Dewasa ini begitu banyak media penyimpanan elektronik yang beredar. Salah satu media penyimpanan adalah SSD yang memiliki kepanjangan Solid State Drive, yaitu media penyimpanan yang menggunakan komponen semacam PCB seperti yang terdapat pada RAM.

SSD sendiri merupakan media penyimpanan yang memiliki teknologi terbaru. Memiliki perbedaan yang tidak jauh dari HHD yang juga merupakan media penyimpanan yang sering digunakan.

Pada dasarnya kecanggihan dari SSD dapat dilihat dari komponen pembentuknya. Hard Disk Drive atau disingkat HDD merupakan media penyimpanan yang memiliki komponen di dalamnya berupa piringan yang digunakan untuk menyimpan data.

Berbeda dengan SSD, sehingga media penyimpanan berikut ini tidak memerlukan ukuran yang besar dan memiliki kecepatan baca/tulis yang jauh lebih cepat dibanding dengan HDD.

Berikut ini beberapa pilihan SSD terbaik yang bisa Anda miliki.

1. SANDISK SSD PLUS 120GB SATA.

amazon.com

Untuk SSD merek SanDisk memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan SSD dengan besar kapasitas yang sama.

Tentu saja hal ini dikarenakan performa lebih tinggi dan merek yang lebih dikenal dengan kepercayaan terhadap produk-produk media penyimpanan yang dihasilkan oleh SanDisk.

SSD ini sendiri memiliki kapasitas sebesar 120GB. SSD ini akan membuat kecepatan booting yang dimiliki laptop kalian akan jauh lebih cepat. Baik untuk start maupun proses shutdown.

Dengan kecepatan pembacaan sampai dengan 520 Mbps dan kecepatan penulisan hingga 400 Mbps. Akan membuat laptop dapat dipakai dengan kecepatan yang tinggi.

Dengan produksi dan desain yang baik membuat ukuran dan berat SSD dibuat seminimal mungkin dan dibuat tanpa memiliki ruang kosong, sehingga SSD akan tahan terhadap getaran yang akan merusak data pada SSD.

Teknologi yang digunakan sendiri adalah tipe SLC. Yang menghasilkan performa SSD jauh lebih baik. Dengan konsumsi daya yang sedikit akan membuat laptop dapat bertahan lebih lama.

Baca juga  Harmonika Terbaik

2. Intel SSD 530.

storagereview.com

Sebagai perusahaan prosesor terbesar di dunia, Intel juga memproduksi SSD. Salah satunya adalah SSD 530 yang diciptakan untuk konsumen profesional dalam pekerjaan yang mengharuskan memproses banyak task pada komputer.

Produk ini dilengkapi dengan Intel® Smart Response Technology yang memungkinkan kinerja tinggi yang responsif dual drive, SSD dan HDD. Sangat cocok untuk gamers, content creator, ataupun pekerjaan teknik lainnya.

Kapasitas yang tersedia pun beragam, mulai dari 80 hingga 480 GB, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan after-sales service-nya karena Intel memberikan garansi sampai dengan lima tahun.

3. Samsung 850 EVO – 1TB.

samsung.com

Tetap dengan apa yang berhasil, Samsung 850 EVO juga merupakan pilihan utama jika Anda mencari kapasitas satu terabyte. Fitur ini memiliki banyak spesifikasi perangkat keras yang sama dengan versi 250 GB, tetapi dengan daya tahan sedikit lebih lama.

Samsung 1TB 850 EVO dapat write setidaknya 300 TB data sebelum tidak memiliki lagi P / E siklus, tapi itu cukup banyak memastikan lebih dari satu penggunaan seumur hidup manusia.

Tentu saja, untuk performa seperti itu, keandalan dan ketahanan, Anda harus mengeluarkan dana cukup banyak.

Tetapi jika Anda berada di pasar untuk banyak ruang, Anda mungkin bekerja untuk sebuah film atau studio rekaman dan mendapatkan manfaat dari anggaran besar di belakang Anda.

4. Western Digital SSD Blue 500Gb Sata 3.

amazon.com

Western Digital berhasil menciptakan SSD yang memiliki banyak fitur mumpuni. Mulai dari kemampuan hemat daya hingga 25%, sampai didesain menggunakan papan sirkuit utama agar menjaga SSD dari benturan keras.

Kapasitasnya 500Gb dengan teknologi SATA 3 dan sanggup membaca dan menulis data hingga 550 Mb per detik. Ukurannya 2.5 inci sesuai dengan ukuran HDD pada umumnya.

Baca juga  Rekomendasi Charger Fast Charging Terbaik Tahun 2020!

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here