Terakurat.com – Wanita Lebih Emosional – Siapa yang tidak familiar dengan pernyataan “Wanita menggunakan hati, sedangkan Pria menggunakan Otak” rasanya pernyataan tersebut kerap kali terucap oleh orang sekitar kita. Terlebih lagi, pernyataan itu biasanya diucapkan ketika mengomentari sepasang kekasih yang hubungannya sedang bermasalah.

Pernyataan tadi seakan-akan merujuk bahwa wanita lebih emosional dan peka terhadap sesuatu dibanding laki-laki. Lantas apakah pernyataan di atas besar? simak ulasannya berikut ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di University of Basel di Switzerland, mengungkapkan bahwa tidak ada yang salah mengenai pernyataan tersebut.

Para peneliti juga mengatakan bahwa memang tidak ada masalah juga dengan keadaan perempuan yang lebih emosional daripada laki-laki,.

Dengan hasil penelitian mereka menjelaskan bahwa bukan Hati yang menyebabkan kondisi ini, melainkan otak.

Hal tersebut memanglah wajar, sebab ada perbedaan otak antara wanita dan laki-laki. Sejalan dengan perkembangan, perbedaan struktur otak ini kemudian menyebabkan kurangnya empati dan abai terhadap perasaan orang lain. Serta tanda lain seperti kurangnya rasa penyesalan atau rasa bersalah.

Sifat-sifat ini kemudian dikaitkan dengan kurangnya pengembangan hati nurani dan juga empati.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa pada otak pria memiliki Volume Insula anterior atau volume materi abu-abu yang tumbuh lebih besar pad bagian yang dapat menyebabkan perilaku kurang peka terhadap perasaan dan emosi.

Islula Anterior adalah daerah orak yang terlihat dalam pengenalan emosi dan empati kepada orang lain. Sebesar 19% bagian otak tersebut merupakan bagian yang tidak peka terhadap perasaan dan emosi.

Lebih lanjut, para peneliti juga mengatakan bahwa mereka tidak menemukan ciri-ciri yang serupa pada otak perempuan. Bahkan ada perempuan yang memiliki kepribadian yang sama. Dengan menggunakan Magnetic Resonance Imaging, para peneliti dimudahkan dalam melihat perkembangan terhadap perkembangan otak.

Baca juga  Penyebab Chipset Laptop Rusak yang Sering Terjadi

Penelitian yang melibatkan 189 remaja ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah sifat-sifat seperti kurang peka terhadap perasaan dan tidak emosional terkait dengan perbedaan dengan struktur otak.

Hasilnya peneliti menemukan jawaban bahwa adanya struktur otak yang berbeda antara anak perempuan dan anak laki-laki yang menentukan kepekaan terhadap perasaan dan emosi.

Peneliti juga mencatat bahwa perubahan materi abu-abu pada insula interior kemungkinan besar memiliki kaitan dengan kedewasaan seseorang.

Berdasarkan penelitian ini, pernyataan “Wanita menggunakan hati, sedangkan Pria menggunakan Otak” mungkin perlu di ubah, karena keduanya menggunakan otak ketika berkaitan dengan emosi, meski seorang wanita memang lebih perasa.

Baca juga : Wisata Aneh Yang Tak Biasa di Dunia dan Paling Banyak Diminati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here