Rambut merupakan bagian penting yang berfungsi melindungi kulit kepala dari panasnya terik matahari. Oleh sebab itu kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Rambut yang kotor karena ketombe akan membuat kita menjadi tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Untuk mengatasi rambut yang berketombe berikut beberapa tipsnya:

Rajin Mencuci Rambut.

Debu dan kotoran dari luar ruangan bisa membuat rambut menjadi lebih mudah berminyak. Debu yang menempel akan menjadi ketombe yang mengganggu dan menimbulkan rasa gatal. Setelah beraktivitas, kamu harus mencuci rambut sampai bersih. Gosok juga bagian kulit kepala hingga ke sela-sela rambut. Jika kamu melakukannya dengan rutin, maka tidak akan ada lagi kotoran yang menempel di rambutmu. Rambut juga akan terlihat lebis sehat dan terasa segar tanpa ketombe dan rasa gatal yang mengganggu.

Pilih Shampoo Anti Dendruf.

Apakah kamu memiliki masalah ketombe yang cukup ekstrem. Kamu bisa mulai mengatasinya dengan mengganti shampoo yang biasa kamu gunakan sehari-hari dengan shampo anti-dendruff ( anti ketombe ). Shampo yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah ketombe ini akan membuat ulitmu menjadi bersih dan mengatasi kulit kepala yang rusak. Banyak shampoo anti ketombe yang beredar dipasaran dengan harga yang ramah di kantong, dan masih bisa dijangkau oleh kamu yang masih pelajar. Jadi jangan khawatir soal biaya ya guys!

Gunakan Conditioner.

Selain kotoran dan debu, kulit kepala yang kering juga bisa menjadi faktor timbulnya ketombe. Kulit-kulit yang kering akan mengelupas dan mengotori rambutmu. Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan conditioner untuk mengatasinya. Kamu bisa menggunakan conditioner secara rutin untuk menjaga kulit rambut agar tidak kering. Mulai lakukan dengan mengoleskan conditioner pada kulit kepala lalu pijat-pijat dengan lembut selama beberapa menit, agar kandungannya meresap. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih, pastikan tidak ada sisa conditioner yang menempel pada bagian rambut. Karena sisa-sisa conditioner akan membuat rambut menjadi lebih berminyak.

Baca juga  Jenis Celana Pria Kekinian

Jangan Tidur Dengan Rambut Basah.

Sesudah keramas, Kamu bisa menggunakan handuk kering untuk mengeringkan rambutmu. Jika rasa kantuk mu sudah tidak tertahan, kamu bisa menggunakan hairdryer agar rambut bisa kering lebih cepat. Namun, jangan terlalu sering menggunakannya, karena hairdryer bisa merusak rambutmu. Jangan pernah tidur dalam keadaan rambut yang basah, karena jika kamu melakukannya akan berdampak buruk untuk rambut dan kulit kepalamu, seperti pusing, rambut menjadi bau, serta munculnya ketombe.

Kurangi Makanan Berlemak.

Kamu adalah apa yang kamu makan, arti ungkapan itu ternyata tidak hanya berlaku untuk kesehatan saja lho, tapi juga untuk rambut. Mengkonsumsi makanan yang sehat akan membuat rambut menjadi berkilau dan kuat. Namun sebaliknya, jika kamu mengknsumsi makanan berlemak, produksi minyak pada kulit kepala jadi meningkat dan akibatnya rambutmu menjadi lepek serta berketombe. Boleh sesekali mengkonsumsi makanan yang berlemak, namun kamu harus mengimbanginya dengan makanan yang memiliki gizi lebih tinggi seperto sayuran, keju, ikan, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here