Jika kamu berada di Jawa Tengah dan ingin merasakan wisata modern namun bernuansa sejarah, Museum Kereta Api Ambarawa bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Lokasi museum ini berada di Ambarawa, sesuai dengan namanya. Lokasi tepatnya berada di daerah panjang, Ambarawa. Kamu akan mudah mengaksesnya karena berada di perbatasan Magelang dan Yogyakarta.

Untuk kamu yang jarang mendengar namanya, mungkin kamu penasaran dengan museum ini. Di museum ini, kamu akan menemukan koleksi lokomotif dari kereta uap yang pernah Berjaya sebelumnya. Kamu juga bisa menaiki kereta api berkeliling menikmati kota Ambarawa dengan tarif yang cukup murah.

Sekilas mengenai Museum Kereta Api Ambarawa

museum kereta api ambarawa

Mungkin kamu bertanya-tanya ada apa saja yang bisa kamu nikmati ketika berada di museum ini. Nah, jawabannya adalah kamu akan menemui beberapa lokomotif, bagian dari kereta api , yang merupakan kereta uap kuno.

Salah satu yang akan kamu temui adalah lokomotif nomor B 2502 serta B 2503. Kedua lokomotif tersebut berasal dari satu jenis kereta api yang diproduksi oleh Machinenfabriek Esslingen.

Ada pula sebuah gerbong buatan Hannoversche Maschinenbau AG yang dikenal memiliki sejarah cemerlang sehingga nilai sejarahnya tinggi. Gerbong tersebut bernama B 5112.

Sebenarnya, lokasi museum ini merupakan stasiun yang pada zaman penjajahan dulu digunakan, bahkan diperebutkan. Bahkan ketika zaman penjajahan Belanda, pertempuran memperebutkan stasiun ini menelan korban jiwa.

Kamu juga akan mendapatkan ilmu mengenai sejarah kereta uap. Jadi, wisata ini merupakan wisata bernuansa sejarah dan pendidikan.

Naik kereta api

Ketika kamu mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, kamu juga bisa menaiki kereta api untuk berkeliling Kota Ambarawa selama kurang lebih 1 jam. Jika kamu berminat, kamu akan menaiki gerbong B 2502 dan B 2503. Rute kereta api adalah melalui Sawah Lunto serta Stasiun Bedono.

Baca juga  Inilah Informasi Kebun Binatang Surabaya

Untuk bisa masuk ke museum, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000. Untuk naik kereta uap, kamu akan dikenakan biaya yang berbeda.

Dengan informasi Museum Kereta Api Ambarawa diatas, kamu kini bisa merencanakan perjalanan untuk mengunjunginya.

 

Baca Juga :INILAH PESONA KEINDAHAN PANTAI GLAGAH PURWOREJO

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *