memutihkan-ujung-kuku- Hal pertama yang diperhatikan orang lain ketika melihat kita adalah wajah, apakah kita pandai merawat diri atau tidak. Merawat diri di sini bukan berarti harus rutin pergi ke dokter kulit, ya. Paling tidak kita harus rutin mencuci muka dan menggunakan riasan ringan agar terlihat segar. Kemudian, berlanjut pada rambut, apakah bersih dan tertata rapi atau tidak. Jika berkerudung, dilihat gaya berkerudungnya, rapi atau tidak, sesuai dress code atau tidak.

Hal selanjutnya yang diperhatikan dari tubuh kita biasanya jari. Kata orang, jari juga bisa menunjukkan kepribadian kita. Jari sendiri meliputi kulitnya, kering atau tidak, kasar atau tidak.

Dan, yang paling penting adalah kuku. Kita harus pandai merawat kuku kita agar selalu bersih dan terlihat sehat. Jika kuku menguning, apalagi ada kotoran berwarna hitam di bagian dalamnya, dijamin Anda akan dicap jorok dan tidak memedulikan penampilan.

Baca Juga : Ciri-ciri jerawat akan sembuh

Jika kamu suka memanjangkan kuku, maka pastikan juga bagian dalam kukumu berwarna putih seperti susu. Caranya tidak sulit, kok. Berikut ini beberapa tips untuk memutihkan ujung kuku hingga seperti susu.

Rendam Kuku.

Tips memutihkan ujung kuku seperti susu yang pertama adalah dengan rutin merendam kuku. Siapkan baskom yang lumayan besar, lalu tuangkan air hangat. Campurkan air tersebut dengan bahan-bahan yang kamu suka, bisa kelopak bunga, bisa perasan lemon, bisa minyak esensiil.. Pokoknya gunakan bahan yang jadi favoritmu.

Tujuan perendaman kuku ini adalah supaya kuku yang kamu miliki jadi lembab, kotoran mudah diangkat, kuku jadi agak lembek kalau mau dipotong, dan sekaligus membuat kamu menjadi lebih rileks. Lama waktu merendam kuku cukup 5 – 10 menit saja. Kalau kelamaan, yang ada kulitmu malah jadi keriput!

Lidah Buaya.

Apakah kamu punya tanaman lidah buaya di pekarangan rumah? Coba sekarang kamu petik satu lembar, lalu potong sebesar jempol. kamu bisa mengupas salah satu kulit lidah buaya, lalu menggosokkan dagingnya ke pada kuku. Atau, kamu juga bisa mencincang halus/menumbuk daging lidah buaya, lalu mengoleskan hasil tumbukan tersebut pada kuku.

Baca juga  Beragam Varian Aroma Parfum Evangeline

Tidak punya banyak waktu? Malas? Potongan lidah buaya tadi bisa langsung ditancapkan pada kuku, lalu diamkan selama beberapa menit. Lidah buaya bermanfaat untuk menghilangkan kekeringan di area kukumu. Lidah buaya juga dapat membuat kuku jadi lebih putih, mengobati kuku retak hinga jamur kuku, loh! Ternyata banyak sekali fungsi dari tanaman ini, ya?

Kamu mau tahu cara yang lebih praktis? Gunakan saja gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Biasanya gel lidah buaya ini datang dari brand kosmetik Korea, seperti Innisfree dan Nature Republic. Tapi, ada juga kok dari merk lokal seperti Wardah misalnya.

Bawang Putih.

Tidak hanya lidah buaya, bawang putih merupakan bahan yang multi fungsi juga. Bawang putih dapat membuat kuku jadi lebih kuat, bersih, putih, lembab, dan bakan dapat mematikan jamur kuku (jika kamu mengalaminya).

Cara memanfaatkan bawang putih untuk kuku sangat mudah. Kamu bisa langsung menggosokkan bawang ke kuku. Atau, parut atau cincang halus terlebih dahulu bawang putih, baru diaplikasikan pada kuku. Satu lagi cara lainnya adalah dengan membuat serum dari bawang putih.

Caranya adalah dengan menyiapkan botol kutek kosong, air, dan bawang putih. Potong bawang putih kecil-kecil, atau kamu juga bisa mencincangnya sampai halus. Setelah itu, masukkan bawang ke dalam botol kutek hingga ¼ botolnya, lalu isi dengan air. Biarkan bawang terfermentasi selama 5 – 7 hari sebelum digunakan.

Lemon.

Lemon biasa dijadikan campuran untuk merendam kuku dalam proses manikur. Makanya, wajar sekali jika lemon termasuk dalam list tips memutihkan ujung kuku seperti susu. Lemon memang dapat membuat kuku jadi lebih putih secara alami. Lemon juga berfungsi sebagai penguat kuku dan dapat memberikan kilau pada kuku.

Baca juga  Lipstick Sering Dipakai Untuk Mempercantik Wajah, Berikut Ini Sejarahnya!

Cara menggunakannya, kamu bisa menambahkan perasan buah lemon ke dalam rendaman kuku. Atau, juga bisa juga mengiris buah lemon kecil-kecil dan menggosokkannya langsung pada kuku. Sedang mager alias malas gerak? Potong saja buah lemon menjadi dua, lalu tancapkan jari-jarimu pada lemon tersebut. Praktis, kan?

Belimbing Wuluh

Buah yang satu ini rasanya asam-asam kecut. Biasanya buah ini digunakan sebagai rujak, asinan, sambal, dan sayur. Tapi ternyata buah belimbing wuluh ini bisa digunakan juga dalam tips memutihkan ujung kuku seperti susu.

Cara menggunakannya sama saja seperti bahan-bahan lainnya. Kamu bisa menumbuknya hingga halus baru dioleskan pada kuku, atau gosok langsung bagian dalam belimbing wuluh pada kukumu.

Kulit Semangka

Biasanya orang-orang hanya memakan bagian berwarna merah atau kuning dari semangka saja, lalu membuang bagian yang berwarna putih kehijau-hijauannya. Ada juga yang suka memanfaatkan bagian tersebut menjadi acar atau manisan. Tapi, tahukah kamu bahwa kulit semangka bisa dimanfaatkan untuk memutihkan ujung kuku juga?

Caranya, tancapkan kukumu pada kulit semangka. Lalu, gosok-gosokkan kuku pada kulit semangka tadi. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan tisu atau lap bersih. Jika dilakukan dengan rutin, kukumu bisa jadi lebih putih dan mengkilap.

Petroleum Jelly

Petroleum jelly merupakan super skincare. Benda ini bisa dipakai untuk apa saja, ya, apa saja! Bulu mata, alis, kulit kering, bibir, kaki pecah-pecah, dan tentu saja untuk kuku. Petroleum jelly dapat mengembalikan kelembaban yang hilang dari kuku setelah mandi, ketika kamu lupa mengoleskan hand cream, atau jika kukumu memang selalu kering.

Produk petroleum jelly ada banyak, tapi yang paling terkenal dan mudah ditemukan memang Vaseline. Atau,  kamu juga bisa menggunakan Oriflame Tender Care.

Baca juga  Rekomendasi Lipstick Emina Untuk Remaja!

Nail Food

Apakah kamu tahu apa itu nail food? Produk ini merupakan “makanan” untuk kuku. Mungkin kamu pikir yang butuh nutrisi hanya kulit saja, makanya kamu hanya mengaplikasikan hand body dan hand cream saja. Padahal, kuku juga membutuhkan nutrisi lebih yang tidak bisa diberikan oleh body lotion, dan nutrisi itu dikandung dalam nail food.

Nail food ada yang berbentuk krim, serum, atau oil. Biasanya yang berbentuk serum cara pakainya menggunakan pipet, lalu ditetesan langsung di atas kuku. Kalau yang berbentuk oil, biasanya ditempatkan pada botol kutek, lengkap dengan brush aplikatornya.

Gunakan Pensil Putih.

Jika Anda sudah melakukan segala cara, tapi ujung kuku tidak putih-putih, bisa tuh menggunakan cara instan dengan memanfaatkan pensil putih. Biasanya pensil khusus kuku ini dijual di toko nail art, aksesoris wanita, dan toko kosmetik besar. Tapi, kamu juga bisa coba-coba menggunakan eyeliner pensil warna putih atau coloring pencil yang warna putih.

Hindari Kuteks

Walaupun pada keterangan produknya tertulis “aman”, bagaimana pun juga kuteks mengandung bahan kimia. Jika teralu sering digunakan, enamel atau lapisan terluar kuku bisa terkelupas. Jika kamu terlalu sering menggunakan kuteks, nantinya kukumu bisa menguning dan jadi rapuh. So, sebisa mungkin jangan keseringan pakai kuteks.

Kalau kamu tidak bisa hidup tanpa kutek, usahakan untuk mengaplikasikan base coat terlebih dahulu sebelum kutek. Base coat dapat melindungi kuku mu dari “terjangan” kutek secara langsung. Logikanya, base coat sama dengan penggunaan primer sebelum make up. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cuka putih (cuka apel) untuk membuat kuku jadi lebih putih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here