exfoliating toner

Eksfoliasi merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan kulit. Exfoliating toner adalah bentuk chemical exfoliator yang aman untuk melakukan eksfoliasi termasuk bagi pemula. Saat ini sudah tersedia berbagai produk untuk bermacam tipe kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.

Problem kebanyakan orang biasanya mulai dari wajah yang kusam, warna kulit tidak merata, berjerawat, serta komedo. Semua itu terjadi karena sel kulit mati yang terdapat pada wajah tidak dibersihkan sehingga menyebabkan kulit susah beregenerasi. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk melakukan eksfoliasi kulit secara rutin, khususnya bagi kamu yang sudah mulai menginjak usia remaja.

Fungsi Exfoliating.

Fungsi utama dari eksfoliasi kulit adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan sisa kotoran termasuk minyak berlebih. Bukan hanya itu saja, kulit juga bisa jadi lebih cerah dan halus jika dilakukan secara teratur. Selain itu, skincare yang kamu gunakan sehari-hari pun bisa lebih mudah menyerap sekaligus bekerja makin optimal.

Dibandingkan melakukan physical exfoliant, seperti menggunakan scrub, brush, sponge, atau sarung tangan, eksfoliasi secara kimia ini dinilai lebih lembut dan aman. Selain itu, daripada harus melakukan perawatan peeling di dokter, eksfoliasi kimia juga jauh lebih terjangkau harganya.

Eksfoliasi kimia salah satunya adalah exfoliating toner. Kamu bisa mulai memasukkan exfoliating toner ke dalam rangkaian skincare rutinmu untuk mendapatkan kulit yang lebih indah dan glowing.

Tips Memilih Exfoliating Toner yang Cocok Untuk Kulitmu.

Pilih Kandungan Acid Sesuai Jenis Kulitmu.

Alpha hydroxy acid (AHA).

Lembut dan melembapkan kulit yang kering. AHA biasa lebih dikenal dengan sebutan glycolic acid, citric acid, lactic acid, atau mandelic acid. AHA merupakan asam yang larut dalam air dan umumnya terbuat dari sari buah. Asam ini bekerja pada permukaan kulit saja dan berfungsi mengelupas serta membentuk sel kulit baru. Kandungan AHA diteliti aman untuk semua jenis kulit, terutama pada kulit kering dan sensitif karena memiliki bahan pelembap.

Tidak hanya mampu mengeksfoliasi saja, AHA juga mampu mencerahkan, menyamarkan kerutan, memperbaiki tekstur kulit, juga dapat mengecilkan pori-pori. Kadar efektif untuk AHA berkisar antara 8%–10%. Namun, semakin kecil persentase kandungannya dalam skincare, makin kecil juga kemungkinan untuk kulit mengalami iritasi. Jadi, untuk kamu yang baru mulai mencoba exfoliating toner, sebaiknya carilah kandungan AHA dan pH yang rendah.

Beta hydroxy acid (BHA).

Bahan ini ampuh mengatasi kulit berminyak dan berkomedo. BHA sering juga disebut dengan salicylic acid. Berbeda dengan AHA, kandungan BHA ini bisa  menembus masuk ke dalam pori-pori untuk menghilangkan minyak dan kotoran berlebih.

Oleh karena itu, BHA kurang cocok digunakan untuk kulit kering apalagi kulit yang sensitif. Kadar yang efektif untuk BHA berkisar antara 1%–2%. Jika kamu memiliki masalah dengan pori-pori besar dan ingin menghilangkan komedo dapat menggunakan exfoliating toner yang mengandung BHA.

Baca juga  Rice Cooker Terbaik.
Polyhydroxy acid (PHA).

Merupakan bahan aman untuk kulit sensitif. Jika acid berbahan AHA dapat memicu peradangan kulit, mungkin kamu harus mencari acid dengan kandungan PHA. PHA merupakan acid yang memiliki molekul lebih besar dibandingkan AHA dan BHA. Semakin besar molekul, semakin sulit pula kandungan tersebut untuk bisa masuk ke dalam pori-pori dan memicu iritasi. PHA umumnya dikenal juga sebagai asam laktobionat, galaktosa, asam glukonat, atau gluconolactone.

Di sisi lain, acid ini juga mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Jadi, tidak heran jika banyak skincare yang menggabungkan PHA dengan AHA dan BHA. Hal ini dikarenakan fungsinya yang bisa menetralkan dan mencegah iritasi berlebih pada kulit. Kamu yang memiliki kulit supersensitif mungkin harus lebih cermat lagi mencari produk dengan kandungan PHA di dalamnya.

Pilihlah Kandungan yang Menenangkan Kulit.

Bahan acid yang terkandung di dalam exfoliating toner sangat mungkin untuk menyebabkan kulit kamu iritasi. Untuk menghindarinya, carilah toner yang memiliki kandungan lain agar kulit menjadi lebih tenang dan mengurangi potensi iritasi. Ada banyak sekali bahan yang menenangkan, seperti Aloe vera, chamomile, atau Centella asiatica.

Kandungan carboxypeptidase dan polysaccharides dalam Aloe vera juga bermanfaat untuk menenangkan kulit dan memperbaiki lapisan kulit. Sedangkan, chamomile memiliki sifat anti-inflamasi, antiradang dan antibakteri. Bukan hanya itu saja, chamomile juga memberikan efek yang menenangkan pada kulit.

Kemudian, Centella asiatica juga mampu menenangkan kulit wajah bermasalah, menjaga kelembapan, dan mengurangi kerusakan kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, bahan-bahan penenang seperti ini sangat penting. Jadi, pastikan terlebih dahulu kamu membaca tabel komposisi produk dengan baik sebelum membelinya.

Pilih Kemasan Kecil Untuk Pertama Mencoba.

Memilih exfoliating toner terbilang susah-susah gampang. Hal ini karena exfoliating toner mengandung bahan acid yang bisa menyebabkan iritasi jika produknya tidak tepat. Karena itu, saat pertama kali mencoba exfoliating toner, sebaiknya kamu membeli ukuran yang lebih kecil terlebih dahulu sehingga tidak terbuang jika kamu merasa tidak cocok. Kamu juga bisa membeli ukuran sample atau travel size. Dengan begitu, produk yang kamu beli juga tidak akan mubazir.

Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik Untuk Kulit Wajah.

Ada banyak produk Exfoliating Toner yang menawarkan berbagai keunggulannya masing-masing. Namun, kamu tetap harus berhati-hati memilih produk yang aan dialikasikan pada kulit wajah. Berikut ini beberapa rekomendasi Exfoliating Toner terbaik untuk kulit wajahmu :

SOMETHINC Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner.

Produk Somethinc sudah terkenal dan diakui karena keunggulan serumnya. Terus berkembang, SOMETHINC juga akhirnya mulai memproduksi toner yang canggih. Exfoliating toner dari SOMETHINC ini bebas alkohol, non-comedogenic, dan telah teruji secara dermatologi. Produk ini juga terbukti secara klinis dan mampu mengangkat sel kulit mati, mengatasi pori-pori tersumbat, serta mengangkat kotoran di wajah.

Baca juga  Kulkas Mini Terbaik

Toner ini cocok digunakan oleh semua golongan, mulai dari pemula hingga kamu yang memiliki kulit sensitif. Exfoliating toner ini juga sudah mendapat persetujuan BPOM dan memiliki persentase BHA yang rendah sehingga aman digunakan oleh ibu hamil. Namun, kamu tetap harus mengonsultasikannya kepada dokter kandungan terlebih dahulu ya.

Avoskin Beauty Miraculous Refining Toner.

Brand lokal asal Yogyakarta ini juga menciptkan exfoliating toner yang bahkan sudah teruji secara klinis. Exfoliating toner dari Avoskin ini aman digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan kulit berjerawat sekalipun. Seluruh kandungannya bersinergi untuk membantu proses eksfoliasi yang maksimal tanpa membuat kulit menjadi kering.

Kandungan BHA-nya sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat, sedangkan AHA dan PHA yang ada didalamnya akan mengangkat sel kulit mati dengan lembut sekaligus melembapkan. Toner ini juga sangat berguna untuk memudarkan noda bekas jerawat dan mengecilkan pori-pori yang ada di wajah.

Johnson & Johnson Clean & Clear Oil Control Toner.

Remaja yang baru saja memasuki masa pubertas biasanya akan mengalami kondisi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Nah, selain mencuci muka, kamu juga perlu memasukkan toner ke dalam rangkaian skincare rutinmu.

Kamu bisa memilih toner dari Clean and Clear ini yang mampu mengontrol minyak berlebih dan memerangi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, formulanya juga sudah disesuaikan dengan kulit remaja dan harganya pun terjangkau.

Pixi Glow Tonic.

Jika kamu pencinta skincare pasti sudah tidak asing lagi dengan produk satu ini. Banyak review yang memuji-muji toner ini sebagai produk andalan mereka. Bukan hanya merontokkan semua sel kulit mati saja, toner ini juga mampu memberikan  efek glowing di wajah kamu.

Kandungan horse chestnut yang ada di dalamnya bersifat anti-inflamasi dan bisa membuat kulitmu makin lembut. Produk ini sangat direkomendasikan terutama untuk kamu yang memiliki kulit kusam dan berjerawat.

Wardah White Secret Exfoliating Lotion.

Jika kamu sedangmencari toner dengan kandungan yang ringan dan lembut Wardah White Secret Exfoliating Lotion ini adalah jawabannya. Toner yang dikeluarkan oleh Wardah ini mengandung AHA yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti bilberry, sari tebu, lemon, jeruk, dan gula maple. Kandungan acid yang ada dalam produk ini juga termasuk ringan dan lembut.

Meskipun begitu, toner ini bisa mempercepat proses regenerasi kulit dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, toner ini juga mampu membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga  Percepat Pemindahan Data Dengan MicroSD Terbaik dan Tercepat Berikut Ini

Benton Aloe BHA Skin Toner.

Khawatir kulit menjadi kering setelah menggunakan Exfoliasi Toner? Beton Aloe BHA Skin Toner menawarkan kandungan Aloe Vera di dalam produknya, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi terhadap kulit kering dan iritasi.

Menggunakan produk ini kamu tidak akan merasakan efek kulit tertarik apalagi terbakar ketika kandungan eksfoliasinya bekerja. Kamu yang sering bermasalah dengan kulit beruntusan juga wajib mencoba produk ini.

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner.

Untuk kamu yang punya masalah tekstur kulit dan komedo di wajah, toner COSRX ini wajib masuk dalam wish list. Perpaduan AHA, BHA, dan purifying botanical di dalamnya dapat membantu kamu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi komedo, dan mengontrol pori-pori. Dengan begitu, wajahmu akan menjadi lebih halus dan sehat. Meskipun berbentuk botol spray, kamu tetap harus menggunakan kapas untuk mengaplikasikan toner ini.

SKIN1004 Madagascar Centella Toning Toner.

Kamu memiliki kulit sensitif dan ingin mencoba exfoliating toner, tetapi takut iritasi? Dengan produk ini, kamu bisa mencoba exfoliating toner dengan tenang. Toner dari SKIN1004 ini sangat populer di dunia kecantikan karena mengandung 84% ekstrak Centella asiatica.

Di sisi lain, toner ini juga mengandung PHA yang bisa mengeksfoliasi kulit secara lembut. Dengan kombinasi PHA dan Centella asiatica, toner ini mampu mengeksfoliasi sekaligus memperkuat skin barrier serta dapat menenangkan kulit. Teksturnya yang moist watery juga membuat produk ini nyaman digunakan.

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner.

Dengan gabungan dari tiga kandungan acid, toner ini sangat cocok untuk orang yang hopeless dengan masalah kulitnya. Produk ini mampu memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan, menyamarkan bekas jerawat, serta mengobati jerawat dan mencegahnya datang kembali.

Kandungan acid pada produk ini juga tergolong rendah sehingga aman digunakan setiap hari. Bahkan, produk ini juga diklaim akan memberikan hasil yang nyata dalam 30 hari. Meski dieksfoliasi setiap hari, kamu tidak perlu takut over-exfoliating karena terdapat kandungan pelembap yang cukup tinggi untuk menyeimbangkannya.

Rohto Hada Labo Tamago hada Ultimate Mild Peeling Lotion.

Apakah kamu baru saja ingin mencoba exfoliating toner, tetapi masih bingung akan menggunakan produk yang mana? Sebaiknya kamu menggunakan toner dari Hada Labo, karena kandungan acid-nya tergolong ringan dan lembut, serta mampu menghidrasi kulit yang kering.

Produk ini juga aman digunakan untuk kulit ang cenderung sensitif. Meskipun berlabel lotion, toner ini mempunyai tekstur cair dan bukan krim. Hasilnya, kulit akan terasa lebih kenyal dan moist jika kamu menggunakannya secara rutin dan teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *