Peninggalan Sejarah Tempat Wisata di Cirebon

tempat wisata di cirebon

Tempat Wisata di Cirebon yang Menyimpan Sejarah Kebudayaan Islam

Letak Kota Cirebon yang sangat strategis karena menghubungkan tiga kota besar lainnya yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya menjadikan tempat wisata di Cirebon menjadi daya tarik para pelancong,

Cirebon juga dikenal sebagai salah satu kota tertua di Indonesia.

Hal ini bisa di lihat dari banyak nya peninggalan sejarah dari masa kesultanan,

Sunan Ampel hingga Sunan Gunung Jati yang menyebarkan ajaran agama Islam,

Oleh karena itu banyak tempat wisata di Cirebon yang menawarkan berbagai macam monument atau bangunan peninggalan sejarah terutama pada sejarah peradaban agama Islam.

Apabila di lihat dari letak geografis yang strategis, lalu lalang transportasi daratnya juga cukup padat karena sebagai perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Timur,

Apabila dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang tinggi juga menjadikan kota Cirebon sebagai kota Andalan di Jawa Barat selain Bandung dan Bekasi.

Tempat wisata di Cirebon apa saja sih yang menjadi target destinasi para wisatawan,?

yuk simak ulasan di bawah ini untuk melihat tempat apa saja yang menarik di Cirebon

  1. Taman Sari Gua Sunyaragi

 

 

Sayang banget kalau kamu melewati tempat wisata di Cirebon yang satu ini,

karena Taman Sari Gua Sunyaragi menyimpan sejuta cerita menarik di baliknya perihal peninggalan Sunan Gunung Jati.

Karena keunikan bentuk arsitektur yang berdiri diatas bebatuan karang dan juga terdapat beberapa gua di dalam bangunannya.

Bangunan ini juga memiliki beberapa unsur perpaduan adat budaya Jawa, Cina dan Arab.

Bangunan ini di didirikan di atas tanah dengan luas 1,5 hektar, disini kamu bisa melihat bangunan pesanggrahan yang terdapat beberapa ruang sebagai kamar tidur dan kamar rias,

Baca juga  Hanok, Rumah Tradisional Korea.

sementara disisi lain tampak beberapa lorong yang menyerupai labirin.

Taman Sari Gua Sunyaragi berlokasi di Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Kalisapu, Cirebon.

Ada baiknya apabila kamu berkunjung kesini ditemani oleh pemandu wisata, karena kamu akan mendapat informasi yang lebih lengkap dan jelas mengenai sejarah peninggalan tempat wisata di Cirebon satu ini,

Dan berhati-hati lah karena terdapat beberapa mitos yang berkembanng di sekitar area Taman Sari Gua Sunyaragi yang di percayai oleh masyarakat sekitar.

  1. Keraton Kesepuhan Cirebon

 

 

Keraton Kesepuhan Cirebon merupakan peniggalan yang usianya sudah berabad – abad,

Tempat wisata di Cirebon satu ini menjadi Icon kota Cirebon, disini para wisatawan akan melihat bangunan keraton yang didalamnya terdapat singgasana sultan dan juga ruang peristirahatannya.

Lokasinya berada di Jl Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

Banyak wisatawan yang berkunjung di tanggal 1 syawal, karena Keraton Kesepuhan Cirebon mempunyai agenda rutin yakni ritual pemandian kereta kencana Singa Barong yang konon merupakan milik Sunan Gunung Jati.

  1. Keraton Kanoman Cirebon

 

 

Dan satu lagi peninggalan sejarah yang terdapat pada tempat wisata di Cirebon adalah Keraton Kanoman Cirebon, dulunya Keraton Kanoman Cirebon ini berfungsi sebagai tempat kediaman wakil sultan, letaknya juga tidak jauh Dari Keraton Kesepuhan.

Keraton Kanoman berlokasi di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemak Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk.

Bangunan ini berdiri di area tanah seluas 6 hektar selain itu tempat wisata di Cirebon ini juga terdapat museum yang menyimpan berbagai macam benda pusaka koleksi kesultanan Cirebon.

Menariknya para wisatawan juga dapat melihat dua kereta kencana peninggalan Paksi Naga Liman dan Jempana yang terdapat di area Keraton Kanoman Cirebon,

Baca juga  Indahnya Mengeksplor Pantai Terindah di Lombok

Para wisatawan juga bisa membeli souvenir khas Cirebon yang terdapat di sepanjang jalan antara Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman.

Baca juga artikel Tempat Wisata di Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *