Jogjakarta selalu memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang datang mengunjunginya. Suasana kotanya, Wisata dan Makannya yang semakin bertambah banyak dapat membuat betah saat mengunjunginya.

Membahas soal oleh-oleh, Jogjakarta selalu identik dengan bakpia atau gudegnya. Namun selain Gudeg dan bakpia, di jogja ini ada berbagai macam oleh-oleh khas jogja yang wajib kamu coba. Berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Jogjakarta yang dapat kamu beli usai berwisata dari jogja.

Daftar Oleh-Oleh Khas Jogjakarta Diantaranya

Bakpia

Oleh-oleh khas jogja yang paling terkenal adalah Bakpia. Makanan yang di bentuk menjadi bulatan kecil ini didalamnya berisi kacang hijau yang di bungkus lalu dipanggang.

Di beberapa daerah di indonesia yang rasanya gurih ketika dikunyah dan dipadu dengan rasa isinya jika dimakan dikenal dengan nama Pia atau Kue Pia, yang membedakannya dengan Bakpia Pathok adalah bentuknya lebih kecil ketika dikunyah di mulut.

Saat ini isian Bakpia tak hanya berisi Kacang Hijau saja, namun ada juga yang isi coklat, kumbu hitam yang ditambahkan keju. Kurang asik rasanya jika berwisata ke jogja tanpa membeli bakpia.

Yangko

Yangko adalah makanan yang dibuat dari bahan tepung ketan yang dibentuk menjadi persegi empat mungil dan ditambahkan baluran tepung terigu. Selain bentuknya yang kecil yangko juga memiliki aroma yang wangi.

Rasa kenyal dimulut ketika mengunyah yangko dapat mengundang sensasi kenikmatan yang bersantap.

Makanan ini dapat ditemukan di kota gede, namun juga dapat ditemukan di berbagai macam pusat oleh-oleh khas jogja lainnya, seperti Kawasan Pathuk jl. Gajahmada, Jl Mataram ataupun pusat oleh-oleh yang tersebar pesat di Yogyakarta.

Gudeg

Gudeg merupakan oleh-oleh khas jogjakarta yang paling terkenal seantero nusantara. Bahkan saking terkenalnya, kota Yogyakarta mendapat sebutan Kota Gudeg. Gak afdol rasanya jika kamu berwisata kesini tanpa mencicipi gudeg ini.

Baca juga  Aneka Jenis Olahan Telur Untuk Sahur!

Gudeg sebenarnya memiliki dua jenis, gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg kering tak banyak berbeda dari gudeg basah, yang membedakannya hanyalah proses memasaknya saja yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Gudeg keringcenderung memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan gudeg basah.

Jika kamu tertarik kamu bisa membelinya di Gudeg Yu Djum yang berlokasi di jalan Kaliurang 5, Yogyakarta. Disini kamu bisa menyantap gudeknya di tempat atau memesan paket untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jadah Tempe Mbah Carik

Oleh-oleh khas jogja yang tak kalah enak dan murah berikutnya adalah Jadah Tempe Mbah Carik. Jadah Tempe adalah makanan khas Kabupaten Sleman yang sangat terkenal. Makanan ini hanya dapat kamu temui disekitar tempat wisata kaliurang yang berada di lereng gunung Merapi.

Bentuk Jadah Tempe sangatlah sederhana, karena hanya berupa olahan ketan yang dilengkapi dengan tempa atau tahu yang telah diolah dengan cara dibacem.

Meski tampaknya sederhana, namun makanan ini memiliki citarasa yang khas dan nikmat. Nama Jadah Tempe sebenarnya hanya gabungan dua nama makanan yang merupakan olahan dari ketan dan tempe. untuk menikmati makanan ini pembeli cukup merogoh kocek biasanya berkisar Rp. 10.000- Rp. 20.000 saja.

Makanan ini sangat direkomendasikan bagi anda yang berwisata ke Yogyakarta khususnya yang berada di sekitar Kaliwurang. Pengunjung juga dapat membawa pulang Jadah Tempe sebagai oleh-oleh khas jogja yang murah.

Belalang Goreng

Oleh-oleh khas dari Gunung kidul Yogyakarta yang tak kalah menarik untuk dibeli adalah Belalang Goreng atau Walang Goreng. Makanan ekstream dan unik ini bisa anda temukan dengan mudah saat anda berkunjung ke Gunung Kidul.

Harga Walan goreng terbilang cukup murah, untuk satu toples biasanya dibanderol dengan harga Rp. 12.000 sedangkan untuk yang lebih kecil harganya Rp. 6000/bungkus. Salah satu merk belalang goreng yang paling populer adalah Belalang goreng pak Gareng. Belalang goreng pak Gareng ini memiliki rasa yang sangat gurih, renyah, dan enak membuat Walang Gorengnya banyak diburu para wisatawan.

Baca juga  Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer

Keripik Belut

Keripik Belut merupakan oleh-oleh khas daerah Godean Kabupaten Sleman DIY yang terkenal dengan rasanya yang renyah, gurih dan lezat. Karena rasanya yang gurih dan lezat tersebut menjadikannya cocok untuk cemilan saat bersantai bersama keluarga ataupun teman-teman.

Proses pembuatannya terbilang sederhana. Belut yang telah dibuang tulangnya lalu dilumuri dengan bumbu-bumbu seperti kemiri, ketumbar, bawang putih dan juga garam.

Setelah dilumuri bumbu, belut tersebut dilumuri dengan campuran tepung beras, kanji dan santan untuk memberikan citarasa yang gurih. Selanjutnya belut pun tinggal digoreng hingga matang. Keripik belut yang kualitasnya bagus biasanya bertekstur renyah saat di gigit. Jika kamu tertarik untuk membelinya kamu dapat mendatangi pusatnya di pasar godean atau toko oleh-oleh di jogja lainnya. Keripik belut ini dibandrol sekitar 50 ribu hingga 60 ribu ber kiligramnya.

Rugi rasanya jika berwisata ke jogja tanpa membeli oleh-oleh khas jogja. Itulah beberapa oleh-oleh khas jogja yang bisa menjadi pilihanmu ketika berkunjung kesana.

Baca juga : Keindahan Ranu Kumbolo, Surga Tersembunyi Dikaki Mahameru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here