terakurat.com– Indonesia waspada terhadap virus Corona. Seperti yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, dua warga negara Indonesia dipastikan positif terjangkit COVID-19. Untuk mencegahnya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci tangan dan menggunakan masker.

Namun sangat disayangkan, harga masker di Indonesia, termasuk di berbagai online shop, melonjak naik dengan harga yang sangat fantastis bahkan mencapai jutaan rupiah per box nya. Biasanya satu box masker bedah (isi 50 pcs) dibanderol hanya dengan harga 30.000 rupiah.

Semenjak diumumkannya dua Warga Negara Indonesia yang positive terinfeksi virus Corona, harga masker langsung menjadi tidak masuk akal. Ada yang menjual 500.000 rupiah per box bahkan ada juga yang menjual hingga jutaan.

Untuk menyiasatinya, Kamu bisa membuat masker sendiri di rumah. Berikut beberapa cara membuat masker sendiri.

Memakai kain.

Pakailah kain katun, karena teksturnya tidak terlalu keras dan lembut. Ukur dan potong kain, sesuaikan dengan ukuran wajah. Lipat bagian tepi dan tengah kain menjadi beberapa lipatan, sama persis seperti masker sekali pakai. Lalu setrika, supaya lipatan tidak memudar Terakhir, gunakan karet kolor yang biasa digunakan untuk celana atau yang lainnya untuk pengait di telinga, jika tidak ada karet kolor kamu bisa menggunakan pita atau tali apapun.

Tissue.

Kamu bisa memanfaatkan tisu yang kamu punya. Tissue kering atau tissue basah bisa kamu gunakan sekali pakai dalam keadaan darurat. Begini caranya, lipat tisu hingga menjadi beberapa bagian seperti masker. Lubangi pada dua bagian sisinya, lalu gunakan karet sebagai pengait untuk telinga.

Memakai kain neoprene.

Gambar pola di atas kertas membentuk masker. Kemudian, gambar juga pola membentuk sangkutan di telinga. Gunting kertas tersebut mengikuti bentuk pola. Terapkan pola pada kain neoprene. Lalu, jahit pada bagian tengah masker.

Baca juga  Tips Menghilangkan Panu dengan Cepat !

Demikianlah tips cara membuat masker sendiri dalam keadaan darurat. Jangan panik, namun tetap waspada. Selalu menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh juga dapat mencegah virus Corona. Mari besama-sama kita lawan COVID-19 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here