Tempat Wisata di Sukabumi, Yang Suka Air Terjun, Curug Mania Masuk!

Tempat wisata di Sukabumi

Berbicara tentang wisata alam, tempat wisata di Sukabumi sangat banyak pilihannya. Sukabumi, sebuah kota yang menyimpan banyak keindahan alam yang bisa dinikmati di waktu liburan, banyak turis yang datang berkunjung ketika liburan tiba, terutama pada musim liburan.

Selain itu tata letak Sukabumi yang strategis berada di 120 Km sebelah selatan Jakartan dan 96 Km sebelah barat Bandung, daya tarik tempat wisata di Sukabumi menjadi pilihan alternatif yang menanti untuk dinikmati para turis.

Curug di Sukabumi – Air Terjun di Sukabumi

Keindahan beberapa curug yang bisa menjadi pilihan alternatif tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan panorama khususnya bagi anda yang suka berpetualang menjelajahi tempat – tempat seru.

Apalagi jika berbicara mengenai pemandangan alam, tempat wisata di Sukabumi tidak kalah mempesona dengan tempat wisata di kota-kota lain.

Hutannya yang sangat asri, udara yang sejuk, menjadi daya tarik para turis untuk mengunjungi tempat wisata di Sukabumi. Berikut Ulasan Curug yang terdapat di Sukabumi.

Curug Cikaso

curug cikaso tempat wisata di sukabumi
wisatajabar.com

Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cikaso berada di lokasi yang terpencil, namun banyak para wisatawan mengincar Curug Cikaso sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Karena lokasinya yang lumayan jauh dan membutuhkan perkiraan waktu sekitar 6 Jam perjalanan dari Jakarta.

Setelah anda sampai pada pintu masuk Curug Cikaso maka perjalanan akan dilanjutkan dengan dua pilihan yaitu dengan berjalan kaki atau bisa juga dengan menyewa perahu rakit yang tersedia di pintu masuk mulai dari harga Rp 80.000 sampai dengan Rp 120.000.

Kemegahan Curug Cikaso yang mempunyai tiga saluran air yang jatuh dari atas tebing, membuat Curug Cikaso terlihat sangat menawan.

Kemudian di bawahnya terdapat satu kolam yang menghasilkan warna biru kehijauan akibat ganggang yang tumbuh di dalamnya.

Para wisata yang berkunjung juga tetap harus berhati – hati karna kedalaman kolam yang terdapat di Curug yang satu ini mencapai 22 meter.

Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini juga menyediakan fasilitas kamar mandi dan warung – warung yang berada di sekitarnya.

Curug Cibeurem

mandalawangicibodas.com

Curug Cibereum terdapat  di Desa Perbawati dan Desa Sundajaya Girang Kecamatan Karawang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini berada di kawan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP).

Untuk mencapai lokasi ini para wisatawan bisa menggunakan transportasi umum ataupun dengan kendaraan pribadi, jarak dari pusat kota menuju Curug Cibereum sekitar 10 km.

Curug Cibereum Memiliki ketinggian 1050 meter dari permukaan laut. Membuatnya sangat sedap di pandang mata. Di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini juga sudah tersedia fasilitas kamar mandi umum, bungalow serta camping ground.

Curug Cikanteh

backpackerjakarta.com

Tidak jauh berbeda dengan curug Cikaso, Curug Cikanteh juga memiliki 3 mata air bertingkat diantara lain dengan tingkatan paling atas Curug Cikanteh lalu Curug Ngelai selanjutnya Curug Sodong, ketinggian Curug Cikanteh ini adalah 60 meter.

Tempat wisata di Sukabumi ini terletak di desa Ciwaru, kecamatan Ciemas, Kawasan Ciletuh Geopark Sukabumi.

Untuk sampai pada tempat wisata di Sukabumi yang bernama Curug Cikanteh ini para wisatawan harus melewati perbukitan dan hutan tropis.

Para wisatawan tidak perlu khawatir karena di sini sudah tersedia fasilitas umum yang bisa digunakan yaitu toilet beserta tempat parkir kendaraan. Tiket masuknya seharga Rp 3.000 per orang.

Jika datang dengan membawa kendaraan bermotor dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 sedangkan menggunakan mobil sebesar Rp 5.000.

Curug Cimarinjung

www.garudasocialmiles.com

Bagi para wisatawan yang sangat menggemari petualangan Curug Cimarinjung merupakan pilihan yang tepat. Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini memiliki akses yang cukup sulit karna keberadaannya di tengah lerenng perbukitan batuan tertua di pulau Jawa.

Aktivitas yang cocok di lakukan pada tempat wisata di Sukabumi ini seperti panjat tebing, dan touring, bersepeda. karna area curug Cimarinjung masih sepi pemukiman.

Ketinggian air terjun Cimarinjung sendiri sekitar 15 m. dan yang menariknya lagi di tengah – terdapat air terjun terdapat batu setinggi 7 m yang berbentuk mirip dengan manusia.

Mitos yang beredar konon batu tersebut adalah jelmaan putri Caweni yang sedang menunggu banjir agar dapat menaiki curug.

Jika diartikan nama Caweni dalam bahasa Sunda memiliki arti randa bengsarat atau janda yang masih suci karena berpisah sebelum melakukan hubungan intim dengan suaminya.

Curug Cimarinjung merupakan tempat wisata di Sukabumi yang berjarak 70 km dari Kota Sukabumi. Dan yang menjadi daya tariknya lagi di sekitar area Curug Cimarinjung terdapat sebuah gua yang bernama Gua Kopeah.

Curug Awang

motorcyclefunblog.wordpress.com

Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawabarat. Curug ini terdapat di aliran sungai Ciletuh, Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas.

Curug ini terbagi dua, yaitu Curug Awang Indung dan Anak Curug Awang. Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini memiliki ketinggian 10 meter dan lebarnya 40 meter.

Untuk menuju kawasan ini para wisatawan biasanya menggunakan kendaran mobil 4×4 atau touring dengan menggunakan motor trail, di sepanjang jalan terdapat panorama yang mempesona termasuk hutan pins miliki perum perhutani.

Baca juga tempat wisata di Bekasi yang bikin kota lain minder!

Terakurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *