manfaat-kandungan-m-tranexamic-acidРKandungan M-Tranexamic Acid dalam skincare memang belum terlalu terkenal seperti kandungan yang biasanya ada dalam skincare seperti, Hyaluronic Acid, AHA dan BHA, atau Niacinamide. Kandungan ini sering juga disebut dengan asam traneksamat. M-Tranexamic justru lebih dikenal dalam dunia medis untuk menghentikan pendarahan saat operasi. Namun beberapa penelitian menemukan bahwa M-Tranexamic Acid juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kulit.

Tidak seperti AHA dan BHA, kandungan asam yang satu ini aman digunakan untuk semua jenis kulit serta aman juga digunakan oleh ibu hamil maupun ibu menyusui. Tidak hanya itu saja, M-Tranexamic Acid juga memiliki banyak manfaat lainnya. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan berikut.

Mencerahkan Wajah.

Salah satu permasalahan kulit yang paling umum dan sering dijumpai oleh banyak orang adalah kulit yang terlihat kusam dan lelah. Kabar baiknya, M-Tranexamic Acid, seperti bahan skincare lainnya yang bersifat asam, dapat mencerahkan kulit wajah dengan mengangkat sel kulit mati secara lembut. Hal ini ditemukan oleh beberapa peneliti yang menemukan pasien yang diobati dengan obat mengandung M-Tranexamic Acid tidak hanya dapat menghentikan pendarahan, namun juga kulit mereka tampak lebih cerah dari sebelumnya.

Mungkin, kamu bertanya-tanya bagaimana cara kerja M-Tranexamic Acid dalam mencerahkan kulit wajah? Pada prosesnya, kandungan M-Tranexamic Acid dalam suatu skincare akan menahan perpindahan pigmen melanosit (sel penghasil melanin/pigmen pemberi warna pada kulit) yang berlebihan ke keratinosit (sel induk)  pada lapisan terluar kulit sehingga kulit tampak lebih cerah. 

Meratakan Warna Kulit.

Memiliki warna kulit yang tidak rata atau hiperpigmentasi memang dapat mengganggu kepercayaan diri. Seringkali, kita kerap menggunakan makeup secara berlebih atau berlapis-lapis hanya untuk menutupi hiperpigmentasi pada kulit wajah tersebut. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan skincare yang memiliki kandungan M-Tranexamic Acid di dalamnya. 

Baca juga  Tips Merawat Wajah di Usia 30-an!

Perlu diketahui, hiperpigmentasi kulit terjadi akibat produksi melanin yang berlebih sehingga menimbulkan penumpukan kulit berwarna bercak hitam. Peran M-Tranexamic Acid ialah menghambat produksi melanin berlebih sehingga meminimalisir terjadinya hiperpigmentasi pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, peradangan pada kulit, dan lainnya.

Melindungi Kulit dari Sinar UV.

M-Tranexamic Acid yang diformulasikan bersama UV Filter dalam sunscreen juga dipercaya dapat melindungi kulit dari sinar UV, lho! Tidak hanya memaksimalkan perlindungan UV, sunscreen dengan kandungan M-Tranexamic Acid di dalamnya juga dapat membantu mencegah kulit iritasi dan terbakar oleh sinar matahari. 

Kabar baiknya, M-Tranexamic Acid juga bisa digunakan dengan kombinasi skincare lainnya seperti retinoid topikal, vitamin C, Kojic Acid, dan skincare berbahan acid lainnya untuk memaksimalkan perlindungan kulit dari sinar UV dan mencerahkan di saat yang sama. 

Memudarkan Bekas Jerawat.

Sama dengan kasus hiperpigmentasi pada kulit, seringkali bekas jerawat meninggalkan bintik hitam pada wajah. Tenang saja, M-Tranexamic Acid juga mampu menyamarkan bekas jerawat berupa bintik hitam dengan sifat mencerahkannya. Pastikan kamu menggunakannya secara rutin untuk hasil yang optimal, ya! 

Memudarkan Flek Hitam.

Tidak hanya disebabkan oleh jerawat, flek hitam berupa bintik-bintik hitam pada wajah bisa disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebih. Perubahan hormonal (contohnya adalah hormon estrogen yang meningkat akibat menstruasi atau kehamilan), hingga faktor usia. Kabar baiknya, kandungan M-Traxenamic Acid juga bisa membantu memudarkan flek hitam yang disebabkan oleh beberapa hal tersebut. Sehingga kulit warna menjadi cerah dan merata. 

Nah girls, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kandungan M-Traxenamic Acid. Jangan sampai salah dalam memilih skincare ya. Pastikan semua kandungannya cocok dan aman untuk kulitmu.

Baca juga  Cara Alami Memutihkan Gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here