Sepatu berbahan beludru pernah menjadi hits pada tahun 2013. Sama seperti bahan jeans, rupanya beludru juga tak lekang termakan waktu dan terbukti masih digemari hingga kini. Namun merawat dan membersihkan sepatu beludru bukanlah hal yang mudah, karna memerlukan perlakuan khusus dan harus dilakukan dengan hati-hati.

Apakah kamu masih menyimpan sepatu beludru kamu? Jika iya, coba lihat, apakah sepatu itu masih layak pakai atau tidak. Kalau sepatu kamu masih bagus dan hanya kotor sendikit, kan tinggal dibersihkan saja. Atau, kamu baru membeli sepatu beludru baru?

Merawat sepatu dari bahan beludru itu lumayan susah. Karena teksturnya mirip bulu anak sapi, bahan velvet cenderung mudah kusut, rontok, dan hancur. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena setiap masalah selalu ada solusinya kalau kamu mau mencari.

Berikut Ini Tips Merawat dan Membersihkan Sepatu Beludru.

Protector Spray.

Langkah pertama dalam tips membersihkan sepatu beludru dari Kamini adalah dengan menggunakan spray pelindung sepatu velvet. Fungsi spray ini adalah untuk membuat lapisan beludru jadi anti air. Dengan begitu, baik cairan, kotoran, maupun debu tidak akan menempel pada sepatu.

Produk seperti ini bisa kamu temukan di toko sepatu besar, tapi kamu bisa juga membeli produk serupa di Bukalapak dengan mengunjungi link ini. Cara menggunakan protector spray adalah dengan langsung menyemprotkannya pada sepatu yang bersih. Jarak semprotnya sekitar 10 – 15 cm, ya, jangan menempel banget pada sepatu.

Karena, yang dibutuhkan untuk membuat lapisan perlindungan adalah embun dari spray, so, jangan sampai sepatu kamu malah jadi basah karena spray tersebut. Jika terjadi, maka sepatu kamu akan terlihat pitak karena bulu beludrunya menempel satu sama lain.

Baca juga  Tips Memilih Laptop Gaming yang Bagus dan Berkualitas

Sikat Khusus.

Lalu, untuk melakukan pembersihan sepatu beludru, kamu harus menggunakan alat yang tepat. Misalnya seperti sikat khusus sepatu beludru. Biasanya sikat untuk sepatu jenis ini bulu-bulunya sangat lembut. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan sikat gigi yang soft. Fungsi sikat yang lembut adalah untuk merontokkan debu dan kotoran yang menempel pada bulu beludru.

Vacuum Cleaner.

Langkah ke-3 dalam tips membersihkan sepatu beludru adalah dengan menggunakan vacuum cleaner mini. Sebelum memilih air, sebaiknya kita menggunakan cara pembersihan yang kering-kering saja. Gunakanlah penyedot debu ukuran mini yang biasanya diperuntukkan buat sofa dan mobil. Jika Anda punya vacuum cleaner khusus sepatu, akan lebih bagus lagi.

Tisu.

Jika sepatu kamu terkena noda basah atau minyak, tips membersihkan sepatu beludru adalah dengan menggunakan tisu. Serap kotoran dengan tisu kering. Cukup menaruh dan menekan ringan tisu pada bagian sepatu yang terkena kotoran. Jangan tekan tisu terlalu keras, apalagi menggosokannya pada permukaan sepatu. Ingat! Gunakan tisu kering, ya, bukan tisu basah.

Sabun Pencuci.

Langkah selanjutnya dalam tips membersihkan sepatu beludru adalah dengan mencucinya. Jika noda dan kotoran pada sepatu kamu sudah berlebihan, atau sepatu kamu sudah lama dipakai, berarti sudah waktunya sepatu kamu “mandi”.

Setahu author, belum ada sabun khusus untuk sepatu, apalagi untuk sepatu berbahan dasar beludru. Jika kamu tahu, tolong koreksi author, ya. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan sabun pencuci piring, sabun atau shampo bayi untuk mencuci sepatu beludru kamu.

Penyimpanan.

Jika kamu tidak akan langsung menggunakan sepatunya, pasti kamu akan menyimpannya di rak penyimpanan, bukan? Nah, sebelum dimasukkan ke dalam rak atau lemari sepatu, pastikan sepatu velvet kamu dimasukkan ke dalam kotaknya atau ke dalam kantung sepatu. Hal ini untuk menghindari terjadinya gesekan dengan sepatu lain. Kotak atau kantung sepatu juga dapat menghindarkan bahan beludru dari kotoran.

Baca juga  Cara Posting di Instagram Menggunakan Laptop

Penyimpanan Lanjutan.

Jika sepatu velvet kamu akan disimpan dalam jangka waktu yang lama, maka cara penyimpanannya berbeda dengan yang sudah dijelaskan pada nomor enam.

Pertama-tama, kamu harus pastikan kalau sepatu dalam keadaan benar-benar kering dan bersih. Lalu, kamu bisa menggunakan cetakan pembentuk sepatu seperti pada gambar di atas. Jika tidak ada, kamu bisa juga menggunakan kertas atau koran yang sudah dibuat menjadi bola.

Lalu, masukkan silica gel ke dalam kotak penyimpanan sepatu, agar sepatu kamu tetap kering. Supaya sepatu tidak bau, kamu bisa juga memasukkan sebutir kamper ke dalam boks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here