terakurat.comflek-hitam– Flek hitam biasanya muncul sehabis kamu memencet jerawat yang sedang meradang. Untuk menghilangkannya tentu bukanlah hal yang mudah. Noda membandel di wajah ini sudah pasti paling bikin stress karena sangat mengganggu penampilan dan bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Ada beberapa zat aktif yang bisa membantumu memudarkan flek hitam. Kamu tidak perlu gunakan semuanya, cukup pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu. Berikut zat aktif untuk memudarkan flek hitam yang harus kamu tahu!

Niacinamide.

Bahan aktif yang satu ini sudah populer dalam produk skincare, manfaatnya adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Karena bekerja untuk mencerahkan, maka Niacinamide juga bisa digunakan untuk memudarkan flek hitam yang disebabkan oleh jerawat. Zat ini juga dapat mengurangi kondisi minyak berlebih, menyamarkan tampilan pori-pori yang besar, melembapkan kulit, serta dapat menghaluskan kulit yang kasar.

Vitamin C.

Vitamin C sudah dikenal khasiatnya untuk mencerahkan kulit. Zat ini mengandung Ascorbic Acid yang berguna untuk mencegah hiperpigmentasi pada kulit wajah. Dengan begitu, kandungan yang ada dalam vitamin C bisa memudarkan flek hitam serta dapat mencerahkan kulit yang kusam. Sedangkan, kandungan antioksidannya juga mampu melindungi kulit dari risiko paparan radikal bebas sehingga bisa menambah produksi kolagen.

Retinol.

Retinol bermanfaat kulit untuk merangsang pergantian sel-sel kulit baru, menghambat peradangan, dan mengurangi luka jerawat yang mulai menggelap. Zat ini juga bisa digunakan sebagai anti-aging, loh. Penggunaan Retinol juga dapat membuat kulit kita menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi jangan lupa gunakan sunscreen saat pagi hari untuk mencegah risiko iritasi kulit.

AHA (Alpha Hydroxy Acid).

Lactic Acid, Glycolic Acid, dan Mandelic Acid termasuk ke dalam golongan AHA yang juga berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel kulit mati dengan sel kulit baru, sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Zat yang satu ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penyumbatan pri-pori.

Baca juga  Jenis Masker Wajah dan Fungsinya!

Salicylic Acid.

Zat ini biasanya sering digunakan dalam produk anti acne karena memiliki sifat anti-inflamasi dan sebagai exfoliating agent. Skincare dengan bahan aktif Salicylic Acid ini dapat digunakan jika kamu ingin mengurangi kemerahan dan meminimalisir munculnya luka pada  jaringan parut akibat jerawat meskipun masih ada jerawat aktif.

Azelaic Acid.

Azelaic Acid juga dikenal sebagai bahan aktif asam alami yang bisa mengeksfoliasi kulit, termasuk meredakan beberapa peradangan kulit seperti jerawat, hiperpigmentasi, rosacea, serta bisa juga untuk  menyamarkan luka pada jaringan parut atau bopeng ringan. Karena sifatnya mild, Azelaic Acid ini aman digunakan untuk kamu yang memiliki  kulit sensitif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here