Para Aktor Pemeran Batman.

Identitas rahasia Batman adalah Bruce Wayne, playboy Amerika yang kaya, dermawan, dan pemilik Wayne Enterprises.

Setelah menyaksikan pembunuhan orang tuanya, Dr. Thomas Wayne dan Martha Wayne ketika masih anak-anak, ia bersumpah membalas dendam terhadap para penjahat, sebuah sumpah yang digerakkan oleh rasa keadilan.

Bruce Wayne melatih dirinya sendiri secara fisik dan intelektual dan menciptakan kepribadian yang terinspirasi kelelawar untuk memerangi kejahatan. Batman beroperasi di Gotham City, dibantu oleh Alfred Pennyworth (butler) dan rekannya Robin.

Tidak seperti pahlawan super kebanyakan, dia tidak memiliki kekuatan super, ia hanya menggunakan intelegensi, keterampilan sebagai detektif, ilmu pengetahuan dan teknologi, kekayaan, ketangkasan fisik, dan intimidasi dalam memerangi kejahatan.

nme.com

Berikut para aktor yang pernah memerankan Batman:

1. Lewis G Wilson ( 1943 ).

Adaptasi pertama Batman ke dalam live action dibuat pada tahun 1943. Kala itu Lewis Wilson yang baru berusia 23 tahun terpilih memerankan Bruce Wayne.

Karena dibuat pada masa Perang Dunia II, serial Batman sepanjang 15 episode ini bercerita soal Batman yang melawan penjahat asal Jepang.

Karena pada saat itu, Amerika dan Jepang sedang berseteru di kehidupan nyata.

2. Robert Lowery ( 1949 ).

Setelah Perang Dunia II usai, serial Batman tentunya tidak kehabisan cerita. Pada tahun 1949, kisah pahlawan kota Gotham ini kembali dihidupkan di layar kaca.

Kali ini giliran aktor berpengalaman Robert Lowery yang memerankan Bruce Wayne.

Sebelumnya, Robert Lowery sendiri pernah turut ambil bagian di film lain seperti The Mark of Zorro (1940), The Mummy’s Ghost (1944), dan Dangerous Passage (1944).

3. Adam West ( 1966 – 1968 ).

Dari tahun 1966 hingga tahun 1968, Adam West memerankan Batman dalam serial TV. Meski hitungannya cuma dua tahun, tetapi penampilan West sebagai Bruce Wayne sangat iconic untuk masyarakat Amerika.

Baca juga  Terra Willy: Unexplored Planet (2019)

Untuk puluhan tahun setelah West pensiun, image-nya sebagai Batman terus melekat karena baru pada awal tahun 1990-an ada aktor baru yang mengambil peran Bruce Wayne.

4. Michael Keaton ( 1989 ).

Barulah pada tahun 1989 ada aktor lain yang memerankan karakter Bruce Wayne. Saat pertama kali Batman diangkat ke dunia layar perak, Michael Keaton yang ditunjuk menjadi Batman.

Awalnya, banyak fans Batman yang protes dengan menganggap Keaton kurang mencintai Batman.

Namun, Keaton dibantu Tim Burton selaku sutradara berhasil membalikkan anggapan tersebut. Bahkan Batman Returns tahun 1992 yang ia bintangi sukses dan mendapat banyak review positif!

5. Val Kilmer ( 1995 ).

Setelah Michael Keaton mundur dari dunia Batman, giliran Val Kilmer yang terpilih memerankan karakter milyader kesepian Bruce Wayne.

Sayangnya, Batman versi Val Kilmer disebut sebagai salah satu Batman yang paling mengecewakan. Karena itu ia cuma mendapat sekali peran sebagai Batman.

6. George Clooney ( 1997 ).

Kalau Val disebut mengecewakan, peran George Clooney sebagai Bruce Wayne di film Batman and Robin bahkan disebut yang paling tidak sesuai.

Sebenarnya bukan perkara aktingnya, namun perkara penggambaran karakter dan kostumnya yang membuat banyak orang marah!

Karakter Batman versi Clooney disebut sebagai Batman paling gay yang pernah ada!

7. Christian Bale.

Di dunia Batman, peran Christian Bale pasti yang paling kalian kenal. Ya gimana nggak. Batman Begins, The Dark Knight dan The Dark Knight Rises yang ia bintangi, sukses besar di pasaran dan mendapat pujian dari berbagai kritikus. Mulai dari segi cerita hingga akting.

Kecuali mungkin satu hal sih yaitu suaranya Batman yang terkesan dibuat ekstra ‘dalam dan berat’.

Baca juga  'The Addams Family' Siap Tayang Dalam Bentuk Animasi.

Padahal semua orang sudah melarang Christian Bale untuk bersuara seperti itu, tapi dia tetap kukuh mempertahankan gaya bicara yang menurutnya cocok dengan karakteristik tokoh pahlawan kesepian ini.

8. Ben Affleck.

Debutnya di film Batman vs Superman banyak dipergunjingkan, sekarang rumor dia akan berhenti berhembus kencang Dia mengambil peran sebagai Batman tahun lalu dalam film Batman vs Superman.

Sejak dari awal pemilihan Ben Affleck banyak dipertanyakan. Disamping sosok Batman yang sudah melekat pada Christian Bale setelah tiga judul film, meluncurkan film gabungan tokoh-tokoh komik DC memang pertaruhan tersendiri tatkala film-film rivalnya Marvel sudah meraja lela.

Meski film Batman vs Superman sendiri dinilai kurang bisa menjawab antusiasme penggemar DC, sebenanrnya terdapat beberapa kritikus yang memuji penampilan Affleck sebagai Batman.

Bahkan untuk proyek film solo Batman, Affleck sempat berkomitmen tidak hanya memerankan Bruce Wayne tetapi juga menyutradarainya sendiri.

Tapi segala rencana itu berubah arah ketika ada laporan perpecahan dalam proses produksi film yang rencananya akan dirilis pada tahun 2018.

Affleck sendiri mundur dari kursi sutradara pada akhir bulan Januari yang lalu. Lalu rumor berhembus kencang, Affleck juga sekaligus akan berhenti memerankan Batman.

9. Robert Pattinson.

Robert Pattinson ditetapkan sebagai pemeran utama meskipun Reeves masih mengutak-atik naskah. Robbert Pattinson menggantikan Ben Affleck mengundurkan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *