terakurat.comtrombosit-naik- Trombosit atau keping sel darah merupakan pemeran utama dalam proses pembekuan darah. Jika trombosit menurun, proses pembekuan darah pasti akan terganggu. Salah satu penyebab turunnya trombosit adalah penyakit demam berdarah.

Akan tetapi, demam berdarah bukan satu-satunya penyebab penurunan trombosit dalam tubuh. Beberapa penyakit lainnya juga bisa menyebabkan trombosit menurun. Seseorang dapat dinyatakan terkena trombositopenia jika jumlah trombositnya 150.000/microliter atau dibawahnya.

Berikut ini beberapa buah-buahan yang bisa membuat trombosit naik dengan cepat:

Gandum Utuh.

Gandum dipercaya mampu membuat trombosit naik. Kaya nutrisi, serat, mineral, dan vitamin yang baik untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.

Sayuran Hijau.

Beberapa jenis sayuran hijau seperti kubis, selada, bayam, kangkung, dan brokoli adalah sumber vitamin K yang tinggi. Vitamin K memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah, sehingga mampu meningkatkan jumlah dan kekuatan platelet darah.

Selain itu, sayuran hijau berperan dalam memisahkan sel trombosit yang saling menempel. Maka konsumsi lebih banyak sayuran hijau agar trombosit naik.

Kurma.

Makanan ini biasanya disarankan untuk makanan berbuka puasa, tetapi untuk mereka yang alami penurunan kadar trombosit, kurma juga pilihan yang tepat. Kurma mengandung banyak mineral, vitamin, dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, adanya kandungan vitamin K pada kurma membuat buah ini dipercaya mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.

Jambu Biji.

Jambu biji mempunyai zat aktif di dalamnya yang disebut trombino. Zat ini mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat menghasilkan keping darah yang lebih banyak.

Buah Delima.

Buah delima mengandung zat besi tinggi yang bisa membantu trombosit naik dalam. Tidak hanya itu, buah delima juga kaya akan mineral dan vitamin.

Baca juga  Manfaat Daun Bidara.

Buah Kiwi.

Buah kiwi mengandung cukup banyak kandungan vitamin K. Vitamin ini berperan penting dalam proses pembekuan darah bersama dengan trombosit. Dengan adanya vitamin K dalam tubuh, maka dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak trombosit.

Buah Jeruk.

Salah satu penyebab turunnya trombosit dalam darah adalah kurangnya asupan folat atau vitamin B9. Nah, dengan mengkonsumsi buah jeruk, maka hal ini membantu meningkatkan jumlah folat dalam tubuh.

Daun dan Buah Pepaya.

Hal yang serupa juga terjadi pada pepaya. Buah pepaya yang dipercaya sebagai makanan penambah trombosit, diduga kalah khasiatnya dibanding daun pepaya yang dapat mencegah pecahnya trombosit. Kamu bisa mengonsumsi kedunya untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Buah Naga.

Makanan penambah darah selanjutnya yang berasal dari buah-buahan adalah buah naga. Buah naga yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan trombosit dan juga mencagah pengantalan darah pasien demam berdarah.

Angkak.

Angkak merupakan beras yang sudah difermentasi. Memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk meningkatkan trombosit. Umumnya angkak sudah tersedia dalam bentuk suplemen herbal yang siap konsumsi.

Hati.

Baik hati ayam maupun hati sapi, keduanya bermanfaat untuk menambah jumlah trombosit atau keping darah. Namun pastikan kamu sudah memasaknya dengan benar sebab proses pemasakan yang salah bisa merusak kesehatan tubuh.

Buah Bit.

Mereka yang mengalami anemia serta sedang lemas, konsumsi semangkuk buah bit setidaknya dua kali dalam seminggu. Buah ini mampu menjaga jumlah keping darah agar tidak turun.

Bawang Putih.

Selain baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, mengonsumsi bawang putih ternyata juga mampu menambah keping darah dalam tubuh lho. Oleh karena itu jangan buang bawang putih yang biasanya muncul di dalam masakanmu.

Baca juga  Apa itu Obat Asam Mefenamat? Apa Manfaatnya Asam Mefenamat?

Air Kelapa.

Penderita demam berdarah sangat rentan terhadap dehidrasi. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan lebih banyak, terutama yang mengandung elektrolit, misalnya air kelapa. Tidak cuma kaya akan elektrolit, minuman segar yang satu juga memiliki kandungan mineral lain yang bisa menggantikan nutrisi tubuh yang hilang karena dehidrasi.

Mangga.

Buah untuk menaikkan trombosit berikutnya adalah buah mangga. Mangga diyakini dapat meningkatkan kadar trombosit karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang terdapat pada mangga mampu membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here