Cara Mendapatkan Modal Usaha, Bagaimana Tips nya?

cara mendapatkan modal usaha

Terakurat.com – Mempersiapkan Cara Mendapatkan Modal Usaha – Ketika merencanakan untuk membuat suatu usaha, seringkali kita berpikir tentang bagaimana cara mendapatkan modal usaha.

Modal merupakan salah satu hal penting dalam masa-masa awal bisnis, sehingga tanpa modal rasanya sulit untuk membangun suatu usaha. Besar kecil modal usaha yang Anda butuhkan tergantung dari usaha jenis apa yang akan Anda bangun.

Mengetahui cara mendapatkan modal usaha mungkin menjadi tantangan tersendiri, berikut ulasan cara mendapatkan modal usaha yang semoga bisa memberi Anda inspirasi.

Memakai Tabungan

Anda merasa bunga yang dibebankan kepada Anda terlalu besar sehingga Anda tidak berkeinginan untuk meminjam uang ke bank? Tabungan pribadi bisa Anda jadikan modal usaha. Cara ini merupakan cara yang paling aman bagi Anda dalam membangun sebuah bisnis.

Menggadaikan Aset

Anda tidak ingin kehilangan aset yang Anda miliki? Anda bisa coba menggadaikan aset pribadi sebagai cara mendapatkan modal usaha. Namun dengan cara mendapatkan modal usaha seperti ini, Anda perlu mempertimbangkan resiko yang mungkin muncul apabila Anda gagal atau malah lebih celaka lagi lupa menebusnya. Aset pribadi Anda akan disita oleh institusi gadai yang bersangkutan.

Menjual Aset

Selanjutnya, cara mendapatkan modal usaha adalah dengan cara menjual aset properti, emas ataupun kendaraan yang Anda miliki. Berinvestasilah pada barang-barang yang sekiranya cukup mudah untuk dicairkan.

Pinjam Kepada Saudara

Meminjam uang kepada saudara maupun rekan juga merupakan cara mendapatkan modal yang tergolong tanpa resiko. Pasalnya cara mendapatkan modal seperti ini, Anda tidak akan terbebani oleh bunga pinjaman.

Meskipun terbebas dari bunga pinjaman, sebaiknya Anda harus bertekad untuk mengembalikan uang yang Anda pinjam. Dengan begitu Anda memperoleh trust dari rekan atau saudara Anda.

Baca juga  Bisnis Startup Yang Baru dan Menjanjikan

Modal Patungan

Upaya berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal adalah dengan melakukan joint venture. Dengan modal patungan, modal dan pekerjaan dari bisnis yang Anda bangun akan dibagi rata, baik dari segi keuntungan dan kerugian. Perjanjian tertulis perlu dilakukan untuk menghindari konflik di kemudian hari.

Nah, dari beberapa alternatif cara mendapatkan modal usaha yang telah diuraikan daiatas, sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu bisnis apa yang kiranya ingin Anda bangun.

Cobalah untuk merinci secara detil resiko apa yang kira-kira akan timbul. Selanjutnya temukan bagaimana cara mendapatkan modal usaha yang sesuai bagi Anda.

Baca juga artikel tentang sociopreneur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *