Ingin tampil cantik dan sempurna memang impian semua wanita, oleh sebab itulah banyak wanita yang menggunakan berbagai macam kosmetik untuk mendapatkan penampilan yang mereka inginkan. Ada banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran, karena itu kita sebagai konsumen perlu untuk berhati-hati sebelum mengaplikasikannya ke wajah atau kulit kita. Bahan-bahan yang berbahaya yang terkandung dalam produk kosmetik bisa menimbulkan alergi kosmetik. Apa itu alergi kosmetik?

Alergi kosmetik merupakan suatu reaksi yang terjadi pada kulit atau bagian tubuh tertentu yang disebabkan oleh kandungan suatu bahan aktif. Biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kemerahan pada kulit. Reaksi alergi biasanya timbul karena bahan berbahaya yang terkandung dalam sebuah produk kosmetik, sehingga kulit menimbulkan reaksi negatif.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Terjadinya Alergi Kosmetik:

  1. Kandungan zat/bahan aktif yang terkandung di dalam sebuah produk kosmetik.
  2. Fragrance/zat pewangi, kandungan zat pewangi juga dapat menimbulkan reaksi alergi.
  3. Logam juga bisa menjadi kandungan zat kosmetik yang menyebabkan alergi.
  4. Sodium Laureth Sulfate dan Sodium Lauryl Sulfate merupakan kedua jenis kandungan sulfat yang dapat menyebabkan alergi kosmetik.
  5. Emolien sebenarnya salah satu kandungan dalam kosmetik dan perawatan kulit yang baik. Namun tidak semua jenis kulit cocok menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan ini.
  6. Kandungan minyak essential dan kandungan asam yang ada dalam produk kosmetik juga bisa menimbulkan reaksi alergi.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan alergi kosmetik, namun jangan khawatir hal ini masih bisa diatasi dengan beberapa cara seperti berikut:

  1. Segera Membersihkan Produk dari Wajah Menggunakan Air Dingin.
  2. Stop Memakai Produk yang Bisa Menjadi Pemicu Alergi.
  3. Rajin Mencuci Tangan Agar Wajah Terlindungi Dari Bakteri.
  4. Jangan menggaruk di area sensitif akibat alergi.
  5. Konsultasikan Dengan Dokter.
Baca juga  Produk Wardah Untuk Kulit Berminyak!

Sebagai wanita selain merawat dan menjaga penampilan kita juga harus cermat dalam memilih produk kosmetik dan skincare yang akan kita gunakan. Karena itu sebaiknya kita harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu kondisi dan jenis kulit kita. Agar tidak terjadi iritasi dan alergi yang dapat merusak serta membuat keadaan kulit menjadi semakin parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here