Sariawan (stomatitis) merupakan luka kecil dan dangkal yang terasa perih, biasanya muncul pada jaringan lunak dalam mulut. Luka tersebut dapat muncul di bagian gusi, bibir, lidah, atau sepanjang sisi dalam pipi pada mulut.

Kemunculannya bisa hanya satu atau sekali banyak dan menyebar di dalam rongga mulut. Akibatnya Penderita akan merasa tidak nyaman serta menjadi susah makan dan berbicara karena merasa sakit saat membuka mulut.

Berikut ini beberapa obat sariawan terbaik yang sangat ampuh:

1. Mundipharma Healthcare Indonesia Betadine Obat Kumur.

tokopedia.com

Obat kumur ini mengandung povidone-iodine 1% yang bekerja sebagai antiseptik untuk membasmi kuman dan bakteri penyebab penyakit di berbagai bagian tubuh. Cukup tuangkan 10 ml produk obat kumur dari Betadine, berkumurlah, dan tahan selama 30 detik.

Untuk hasil yang lebih efektif, Anda dapat menggunakannya hingga 3-5 kali sehari. Perlu diperhatikan bahwa obat ini hanya dianjurkan untuk orang dewasa dan anak-anak di atas usia 6 tahun.

2. One-Med Medicom Gentian Violet.

medicom.co.id

Obat yang satu ini bisa menjadi solusi yang tepat saat anda menderita sariawan dan juga bibir pecah-pecah. Gentian Violet pada dasarnya adalah zat pewarna yang memberikan warna keunguan namun juga memiliki manfaat untuk meredakan infeksi dan sebagai antiseptik.

Dua manfaat sekaligus dalam satu obat. Untuk cara pemakaiannya pun mudah. Anda cukup mengoleskan Gentian Violet di bagian yang terkena luka seriawan.

Hanya saja, obat ini tidak boleh tertelan. Gunakan obat ini apabila seriawan terjadi di tepi rongga mulut saja.

3. Mycostatin.

farmaku.com

Obat ajaib ini bisa langsung bekerja hanya dalam sekali pakai. Rasanya yang manis dan enak, serta tanpa rasa sakit, menjadi obat yang paling banyak dicari dan diminati masyarakat sebagai Obat Sariawan, terutama untuk anak-anak.

Baca juga  Rekomendasi Penyedia DNS Tercepat dan Terbaik, Anti Lemot!

Sayangnya, untuk obat ini tidak mudah dan sembarangan didapat. Anda harus meminta resep dari dokter terdekat.

Khasiatnya yang cepat dalam menyembuhkan Sariawan, membuat obat ini diberi tanda warna lingkaran merah dengan garis tepi hitam yang mempunyai arti bahwa obat tersebut keras dan terbatas pembeliannya.

4. Aloclair Plus Spray.

kalbestore.com

Jenis obat semprot yang satu ini juga termasuk obat keras dan terbatas pembeliannya. Tetapi, di beberapa tempat Anda dapat membeli Aloclair plus spray tanpa resep dari dokter.

Walaupun begitu, obat ini mempunyai khasiat yang sangat cepat, sama seperti Mycostatin dan Albothyl.

Hanya saja, ketika disemprotkan, penderita merasakan sensasi segar dan nyaman. Obat ini biasanya diresepkan dari dokter Anak, untuk anak-anak yang rawan terkena sariawan dalam rongga tenggorokannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here