terakurat.comselamatkan-dunia– Kuba merupakan negara yang dikendalikan oleh pemerintah komunis. Namun, solidaritasnya tidak pandang ideologi negara.

Negara kecil ini telah banyak mengirimkan dokternya untuk misi kemanusiaan. Termasuk, wabah virus Ebola di Afrika pada awal 2000-an.

Kirimkan Dokter ke Italia Untuk Atasi pandemi Corona.

Di tengah pandemi virus corona ini, Kuba memberangkatkan para dokter mereka ke Italia, meskipun negara ini memiliki ideologi yang berbeda dengan Italia.

Tim Medis Kuba mendapat sambutan hangat begitu sampai di bandara Malpensa, Milan, Italia. Para warga yang sedang berada di bandara tersebut bertepuk tangan ketika tim dokter Kuba mendarat.

Kuba mengirimkan 36 dokter, 15 perawat dan seorang ahli logistik ke Italia. Mereka diharapkan bisa membantu di Kota Lombardia, wilayah terdampak paling parah di Italia Utara. Kuba memang sering mengirimkan tim medis untuk membantu krisis kesehatan di seluruh dunia.

Namun baru ini pertama kalinya mereka dikirim untuk membantu negara sekaya Italia. Tim medis Kuba yang dikirim ke Italia merupakan tim keenam yang ditugaskan untuk membantu krisis pandemi Covid-19 di berbagai belahan dunia. Solideritas Kuba yang sangat tinggi untuk selamatkan dunia pantas diapresiasi.

Kuba membangun sistem kesehatan mereka melalui bantuan ekonomi dari Uni Soviet. Namun, kemajuan sistem kesehatan mereka merosot setelah blok komunis runtuh. Banyak rumah sakit mereka yang rusak.

Pemerintah Kuba mengatakan bahwa mereka kesulitan mendapatkan obat karena sanksi yang diberikan Amerika Serikat (AS) selama puluhan tahun. Akan tetapi beberapa pengamat menilai kelangkaan obat tersebut disebabkan karena tidak efesiennya negara itu menjalankan perekonomian mereka.

Izinkan Kapal Pesiar Inggris Berlabuh.

Beberapa waktu lalu pemerintah Inggris juga berterima kasih kepada Kuba karena mengizinkan kapal pesiar mereka yang ditolak berbagai pulau Karibia akhirnya dapat berlabuh. Sebanyak 600 penumpang di kapal itu akhirnya dapat dievakuasi.

Baca juga  Warna Merah dan barongsai saat imlek.

Kuba yang terkenal dengan kesiagaannya dalam menghadapi bencana sudah menyiapkan langkah untuk menahan penyebaran Covid-19. Seperti menutup perbatasan untuk semua orang asing.

Hal ini diprediksi akan menjadi pukulan bagi perekonomian Kuba yang cukup mengandalkan pariwisata. Ribuan dokter dan mahasiswa kedokteran mereka juga berkeliling dari rumah ke rumah untuk mengawasi masyarakat.

Kepedulian inilah yang akan membantu Kuba untuk menekan tingkat penyebaran COVID-19 di Negaranya. Oleh karena itu, Indonesia sebagai bangsa yang penuh persatuan harus meningkatkan solidaritas dan kesadaran untuk bersama-sama menghentikan Wabah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here