4 Penyebab Umum Telapak kaki Sakit

telapak kaki sakit

Salah satu gangguan pada kaki yang sering muncul adalah telapak kaki sakit. Sesuai namanya, telapak kaki, bisa sebagian atau seluruhnya yang terasa sakit. Kamu mungkin pernah merasakannya dan hilang dengan sendirinya. Meskipun biasanya akan sembuh dalam beberapa hari, namun ada kalanya harus ditanggapi dengan serius. Terlebih jika rasa sakit tidak hilang dalam dua minggu.

Lalu, sebenarnya apa yang menjadi penyebab munculnya rasa sakit pada telapak kaki kita? Ada beberapa hal yang menjadi penyebab paling umum rasa sakit di telapak kaki muncul.

Penyebab telapak kaki sakit: Keseleo

Keseleo atau otot tegang merupakan penyebab paling umum atas masalah pada telapak kaki. Biasanya, keseleo terjadi karena gerakan kaki yang tiba-tiba, jatuh dan benturan. Jatuh menjadi penyebab paling sering, bahkan tidak hanya untuk telapak kaki.

Jika kesleo menjadi penyebabnya, biasanya telapak kaki akan memar, bengkak, nyeri hingga otot terdalam serta tidak bisa berjalan dengan baik. Jika kesleo parah, dokter adalah solusinya.

Radang

Radang sendi seperti gout arthritis juga sering menjadi sebab telapak kaki sakit, khususnya pada mereka yang berusia senja. Akibatnya, sendi akan terasa sakit karena adanya tumpukan kristal. Selain itu, bengkak dan rasa panas juga akan dirasakan.

Kapalan

Kapalan juga sering menjadi penyebab rasa sakit ketika telapak kaki memijak tanah atau lantai. Padahal, kapalan sebenarnya adalah cara kaki untuk melindungi diri. Dengan menebalnya kulit, tekanan dan gesekan bisa diminimalisir. Meskipun demikian, kapalan lebih sering menjadi pusat rasa sakit di bagian telapak kaki.

Biasanya, kapalan lebih sering diakibatkan oleh pemakaian sepatu atau alas yang tidak pas, alas kaki yang terlalu keras serta sepatu yang tidak nyaman.

Baca juga  Lakukan 4 Langkah ini Jika Anda Terkena Kutu Air

Ada catatan penting bagi kamu yang menderita diabetes. Jika kapalan menjadi penyebabnya, kamu harus hati-hati dan usahakan untuk tidak membuatnya semakin terluka. Mengapa? Karena bisa menimbulkan kondisi yang parah.

Hak tinggi

Pemakaian sepatu hak tinggi menjadi penyebab paling umum yang dialami oleh perempuan. Penekanan pada kaki depan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan otot kaku dan menyebabkannya sakit.

Jika kamu mengalami sakit pada telapak kaki, kamu bisa segera identifikasi penyebabnya terlebih dahulu. Selalu hubungi dokter jika kondisinya semakin parah. Pada intinya, selalu waspadai telapak kaki sakit yang menimpa kamu.

 

Baca Juga : Kenali Penyebab Dan Gejala Penyakit Efusi Pleura Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *