terakurat.combadan-lemas– Keadaan badan yang lemas dapat mengganggu aktivitas sehari hari kita, untuk mengatasinya kamu bisa mengkonsumsi makanan yang fresh. Beberapa orang mungkin belum tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang cepat saji dan berbahan pengawet dapat menyebabkan badan lemas. Berbeda dengan makanan yang fresh tentu memiliki gizi lebih banyak.

Dari pada mengkonsumsi makanan yang berbahan pengawet atau cepat saji, lebih baik kamu membuatnya sendiri dirumah. Pastikan kamu memakai bahan-bahan yang segar dan tanpa bahan pengawet. Dengan begitu tubuh juga menjadi lebih segar dan tidak lemas lagi. Saat kamu merasa kondisi badan yang lemas, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini.

Biji Chia.

Apakah kamu sudah mengenal biji chia? Makanan ini belakangan menjadi salah satu bahan makanan kekinian. Bahkan sebagian masyarakat menjadikan biji chia sebagai makanan pengganti makanan utama mereka, dengan cara mencampurkannya ke dalam makanan lain.

Chia seed memiliki protein, lemak, dan serat yang bisa memberikan energi untuk kamu. Tidak seperti karbohidrat atau sumber gula yang lainnya makanan yang satu ini tidak mengandung banyak gula yang tinggi seperti nasi. Biji chia juga mampu menyerap air sampai 10 kali beratnya. Kelebihan tersebut akan membantu kamu mempertahankan cairan dan menjaga stamina tubuh.

Quinoa.

Kaya akan protein, serat dan zat besi, Quina juga bisa menjadi pilihan sebagai pengganti Nasi. Mengkonsumsi Quinoa daat mencegah badan menjadi lemas. Kamu bisa menglah Quinoa menjadi olahan dessert atau mufin.

Pisang.

Pisang kaya akan potasium, serat, berbagai vitamin, serta jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina dan menghalau badan lemas. Kamu bisa mengkonsumsi pisang sebelum memulai aktivitas, pisang bisa menjadi pilihan yang mudah, lezat, dan bisa kamu andalkan sebagai salah satu sumber energi.

Baca juga  Pencegahan Preeklampsia Calon Ibu Wajib Tahu Ini!

Gandum Utuh.

Kamu bisa mengganti sumber karbohidrat kamu dengan gandum utuh atau whole wheat. Selain memberikan pasokan energi, mengkonsumsi gandum utuh juga akan menyehatkan saluran pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Gandum utuh bisa kamu temukan pada roti, sereal, dan berbagai bahan makanan lainnya. Sebelum membeli sebaiknya perhatikan juga label kemasan supaya tidak salah memilih.

Oatmeal.

Oatmeal juga merupakan produk gandum yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi badan lemas. Biasanya lebih dikenal sebagai menu sarapan, sekarang ini oatmeal sudah banyak dikonsumsi dalam berbagai variasi, termasuk sebagai pengganti nasi yang bisa dimakan bersama lauk-pauk pada umumnya.

Oatmeal juga kaya akan serat dan mengandung cukup banyak protein untuk menjaga agar tubuhmu tetap berenergi. Memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga menjadikannya aman untuk kamu yang memiliki penyakit metabolik seperti diabetes. Kamu yang memiliki risiko penyakit jantung juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here