tips mengelola keuangan usaha

Tips mengelola keuangan usaha menjadi hal yang penting dalam mengelola suatu usaha. Tak dapat dipungkiri, modal dan segala macam urusan keuangan dalam menjalankan usaha adalah hal yang penting. Saat hal tersebut tidak beres, kita akan menemukan kesulitan yang besar dan bahkan terhalang dalam memutar laju usaha yang di kelola.

Hal ini berkaitan dengan membelanjakan dan mengendalikan keuangan, bukan hanya semata perhitungan untuk mengetahui keuntungan yang didapatkan. Melakukan manajemen keuangan sangat penting. Yang perlu memperhatikan ini bukan hanya untuk para pengusaha besar melainkan juga untuk yang sedang merintis usaha.

Berikut ini adalah tips mengelola keuangan usaha

1. Memisahkan uang pribadi dan usaha

Mungkin sebagian orang tidak mau ambil pusing tentang pengelolaan keuangan apalagi saat yang dijalankan baru usaha kecil. Mereka menganggap keuangan pribadi dan keuangan usaha dapat dicampur karena nominalnya belum terlalu besar. Ternyata hal ini berdampak buruk. Karena tanpa disadari ternyata secara perlahan keperluan pribadi dapat menggerogoti keuangan usaha.

 

Mungkin efeknya baru terasa saat kamu ingin membelanjakan uang usaha untuk membeli barang baru dan uangnya tidak cukup. Oleh karena itu, mulailah berdisiplin untuk memisahkan antara uang pribadi dan usaha. Salah satu tips mengelola keuangan usaha, adalah membuka rekening yang berbeda untuk usaha dan pribadi.

2. Buatlah rencana penggunaan uang

Walaupun kamu memiliki saldo yang banyak, jangan sembarangan menggunakan uang untuk hal yang tidak penting. Lakukanlah analisa prioritas untung rugi saat ingin menggunakan uang. Catat list pengalokasian uang sehingga terlihat apa saja yang diperlukan sehingga penggunaannya terkontrol.

3. Sisihkanlah keuntungan untuk mengembangkan usaha

Melakukan usaha tentu saja yang diharapkan adalah untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi alangkah baiknya bila keuntungan tersebut disisihkan sebagian untuk mengembangkan usaha. Jadi usaha yang dijalankan dapat semakin berkembang. Bila kita hanya menggunakan keuntungan untuk kepentingan konsumtif pribadi, bisnis yang dikelola tidak akan maju.

Baca juga  Cara Mengurus Surat Ijin Tempat Usaha Dengan Mudah

 

4. Menyiapkan dana darurat

Saat kita menjalankan usaha, banyak hal yang tidak diprediksi terjadi. Dapat saja kita di tengah perjalanan membutuhkan banyak biaya darurat yang sangat penting untuk menyelamatkan usaha. Bila kita tidak memiliki dana darurat, hal ini akan mempersulit langkah. Oleh karena itu, kamu harus menyimpan sebagian uang sebagai dana darurat.

Semoga tips mengelola keuangan usaha ini dapat membantu kamu dalam menjalankan usaha. Semua hal yang dimulai dari hal kecil akan membantu kamu berproses dengan matang. Sehingga kamu akan mengenal detail demi detail dunia usaha yang nantinya dapat mengantarkan dalam kesuksesan.

 

Baca Juga : CARA DAN SYARAT MENGAJUKAN KUR BRI 2018

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *