nuansa horor.

6. Slipi Jaya Mall – Jakarta.

tripadvisor.co.id

Salah satu mall di bilangan Slipi Jakarta Barat ini sekilas tampak seperti bangunan umum lainnya. Di balik gedung yang megah ini menyimpan cerita-cerita horor yang bikin bulu kuduk merinding. Seperti mall sebelumnya, Slipi Jaya Mall juga menjadi sasaran kerusuhan tahun 1998.

Baca juga  Kisah Seram Rumah Selebrity Indonesia!

Konon makhluk gaib yang suka muncul ini adalah arwah korban kerusuhan. Tak hanya satu cerita, banyak cerita yang muncul dari mulut ke mulut di mana mereka menyaksikan bagian tubuh manusia yang terbakar di mall.

7. Royal Plaza – Surabaya.

en.wikipedia.org

Mall Royal Plaza yang ada di Surabaya ini selama proses pembangunannya banyak memakan korban jiwa. Mall modern ini menyimpan banyak kisah yang menyeramkan penuh misteri. Dirunut ke belakang, dahulu ada bangunan hotel Beringin Permai yang terbengkalai. Berawal dari situ, mulai muncul kisah-kisah misteri di mana bangunan tersebut kerap dijadikan lokasi untuk mencari pesugihan dan pusaka.

Ada pula yang menyebutkan Royal Plaza ini merupakan istana hantu yang sangat mengerikan. Dahulu di sekeliling gedung banyak tumbuh ilalang yang kerap muncul penampakan orang berbaris bak karnaval jubah hitam. Setelah diamati lagi, sosok tersebut hilang dari peredaran.

8. Plaza Surabaya.

global-news.co.id

Siapa sangka jika mall yang juga dikenal dengan nama delta Plaza ini dulunya adalah bekas rumah sakit. Konon di rumah sakit tersebut pernah ada kejadian yang mengerikan dan bikin merinding. Salah satu petugas medisnya tewas secara tragis karena terjepit lift. sebagian pengunjung mall hingga sekarang seringkali melihat ada penampakan seram di area mall.

9. Ambarukmo Plaza.

petatempatwisata.com

Masyarakat Jogja lebih mengenal tempat belanja ini dengan sebutan Amplaz. Dulunya merupakan hutan belantara dan sempat menjadi tempat tinggal salah satu Sultan Jogja. Namanya waktu itu adalah Pesanggrahan Ngambarrukmo. Sepanjang pembangunannya hingga sekarang, Plaza Ambarukmo dianggap telah menelan beberapa korban dan kabarnya mayatnya sengaja dikuburkan di dekat area pondasi.

10. Hero Swalayan.

tanahnusantara.com

Pada tahun 1999 bioskop Reagent yang terletak di Mall Hero Swalayan sempat mengalami insiden kebakaran. Saat itu ada 15 orang yang meninggal. Setelah kejadian nahas tersebut, mall ini sempat terbengkalai selama 10 tahun.

Baca juga  Tempat-tempat Angker Di Indonesia.

11. Grand Serpong Mall.

id-id.facebook.com

Grand Serpong Mal di bilangan Tangerang lebih mirip kuburan ketimbang pusat perbelanjaan. Sunyi dan seram. Ruang parkirnya sepi kendaraan. Tak ada seorang pun petugas keamanan yang berjaga di pintu masuk. Sebuah kedai kopi asal Korea yang buka di sebelah pintu masuk utama dan rumah makan di sisi mal seakan malas menanti pembeli.

Situasi di dalam mal lebih mengenaskan. Gelap dan nyaris hening. Lampu-lampu ruangan mati. Kebanyakan eskalatornya tak berfungsi. Ratusan toko tutup. Hanya ada dua mini market dan sebuah usaha penatu yang terlihat beroperasi. Dari empat lantai, satu-satunya nada kehidupan ada di lantai dasar.

Meski begitu, penyebab kegagalan Grand Serpong Mal agak berbeda dari yang terjadi di Tiongkok maupun Amerika. Dari segi akses, lokasi mal ini tidak jelek-jelek amat. Posisinya lumayan strategis. Persis di pintu keluar tol Tangerang dan dilalui sejumlah rute angkutan umum.

Selain itu, fasilitas penunjang di mal terbilang komplet. Di sana ada restoran, hotel, apartemen, wahana kolam renang, hingga arena bermain anak. Sedangkan toko daring, meski trennya cukup menguat tetapi belum berpengaruh signifikan dalam menggerus penjualan di mal.

Demikianlah kisah seram mall angker karena kejadian mengerikan yang terjadi dan sepinya pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here