bisnis startup

Startup Adalah Bisnis yang Baru dan Menjanjikan. Benarkah Demikian?

Bisnis startup – Dalam dunia bisnis, kita sering mendengar nama-nama baru yang bermunculan. Salah satunya adalah Startup. Karena masih baru, banyak diantara masyarakat yang belum mengetahuinya.

Pada dasarnya Startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja dibangun atau bisa dikatakan perusahaan yang masih berada dalam masa rintisan, namun tidak berlaku untuk semua bidang usaha.

Istilah Startup sendiri lebih tepat untuk ditujukan kepada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan informasi yang berkembang di dunia internet.

Sejarah Startup di Indonesia

Startup adalah kata serapan dari bahasa asing, yakni Bahasa Inggris. Kata tersebut memiliki arti sebuah tindakan atau proses memulai yang dilakukan oleh sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.

Hal ini bisa berujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi yang mana perusahaan-perusahaan tersebut baru didirikan dan masih berada dalam fase pengembangan.

Bisnis Startup sebenarnya telah ada sejak lama, yaitu sekitar akhir tahun 90an. Kaskus merupakan salah satu contoh Startup lokal yang sudah terkenal dan sukses.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Bisnis Startup ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan dunia internet. Sedangkan di Indonesia sendiri perkembangan dunia internet sedang pesat-pesatnya.

Oleh sebab itu, bisnis seperti ini mulai banyak bermunculan dan menjanjikan masa depan yang cerah bagi pemiliknya. Bahkan menurut beberapa sumber menyatakan bahwa Startup lokal saat ini sudah mencapai ribuan.

Tentu saja angka ini akan masih terus bertambah seiring dengan bertambahnya waktu dan menyeluruhnya jaringan internet yang dapat mencapai hingga ke pelosok-pelosok negeri.

Jenis dan Contoh Bisnis Startup di Indonesia

Jenis bisnis Startup di Indonesia ada beberapa ragam, diantaranya yaitu;

Baca juga  Inspirasi Usaha, Melirik Jasa Rest Area Dadakan

Pengembang aplikasi

• Zeemi.tv

Zeemi.tv adalah startup yang menawarkan layanan live streaming untuk penggunanya.

Selain itu, Zeemi.tv akan memberi kesempatan kepada penggunanya untuk menyiarkan streaming video secara langsung dan bila beruntung akan mendapatkan uang tunai.

Sistem pembayaran

• Tiket.com

Tiket.com merupakan salah satu Startup yang menawarkan jasa pembelian reservasi tiket secara online dengan mudah.

Jasa

• Gojek

Go-Jek adalah bisnis Startup yang bergerak di bidang transportasi dan jasa kurir. Startup jasa ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan di kota-kota besar.

Perdagangan

• Bukalapak

Bukalapak merupakan Startup yang menerapkan sistem pembayaran yang aman dalam bertransaksi karena penjual hanya dapat mencairkan pembayaran setelah barang diterima oleh pembeli dengan baik dan puas.

Pada dasarnya istilah Startup adalah bisnis yang sedang merintis dan berkembang. Bisnis seperti ini sedang hangat dan menggiurkan di masa depan karena hanya bermodal internet.

Siapapun yang melek teknologi internet dan punya kemauan untuk berbisnis dengan cara online bisa menggeluti bisnis Startup ini. Mungkin Anda tertarik?

baca juga artikel berikut Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *