Terakurat.com – Jenis Pakaian Adat Bali – Bali merupakan sebuah provinsi yang sangat kaya akan keragaman budaya.

Selain terkenal memiliki pegunungan berapi yang hijau, terasering sawah yang unik, pantai yang indah dan terumbu karang yang cantik, Bali juga terkenal akan keragaman budayanya mulai dari bentuk pakaian adat, tarian adat dan lainnya.

Pulau bali memiliki nilai estetika yang sangat tinggi dibandingkan dengan pulau lainnya yang berada di indonesia. Pakaian adat orang bali hanya di gunakan untuk kegiatan tertentu, misalnya pada upacara keagamaan, acara penting atau untuk kegiatan sehari-hari

Pakaian adat daerah bali memiliki kelebihan yang luarbiasa, karena pakaian adat bali memiliki jenis yang berbeda-beda baik pria ataupun wanita.

Berikut ini adalah beberapa jenis pakaian adat Bali

Payas Agung

 jenis pakaian adat Bali
Source : Weddingku.com

Merujuk pada namanya, pakaian adat yang satu ini menunjukan kesan yang mewah dan spesial. Oleh karena itu maka tak heran apabila penggunaannya tidak bisa untuk beragam aktivitas.

Payas Agung ini merupakan jenis pakaian yang khusus ditunjukan untuk acara pernikahan. Pakaian yang memilki warna merah, emas, dan putih ini terkesan mewah. Ketiga warna tersebut merupakan warna yang menjadi representasi kemewahan di bali.

Payas Madya

Source : Balia.id

Payas mada pemakaiannya fleksibel tidak seperti payas agung, sehingga pakaian ini dapat digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Selain itu aturan terkait cara mengenakannya juga tidak terlalu ketat, meski begitu menggenakan jenis pakaian adat ini akan terlihat bergitu gagah dan cantik.

Payas Alit

Source : Carakus.com

Pakaian adat tradisional yang satu ini menjadi pakaian yang sering digunakan ketika masyarakat bali akan melangsungkan ibadah ke pura.

Pakaian adat yang satu ini memiliki cirikhas berupa penggunaan kain yang berwarna putih. Pria Bali menggunakan payas alit disertai dengan udang pada bagian kepala. Selain itu di sertai kamen yang diletakan di pinggang.

Baca juga  Makam Raja Sidabutar, Wisata Bersejarah di Danau Toba

Sementara untuk perempuan berupa pakaian kebaya yang dilengkapi dengan kamen serta selendang.

Dari ketiga jenis pakaian adat tersebut anda dapat memilih payas madya dan payas alit sebagai oleh-oleh menarik.

Sementara payas agung juga dapat anda gunakan untuk kesempatan spesial. Pemakaian Payas Agung, bisa membuat upacara pernikahan menjadi momen yang sulit dilupakan.

Baca juga : Pakaian Adat Aceh Beserta Penjelasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here