terakurat.comsocial-distancing– Jika pemerintah mulai kewalahan mengatasi COVID-19, maka kesadaran diri masyarakat harus ditingkatkan. Social Distancing terbukti ampuh di berbagai negara untuk mengurangi tingkat penyebaran COVID-19.

ingat, virus tidak terlihat bukan berarti mereka tidak ada!. COVID-19 bahkan tidak pandang bulu menyerang siapa saja. Menjaga jarak sosial menjadi lebih penting dalam hal ini.

menjaga jarak sosial bisa dilakukan dengan cara menghindari keramaian atau orang yang sedang sakit. pemerintah dan otoritas juga bisa memberlakukan kebijakan untuk tidak ke kantor atau berkerumun.

Social Distancing juga harus melibatkan pemerintah daerah, mulai dari Dinas Kesehatan setempat hingga Puskesmas. Hal ini bertujuan untuk mensosialisasikan pencegahan COVID-19 sampai ke akarnya.

berikut beberapa yang harus dilakukan dalam Social Distancing mencegah penyebaran COVID-19:

Hindari Kontak Dengan Orang Lain.

Social Distancing merupakan tindakan mengisolasi diri dari lingkungan. Oleh sebab itu, individu yang sedang menerapkan cara ini harus menghindari kontak dengan orang lain dan menghindari keramaian.

Menghindari Pertemuan Besar.

Banyak Kota dan beberapa perusahaan yang sudah melakukan Social Distancing dengan menghindari pertemuan besar, melakukan Work from Home dan menutup sekolah serta lembaga kursus.

Menghindari Transportasi Umum.

Hindari menggunakan transportasi umum yang penuh sesak dan meminimalisir bersentuhan dengan orang lain dapat mengurangi resiko tertular COVID-19. Disarankan agar mereka yang berusia diatas 60 tahun lebih baik tinggal dirumah saja. Hal ini dikarenakan lansia merupakan kelompok yang paling rentan tertular virus.

Hindari Tempat-tempat Umum.

Pergi ke restauran atau gym boleh saja, asalkan selalu menjaga kebersihan dan pastikan alat-alat yang akan digunakan sudah dibersihkan menggunakan disinfektan. Namun jika anda berniat bepergian ke tempat ramai seperti bar, konser musik, dan pertunjukan yang mengumpulkan banyak orang sebaiknya pikirkan lagi resiko yang akan dihadapi.

Baca juga  Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih.

Selalu Cuci Tangan dan Jangan Sembarangan Menyentuh Wajah.

Cuci tangan sesering mungkin sehabis bepergian, memegang benda dari luar, dan sebelum makan. Bahkan anda bisa melakukannya juga saat ingin menyentuh wajah dan orang-orang tersayang. Jangan Sembarangan Menyentuh wajah dengan telapak tangan, Anda bisa menggunakan tissue yang bersih, hand sanitizer atau mencuci tangan dengan bersih.

Mengenai Social Distancing sebagian pekerja di Indonesia memang sudah menerapkan work from home. Namun sangat disayangkan, faktanya masih banyak Karyawan yang pergi bekerja. Hal ini dikarenakan para pelaku usaha atau perusahaan tempat mereka bekerja belum memberlakukan Social Distancing atau work from home. Meskipun Presiden Jokowi telah menghimbau agar masyarakat saling tolong menolong dalam menghadapi wabah COVID-19 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here