terakurat.comwisata-di-banyuwangi – Banyuwangi Adalah sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Letaknya berada di ujung paling timur Pulau Jawa. Tidak jauh berbeda dengan Kabupaten lainnya yang ada di Jawa Timur. Kabupaten terluas yang ada di Pulau Jawa ini, ternyata memiliki banyak tempat wisata yang menarik juga.

Bahkan, wisata-wisata yang ada Banyuwangi, juga gak kalah seru dan kekinian jika dibandingkan dengan wisata yang ada di daerah lain.

Kawah Ijen.

Wisata yang paling hits di Banyuwangi, yaitu Kawah Ijen. Gak hanya terkenal di Indonesia saja lho guys, wisata kawah ini, juga terkenal sampai ke mancanegara.

Bahkan, Taman Wisata Alam Gunung Ijen, ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh salah satu badan khusus PBB, yaitu UNESCO loh. UNESCO merupakan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, ilmu alam, kebudayaan, manusia, ilmu sosial, serta komunikasi dan informasi.

Kawah yang berada di ketinggian sekitar 2368 meter dari permukaan laut ini, memiliki sebuah fenomena langka. Yaitu fenomena api biru atau blue fire. Fenomena api biru ini, hanya bisa terjadi di dua negara, yaitu di Indonesia dan di Islandia. Yang menakjubkannya lagi, fenomena blue fire ini hanya bisa dilihat pada saat malam hari. 

Waah… Kebayang gak sih gimana cantiknya?

Tapi, menurut para peneliti dan ahli geologi yang sudah datang berkunjung ke Kawah Ijen. Mereka mengatakan waktu terbaik untuk melihat fenomena langka ini, adalah saat dini hari.

Para pendaki yang mendaki saat dini hari sangat beruntung. Mereka tidak hanya bisa melihat fenomena blue fire, namun juga bisa melihat keindahan sunrise dari puncak Gunung Ijen. Amazing bukan?

Gak cuma itu saja guys. Selain fenomena blue fire, Kawah Ijen juga memiliki keistimewaan lainnya, yaitu warna air kawahnya yang berwarna hijau Tosca. Para wisatawan bisa bebas berfoto di sekitar kawahnya, yang tentunya akan menghasilkan foto yang keren banget.

Baca juga  Keindahan Alam Yang Mempesona di Desa Tongging

Untuk bisa menikmati semua keindahan yang ada di Kawah Ijen. Kamu cuma perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000/orang untuk hari biasa, dan Rp 7.500/orang untuk weekend.

Wisata Kawah Putih ini, lokasinya berada di antara perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah.

Tidak hanya terkenal dengan wisata kawahnya saja, Banyuwangi juga terkenal dengan pantainya yang sangat indah mempesona dan juga eksostis. Pantai yang terkenal di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah.

Tempat yang satu ini memiliki banyak keunikan lho guys, salah satu diantaranya yaitu terdapat Pura. Tempat ibadah ini sering digunakan umat Hindu di sekitar pantai tersebut, untuk melakukan upacara keagamaan mekiyis.

Selain itu, pasir yang terdapat di Pantai Pulau Merah ini juga berwarna putih bersih. Terkadang juga terlihat pink atau kemerahan, tentunya menambah keunikan dari pantai ini. Pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia, ke arah selatan.

Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Pantai Pulau Merah ini. Misalnya seperti berenang, snorkling, berselancar, berkeliling pantai, atau bahkan mengunjungi pura.

Harga tiket masuknya juga murah meriah, yaitu hanya sekitar Rp 8.000,-/ orang saja. 

Lokasi Pantai Pulau Merah ini berada di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Air Terjun Jagir.

Selain terkenal dengan wisata kawah dan wisata pantainya, Banyuwangi juga terkenal dengan wisata air terjunnya yang sangat indah dan alami. Wisata air terjun yang populer di Banyuwangi adalah Air Terjun Jagir. 

Air Terjun Jagir ini cukup unik jika dibandingkan dengan air terjun lainnya. Yaitu memiliki 3 sumber mata air dan muncul dari sumber mata airnya langsung. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama air terjun Three in One. 

Masyarakat sekitar menyebutnya dengan air terjun Three in one. Berbeda dengan wisatawan yang menganggapnya sebagai air terjun kembar, karena ketiga air terjun tersebut berada di satu lokasi yang sama.

Baca juga  Inilah Pesona Keindahan Pantai Glagah Purworejo

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang berkunjung ke Air Terjun Jagir ini, tetapi juga banyak wisatawan mancanegara. Karena selain pemandangan air terjunnya yang indah, lokasinya juga berdekatan dengan wisata Kawah Ijen.

Para wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjunnya saja. Tapi juga bisa berenang di kolam renang alami yang terdapat di bawah air terjun.

Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah, yaitu hanya sebesar Rp 5.000/orang. Selain harga tiketnya yang murah meriah. Fasilitas umumnya juga sudah lumayan lengkap, seperti tersedianya mushola, warung makan, kamar mandi dan tempat parkir kendaraan. 

Lokasi Air Terjun Jagir berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Rumah Kurcaci Glenmore.

Rumah Kurcaci Glenmore adalah salah wisata yang sedang hits dan kekinian di Banyuwangi. Tempat wisata ini berkonsep sama dengan Cafe Sawah Pujon, Batu. Tempat wisata ini didirikan oleh pengelola Glen Coffe & Resto.

Para pengunjung gak cuma bisa bebas berselfie di spot-spot foto yang disediakan pihak pengelola. Tapi juga bisa menikmati makanan dan minuman yang ada di tempat wisata ini. Konsepnya menyerupai rumah yang ada di dalam film The Hobbit.

Tempatnya yang instagramable dan sejuk, akan membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di Rumah Kurcaci Glenmore ini. Selain itu,untuk bersantai dan berfoto, para wisatawan sama sekali tidak dipungut biaya. Para wisatawan hanya cukup membayar makanan dan minuman yang mereka pesan saja, serta juga membayar parkir kendaraan sebesar Rp 2000/kendaraan. 

Rumah Kurcaci Glenmore berlokasi di area Glen Coffe & Resto, yang terletak di Jln. Untung Suropati No 44 Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Hutan Pinus Songgon.

Hutan Pinus Songgon adalah salah satu wisata alam yang ada di Banyuwangi. Tempat wisata berupa hutan pinus, dengan luas 97 hektar ini, memiliki banyak obyek-obyek foto yang kece badai.

Baca juga  Tempat wisata di Yogyakarta,Spot Terbaru!

Mulai dari rumah-rumah pohon dengan ukurannya yang beragam. Hingga hammock yang menggantung di pohon-pohon pinus, untuk bersantai sambil menikmati udaranya yang sejuk.

Selain itu, juga disediakan penyewaan kuda dan mobil jeep untuk para pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar hutan pinus. Harga tiket masuknya juga murah meriah, yaitu sekitar Rp 5.000/orang, dan untuk parkir kendaraannya gratis. 

Hutan Pinus Songgon lokasinya berada di Desa Sumberbulu wilayah Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here