Inilah 5 Wisata Alam Di Bandung Yang Dapat Kamu Kunjungi Bersama Keluarga

wisata alam di bandung

Siapa yang tidak kenal dengan kota Bandung? Siapa saja pasti kenal bukan. kota bandung merupakan kota metropolitan terbesar yang berada di jawa barat, dan kota ini memiliki banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Buat kamu yang belum mengujungi kota bandung, maka sekali-sekalilah kamu berkunjung ke kota ini karena ada banyak sekali obyek wisata alam di bandung yang akan memanjakan anda.

Kota bandung juga dikenal sebagai kota Kembang karena kondisi lingkungan Bandung yang nyaman dengan banyaknya pepohonan yang rindang dan serta bunga-bunga yang indah.

Bandung merupakan sebuah kota yang berada di kawasan dataran tinggi dan suhu udaranya sangat sejuk. Wisata yang cukup populer di kota bandung yang populer juga cukup banyak, tak sedikit para wisatawan asing yang berkunjung ke sana.

Buat kamu yang sedang mencari referensi tempat wisata alam di bandung yang bagus,indah, dan juga romantis berikut tempat wisata alam di bandung yang bisa kamu kunjungi.

Berikut daftar Wisata alam di bandung yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan pasangan

1. Sanghyang Heuleut

wisata alam di bandung

Sanghyang heuleut adalah tempat wisata alam di bandung yang akhir-akhir ini banyak di incar oleh kalangan wisatawan terutama anak remaja yang mencari hiburan atau hanya sekedar refreshing menikmati alam.
Obyek wisata ini tersembunyi dibalik bebatuan dengan rerimbunan pepohonan hijau di sekelilingnya. Sanghyang Heuleut ini adalah sebuah danau kecil yang dihimpit oleh bukit dan saling bersambungan membentuk dengan Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek.

Menurut mitosnya danau kecil yang berada di bandung barat ini adalah tempat mandinya para bidadari yang turun dari khayangan. Percaya atau tidak seperti pada umumnya yang terjadi di berbagai tempat wisata mempesona seperti sanghyang heuleut seringkali dihubungkan dengan beragam-ragam mitos zaman dahulu.

Jika kamu hendak berkunjung ke tempat wisata ini debaiknya kamu datang pada saat cuaca cerah dan sebaiknya memakai sepatu khusus trekking atau sendal khusus trekking yang tidak licin agar perjalanan menjadi nyaman. Hal ini dikarenakan banyaknya jalur berupa bebatuan yang terjal yang harus didaki dengan hati-hati.

2. Dusun Bambu Bandung

wisata alam di bandung

Liburan keluarga di Dusun Bambu menjadi sebuah kado yang istimewa dan terindah yang pernah ada. Keluarga dapat menikmani berbagai fasilitas ekonawisata yang dibangun dengan mementingkan konservasi alam.

Dusun Bambu menjadi salah satu destinasi unggulan di bandung dan menjadi primadona pariwisata daat ini. Lahir di tatar sunda Jawa Barat, Dusun bambu banyak menggunakan nama-nama yang lekat dengan kearifan lokal setempat misalnya tempat Glamping yang diberinama dengan Sayang Heulang, Restoran yang diberi nama dengan Burangrang yang merupakan sebuah nama gunung yang dekat dengan Dusun Bambu.

Baca juga  5 Tempat Wisata di Lembang Yang Saat Ini Populer

wisata alam di bandung

Salah satu legenda masyarakat sunda, Lutung Kasarung merupakan sebuah nama Cafe yang dibangun dengan konsep yang sangat unik. Kalian juga bisa menikmati hidangan kuliner di rumah pohon yang cantik dan ruangganya didesain dengan indah seperti sarang burung. Lokasi ini sangat cocok buat anda yang berwisata membawa keluarga. Sambil lesehan kalian juga dapat menikmati pemandangan indah gunung yang Burangrang yang indah.

Untuk ibu-ibu yang doyan belanja di Dusun Bambu ini juga disediakan tempat khusus untuk berbelanja di pasar Khatulistiwa, Dusun Bambu. Selain itu jika kamu ingin menginap kamu tidak perlu khawatir untuk mencari hotel karena di Dusun Bambu ini juga sudah ada Villa Kampung Layung yang memberikan konsep penginapan yang nyaman sekali buat pasangan ataupun keluarga.

3. Tebing Keraton

 

Tebing Keraton ini baru muncul sekitar bulan mei 2014 dan founder dari tebing keraton ini namanya adalah pak asep. Jika kalian kesana, kalian akan tahu asal muasal tebing ini karena disana ada cikal bakal Tebing keraton ini.

Banyak yang bilang bahwa tebing keraton, padahal nama aslinya sunda abiss loh “Tebing Karaton” yang memiliki arti Kemegahan Alam menurut papan iformasi yang berada disana.
Tebing keraton memiliki ketinggian sekitar 1200mdl dan memiliki pemandangan indah yaitu kamu bisa melihat hutan dari atas sini.

Disini kamu akan menemukan view dari ketinggian Bandung yang berbeda dari biasanya, Jika dari buklit moko dan sebagainya kalian bisa melihat lampu kota yang keren dimalam hari, jika disini beda banger loh. Disini kalin akan melihat pemandangan hutanya taman hutan ir.H. Juanbda dari ketinggian.

Tebing Keraton menjadi tempat destinasi wisata faforit yang pas banget untuk kamu yang ingin merilekskan diri dan menghilangkan penat.

4. Sendang Geulis Kahuripan

wisata alam di bandung

Sendang Geulis Kahuripan adalah wisata pemandian yang menyegarkan. Sumber air Sendang Geulis Kahuripan ini adalah air pegunungan asli yang membuat kepuasan tersendiri ketika kamu mandi disana. Selain menyegarkan air disini juga sangat jernih, Ditambah lagi dengan pemandangan alam sekitar yang samngat mempesona menghiasi kawasan wisata pemandian ini.

Baca juga  Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Tidak Boleh Terlewati

Sendang Geulis Kahuripan yang penduduk sekitar juga menyebutnya dengan nama Sirah Cai Kahuripan adalah mata air alami dengan penampilan cantik dan suasana alam yang masih asri. Tempat ini sekarang sangat populer sehingga mulai banyak pengunjung yang datang, yang berasal bukan hanya dari kota Bandung dan sekitarnya, tetapi juga wisatawan dari luar kota seperti jakarta.

Objek wisata yang ditawarkan oleh Sendang Geulis Kahuripan adalah tempat wisata pertama di kabupaten Bandung Barat yang menawarkan wisata air dengan latar belakang alam yang sejuk di tengah perbukitan dan sawah hijau. Bening dan kilauan air di sana sangat jernih, sehingga terlihat sangat indah dan eksotis, menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata di bandung yang dapat di-instragram.

Kegiatan wisata paling menarik dari tempat wisata ini di Cikalong wetan adalah mandi dan berendam di genangan air, dan jelas Anda akan menemukan sensasi yang berbeda jika Anda berenang di Kolam Renang di Bandung.

wisata alam di bandung

Dengan air yang warnanya sangat jernih, lalu bersih dan airnya cukup dingin, jadi ketika Anda melempar diri ke sana, perasaan segar di tubuh langsung merasakan efeknya. Bahkan, masyarakat sekitar meyakini mitos, bahwa sumber mata air geulis kahuripan yang berkhasiat dapat mempercantik menghaluskan kulit tubuh dan akan membuat lebih muda.

Sebagai tempat wisata di sekitar Lembang yang relatif baru, fasilitas wisata yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap, dan tentu saja akan semakin memanjakan pengunjung yang berlibur ke sana. Fasilitas pariwisata yang tersedia meliputi warung makan dan minuman, saung istirahat, toilet, ganti baju dan tempat parkir. bagi anda yang ingin berkunjung datang ke sini, bicarakan tentang biaya atau biaya masuk wisata ini di bandung, sangat terjangkau sekali.

Anda cukup membayar biaya masuk sebesar Rp.10.000 / orang, kemudian Anda dapat menikmati air segar di sini dan menikmati semua fasilitas wisata yang tersedia. Sendang Geulis Kahuripan terletak di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

5. Orchid Forest Cikole Bandung

wisata alam di bandung

Salah satu tujuan wisata andalan yang hadir di kota Bandung adalah Orchid Forest Cikole bahkan disebut sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia lho!.
Di area seluas 12 hektar ini, terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dan bibit anggrek di sini berasal dari negara-negara seperti Venezuela, Amerika Serikat dan bahkan peru.

Baca juga  Wisata Bukit Gajah Bobok Pesona Alam Yang Indah

Saat memasuki gerbang utama akan disajikan berbagai bunga anggrek yang telah tersusun dalam vas bunga dan juga pohon-pohon pinus yang begitu teduh dan menjulang tinggi. Area yang luas, tidak perlu khawatir jika cape, karena pengelola telah menyiapkan mobilgolf yang siap untuk berkeliling area tanpa dikenakan biaya sepeser pun. Fasilitas Orchid Forest Cikole juga cukup lengkap karena telah disediakan toilet dan mushola.

wisata alam di bandung

Selain itu, wahana di Orchid Forest Cikole juga sangat menarik. Seperti halnya Sky Bridge dan jembatan gantung yang terbuat dari tali dan kayu putih. Jika malam jembatan ini akan menyalakan lampu secara otomatis karena lampu di taman ini telah dipasangi sensor otomatis dan akan membuat suasana semakin lebih romantis. Jika pengunjung ingin naik jembatan bergoyang, pengunjung akan dikenakan biaya Rp.15 ribu per orang yang sudah termasuk penggunaan gratis fasilitas outbond seperti Flying Fox dan bermain hammock.

Selain itu, masih banyak tempat menarik untuk foto-foto seperti amphytheater, rumah pohon dan juga ada rumah kelinci. Bagi pengunjung yang merasa lapar, jangan khawatir karena di Orchid Forest Cikole ini terdapat foodcourt dan juga kafe dengan menu makanan dan berbagai macam minuman.

wisata alam di bandung

Selanjutnya, bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi tinggal di tempat terbuka, di tempat ini pengelola juga menyediakan area camping ground. Pengunjung dapat berkemah di camping ground dengan biaya Rp.450 ribu dengan kapasitas tenda untuk 4 orang. Sedangkan tenda berkapasitas 9 orang akan dikenakan biaya Rp.950 ribu per malam yang termasuk fasilitas sarapan, api unggun dan jagung bakar.

wisata alam di bandung

Untuk dapat masuk ke dalam kawasan Hutan Anggrek pengunjung akan dikenakan biaya masuk hari kerja Rp.25 ribu dan akhir pekan Rp.30 ribu dan bebas air mineral. Sedangkan untuk parkir Rp.5000 untuk mobil dan Rp.3 ribu untuk motor. Buka mulai pukul 08: 00-17: 00. Anggrek Hutan Lembang terletak di Jalan Tangkuban Perahu Raya KM.8 Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Nah Itulah 5 tempat wisata alam di bandung yang bisa kamu kunjungi saat liburan bersama keluarga atau pasangan. Selain kelima tempat wisata alam di bandung diatas tadi masih banyak juga tempat wisata alam yang tidak kalah menarik dan menyejukan.

 

Baca Juga : Berwisata ke Museum Kereta Api Ambarawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *