Terakurat.com – Misteri Gunung Lalakon – Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, dan di tiap pulaunya secara geografi terdiri dari banyak gunung. Hingga tahun 2012, tercatat bahwa ada 127 gunung berapi di Indonesia yang statusnya masih aktif.

Dari banyaknya gunung yang berada di indonesia, ada juga gunung yang statusnya sudah tidak aktif. Dengan kondisi seperti itu, maka para pendaki atau wisatawan yang ingin berkunjung akan merasa lebih aman ketika ingin mmendaki.

Salah satu gunung yang statusnya sudah tidak aktif adalah Gunung Lalakon. Gunung ini menyimpan berbagai misteri, dan salah satunya adalah karena bentuknya yang menyerupai sebuah piramid.

Asal-Usul Misterius Gunung Lalakon

Gunung lalakon letaknya berada di kamdung Jelengong, desa badakarsam kecamatan Kutawaringi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Gunung ini berada di sebelah jalan terusan Soreang-Cipatik. Tinggi gunung ini mencapai 870 Meter. Jika ingin mendakinya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja untuk mencapai puncak gunung.

Sebagian orang menyebut gunung ini dengan sebutan Gunung Sabelas. Karena dalam bahasa Sunda, sabelas artinya sebelas. Hal ini mengacu karena adanya tower milik PLN yang berjumlah dua buah, sehingga membentuk angka sebelas ketika dilihat dari kejauhan.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Mbah Acu. Nama Gunung Lalakon diambil dari sebuah nilai Filpsopis. Gunung ini melambangkan sebuah kehidupan manusia yang berarti juga lakon.

Bebatuan yang terdapat di gunung yaitu Batu Lawang, Pabiasaan, Warung, Pupuk, Renges, dan Gajah merupakan representasi berbagai lakon yang dipilih oleh manusia.

Makan Misterius di Puncak Gunung

Gunung lalalkon memiliki sejarah lain yang dianggap kelam, yakni pernah menjadi tempat pembuangan bagian tubuh Dipati Ukur. Dipati Ukur adalah salah satu tokoh dari Jawa Barat yang memiliki cerita kontroversial.

Baca juga  Misteri Hantu Mercusuar Pulau Sebira, Pulau Terpencil Paling Utara di Jakarta

Dipati Ukur didalam berbagai cerita dianggap sebagai pahlawan akan tetapi juga dianggap sebagai pemberontak. Ia meninggal setelah mendapat hukuman mati dari kerajaan Mataram dan bagian-bagian tubuhnya dipotong-potong. Di puncak gunung inilah Dipati Ukur dimakamkan, sebagian tubuh bawahnya.

Dipuncak gunung ini terdapat sebuah kompleks makam. Beberapa warga sekitar ada yang mengatakan bahwa makam itu adalah makam Dipati Ukurm ada juga yang mengatakan bahwa itu adalah makam Prabu Surilaga Kusumah.

Ritual Ngabungbang

Keberadaan makam misterius yang berada dipuncak gunung lalakon, dianggap banyak orang sebagai makam keramat. Meski sosok didalam makam belum diketahui, tapi peninggalan dari jaman lalu seperti itu akan erat hubungannya dengan sistem kepercayaan masyarakat sekitar.

Ritual Ngabungbang dilaksanakan di puncak Gunung lalakon. Ritual ini adalah sebuah upacara adat bagi masyarakat Sunda. Secara terminologi ngabungbang terdiri dari 2 suku kata. Nga yang berarti menyatukan dan Bungbang berarti membuang, jika digabungkan artinya membersihkan atau menyucikan.

Ritual dari kepercayaan lama disatukan dengan ajaran islam yang dianut oleh kebanyakan penduduk. Dimakam ini akan dilantunkan beberapa ayat-ayat Al-Quran sepanjang malam. Masyarakat biasanya melakukan ritual yang mempercayai nilai-nilai spiritual dari ritual itu.

Makam Embah Batu Gajah

area gunung yang sebagian besarnya tidak dihuni oleh manusia, kerap kali membuatnya memili cerita tersendiri. Cerita itu bukanlah cerita yang secara historis ada buktinya, melainkan caerita yang berhubungan erat dengan mahluk astral.

Embah batu Gajah merupakan salah satu mahluk astral yang kerap kali disebut-sebut mendiami Gunung Lalakon. Sosoknya bukanlah manusia seperti pada umumnya, Melaikan Siluman.

Sebagian orang percaya bahwa Embah Batu Gajah adalah sosok yang ngahiang. Ngahiang adalah salah satu sosok yang dapat pergi menghilang tanpa diketahui.

Baca juga  Misteri Palung Mariana, dan Misteri Bawah Lautnya yang Menyeramkan

Makam embah batu gajah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para pengunjung Gunung Lalakon. Biasanya pengunjung meminta nasihat dan perlindungan dengan cara bersemedi di makamnya.

Selain itu banyak juga yang datang karena ingin meminta kekayaan atau berupa meminta jabatan, meminta nomor togel mendapatkan wanita atau disembuhkan dari penyakit.

Misteri gunung Lalakon dapat kita jadikan sebagai pengetahuan baru tentang beta luasnya kemungkinan yang ada. Jika kamu memiliki informasi yang lebih banyak lagi tentang gunung lalakon, maka tinggal kan komentar agar bisa dibahas lebih dalam lagi.

Baca juga : Misteri Kota Saranjana, Kota tak Kasat Mata di Kalimantan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here