terakurat.comperawatan-ipl- IPL merupakan perawatan kulit yang memanfaatkan cahaya lampu xenon, cahaya lampu ini biasanya digunakan dalam gelombang intensitas yang tinggi untuk memperbaiki masalah kulit seperti noda hitam penuaan, garis wajah dan kerutan, merontokkan bulu, bekas luka, dan masalah jerawat. Terapi laser dan terapi IPL merupakan metode yang berbeda, karena prosedur dan alat yang mereka gunakan juga berbeda.

Terapi laser bekerja hanya dengan satu gelombang cahaya dan berknsentrasi pada satu sel saja. Cara kerjanya seperti laser pointer yang sering digunakan untuk presentasi. Sedangkan IPL treatment menggunakan berbagai gelombang cahaya yang kemudian dipadukan kemudian menargetkan area yang lebih besar. Terapi IPL juga memiliki efek samping yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan terapi laser.

Manfaat Perawatan IPL Untuk Jerawat.

Sebagian orag mungkin sudah terbiasa menggunakan obat penghilang jerawat sebagai cara untuk mengatasi jerawat yang dialami. Namun, tidak sedikit juga yang sudah mencoba berbagai macam terapi untuk mengatasi masalah kulit ini, seperti misalnya terapi IPL.

Terapi ini termasuk pengobatan yang aman dan tidak terlalu banyak menimbulkan efek samping. IPL treatment dapat membuat jerawat kering dengan membunuh bakteri penyebab jerawat serta dapat mengurangi peradangan. Kelebihan lainnya dari terapi ini adalah dapat mengurangi kemerahan pada kulit disekitar jerawat dan bekas jerawat, mengecilkan kelenjar minyak, hingga mengurangi produksi sebum pada kulit wajah. Dengan demikian pori-pori tidak tersumbat akibat penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih. Namun IPL treatment ini tidak dianjurkan untuk mengobati jerawat nodul atau kristik.

Efek Samping.

Meskipun terbilang aman dan efektif untuk mengatasi masalah kulit wajah yang berjerawat, perawatan IPL juga memiliki berbagai efek samping, beberapa diantaranya sebagai berikut.

  •     Nyeri saat sesi pengobatan.
  •     Kulit jadi memerah dan terasa sakit setelah terapi.
  •     Kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  •     Pigmen kulit melepuh, tetapi hal ini jarang terjadi.
  •     Bercak kulit lebih gelap atau pucat akibat sel pigmen rusak.
  •     Rambut menjadi rontok.
  •     Memar terjadi pada 10% pasien yang menjalani terapi ini.
Baca juga  Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah dan Kulit, Bisa Bikin Glowing!

Kamu disarankan untuk mencuci muka menggunakan air dingin selama beberapa hari pertama setelah perawatan jika kulit terasa lebih sensitif dan sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here