mengatasi-gusi-bernanah– Gusi adalah jaringan lunak yang berwarna merah muda dan mempunyai fungsi sebagai tempat di mana gigi berada. Jaringan lunak ini biasanya sangat mudah terluka dan menimbulkan beberapa keluhan seperti benjolan, gusi bengkak, dan gusi bernanah. Gusi yang bernanah biasanya ditandai dengan rasa nyeri saat ditekan. Nanah pada gusi biasanya muncul sebagai reaksi alami tubuh saat mengalami peradangan akibat infeksi. Kondisi ini tidak bisa sembuh dengan sendirinya, jika tidak ditangani dengan tepat nanah bisa pecah dan menyebar ke bagian mulut lainnya sehingga menimbulkan komplikasi yang serius.

Berikut ini beberapa cara mengatasi gusi bernanah.

Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri dan Antibiotik.

Jika kamu mengalami rasa nyeri yang tidak tertahankan, kamu bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri atau paracetamol. Selan itu, kamu juga bisa mengkonsumsi antibiotik. Antibiotik mampu membasmi bakteri dan mengeringkan bagian gusi yang bernanah. Namun, sebaiknya penggunaan obat-obatan harus dengan resep dokter ya.

Berkumur Dengan Air Garam.

Garam berfungsi untuk membunuh bakteri, bahkan garam sudah dipercaya sejak dulu untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu garam juga mampu meredakan peradangan akibat infeksi sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini karena garam memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Cobalah berkumur dengan menggunakan air garam.

Kompres Dengan Es Batu.

Agar rasa nyeri dan bengkak pada gusi mereda, cobalah komprea dengan menggunakan es batu. Cara melakukannya cukup mudah, kamu bisa mengumpulkan es batu ke dalam kantung kompres atau bugkus dengan kain. Kemudian tempelkan es batu yang telah dibungkus dengan kain ke sekitar pipi yang sakit. Tahan kompresan hingga beberapa menit, lakukan sampai rasa nyerinya berkurang.

Bawang Putih.

Kamu bisa memanfaatkan bawang putih sebagai obat alami untuk mengatasi gusi bernanah. Bawang putih memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat sebaga antibakteri. Caranya mudah, kamu bisa menghaluskan beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan sedikit garam, aduk hingga merata, kemudian tempelkan dan gosok dengan pelan pada bagian gusi yang bernanah.

Baca juga  Tips Menghilangkan Panu dengan Cepat !

Mengoleskan Minyak Cengkeh.

Minyak cengkeh juga bisa menjadi bahan alami untuk mengobati gusi bernanah. Hal ini dikarenakan minyak cengkeh mengandung senyawa antibakteri juga anti-inflamasi yang dapat membantu penyembuhan dan mencegah infeksi.Selain itu, ada juga kandungan eugenol yang saat diaplikasikan pada suatu jaringan bisa memberikan sensasi yang hangat. Perlu diketahui juga bahwa cara kerja minyak cengkeh mirip dengan capsicum sehingga dapat merangsang kepekaan saraf yang ada di dekat permukaan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here