memperbaiki-sepatu-kulit– Sepatu kulit adalah salah satu fashion yang trennya sepanjang masa. Sama seperti jeans yang tidak pernah kehilangan peminatnya dari waktu ke waktu, sepatu kulit selalu punya tempat di hati para fashion enthusiast. Faktor daya tahan dan kekuatan yang dimiliki sepatu kulit menjadi alasan yang mendasari mengapa banyak orang yang menyukai jenis sepatu ini.

Namun, satu yang jadi permasalahan sepatu kulit, baik itu yang terbuat dari kulit asli atau kulit sintesis, seiring waktu sepatu kulit bisa saja robek atau mengelupas. Penyebabnya beragam. Yang paling umum adalah karena cara perawatan yang tidak tepat dan ceroboh saat menyimpan sepatu.

Merawat sepatu kulit bukanlah hal yang sulit. Tapi jika asal-asalan dalam merawatnya sepatu kulit bisa lebih cepat rusak. Kerusakan sepatu kulit biasanya ditandai dengan pengelupasan pada kulit sepatu dan permukaannya yang kasar.

Hal-hal yang menyebabkan kulit sepatu mengelupas, selain karena tergores, biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

Sinar UV.

Sinar UV merupakan musuh bagi semua barang yang berbahan kulit, termasuk sepatu. Sebaiknya hndari menyimpan sepatu kulit di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Panas dari sinar matahari bisa mengurangi kelembapan sepatu kulit.

Lebih baik simpan di lemari yang gelap dan cukup ruang. Jangan sekali-kali menumpuk sepatumu bersamaan dengan sepatu atau benda lainnya. Sepatu kulit lebih rentan rusak atau terlipat jika terkena tekanan dan goresan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan kulit sepatu terkelupas.

Hindari Suhu Lembap.

Hati-hati dengan suhu yang lembab jika tidak ingin sepatu kulitmu menjadi jamuran.

Tempat terbaik untuk menyimpan sepatu adalah tempat yang mempunyai ventilasi yang cukup sehingga sirkulasi udara mengalir dengan baik. Sebaiknya hindari menyimpan sepatu kulit dalam plastik tertutup. kantong plastik akan mempercepat kerusakan sepatu.

Baca juga  Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

Hati-hati Terhadap Goresan dan Tekanan.

Goresan atau tekanan pada sepatu kulit terkadang memang sulit dihindari. Apalagi saat sepatu sedang dikenakan. Namun, bekas goresan pada sepatu kulit bisa diminimalisasi saat menyimpan sepatu.

Setelah digunakan, bersihkan noda dan kotoran sepatu dengan menggunakan kain lap yang bersih dan lembut. Usap-usap sampai sepatu benar-benar bersih. Lalu, simpan sepatu dalam box atau rak dan jangan ditumpuk. Karena saat ditumpuk, sepatu akan mendapat tekanan sehingga menyebabkan kulit sepatu tertekuk. Kulit sepatu yang tertekuk bisa berisiko retak dan mengelupas. Apalagi jika dibiarkan dalam waktu lama dan intensitas tinggi.

Ini berlaku juga untuk sepatu kulit asli dan sepatu kulit sintetis. Kalau kamu berpikir bahwa membeli sepatu kulit sintetis lebih menguntungkan dibandingkan dengan membeli sepatu kulit asli karena sama-sama beresiko mengelupas, kamu harus mengubah pemikiran tersebut.

Kedua jenis sepatu kulit ini memang sama-sama mempunyai resiko kulit mengelupas dan retak. Namun, dari segi daya tahan, usia pakai sepatu kulit asli bisa bertahan lebih lama daripada kulit sintetis.

Lalu bagaimana jika kulit sepatu sudah terlanjur mengelupas? Berikut cara memperbaiki kulit sepatu yang mengelupas.

Sepatu kulit yang mengelupas tentu keindahannya akan berkurang. Tekstur kulit yang tadinya terlihat bagus jadi tidak indah dilihat lagi. Kalau sudah begitu, jangan terburu-buru membawanya ke bengkel sepatu. Kamu bisa kok memperbaikinya sendiri di rumah, berikut langkah-langkahnya.

Bersihkan Sepatu.

Untuk memperbaiki sepatu, pertama-tama kamu harus membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel. Gunakan kain lap bersih atau tissue. Gosokkan dengan perlahan jangan sampai kulit yang mengelupas menjadi semakin parah.

Gunakan Amplas.

Penggunaan amplas pada langkah ini adalah agar kulit sepatu dapat menempel dengan baik. Sebelum sepatu diberi lem, pertama-tama amplas bagian permukaan kulit sepatu yang mengelupas. Amplas sampai sisa kulit sepatunya terkelupas.

Baca juga  Tips Menghapus Aplikasi Bawaan pada Android

Warnai Bagian Kulit Sepatu yang Sudah Diamplas.

Warnai bagian yang dihamplas tadi dengan menggunakan marker atau spidol permanen. Sesuaikan juga dengan warna sepatu ya. Gunakan spidol permanen warna hitam jika sepatumu berwarna serupa.

Beri warna pada keseluruhan bagian yang terkelupas sampai warnanya mirip dengan warna asli sepatu kulitmu. Pewarnaan sepatu menggunakan spidol ini akan membuat warna sepatu bagian yang terkelupas terlihat merata.

Untuk sepatu kulit yang berwarna cokelat, mungkin warna spidolnya tidak akan mirip dengan warna asli sepatu. Namun, usahakan cokelatnya tidak begitu jauh dari warna cokelat sepatu kulitmu ya.

Gunakan Lap untuk Menggosok Cat Sepatu.

Celupkan lap kain pada cat sepatu, kemudian ratakan cat tersebut pada bagian yang mengelupas. Ratakan juga pada bagian depan dan kedua sisi sepatu. Pastikan semua permukaan sepatu kulit tertutupi cat sepatu sehingga warnanya menjadi sama. Terutama bagian sepatu mengelupas yang sudah diamplas tadi. Usahakan kamu membuat bagian tersebut agar tertutupi warna yang serupa.

Oleskan Shoe Goo pada Permukaan Sepatu.

Shoe goo adalah cairan seperti lem karet. Biasanya digunakan untuk memperbaiki sepatu dan bahan-bahan kulit lainnya. Oleskan Shoe Goo ke semua permukaan sepatu, terutama pada bagian yang terkelupas.

Shoe Goo bekerja dengan cara menyegel bagian permukaan sepatu kulit serta dapat melindungi lapisan bawah kulit sepatu. Dengan begitu sepatu tidak akan mudah mengelupas lagi.

Cara mengoleskan lem ini cukup mudah. Kamu hanya memerlukan kuas kecil berukuran 1,3 cm. Keluarkan isi lem dari tabung Shoe Goo. Gunakan kuas tadi untuk meratakan lemnya. Pastikan Shoe Goo dioleskan merata ke seluruh permukaan kulit sepatu. Biarkan hingga mengering, untuk memastikan lem benar-benar kering kamu bisa menyentuhnya dengan jari tangan.

Baca juga  Tips Memperbaiki Sepatu Kulit yang Mengelupas

Semprotkan Spray Sepatu Kulit.

Spray ini dapat membantu untuk merawat kulit sepatu agar tidak mudah pecah-pecah. Cara menggunakannya, setelah sepatu dibersihkan, semprotkan spray ini pada seluruh permukaan sepatu. Kemudian diamkan hingga spray meresap.

Gosok Permukaan Sepatu Dengan Cairan Perawatan Kulit Sepatu.

Agar sepatu kulit lebih awet, oleskan cairan perawatan untuk kulit sepatu agar kelembapan kulitnya tetap terjaga. Cairan serba guna ini bisa digunakan sebagai semir sepatu dan juga untuk tas kulitmu.

Gunakan produk yang terbuat dari lilin lebah madu dan mengandung minyak biji-bijian seperti biji rami dan pinus untuk menjaga sepatu kulitmu tetap lembap. Sepatu yang lembap akan jauh dari resiko kulit sepatu retak atau mengelupas.

Untuk kulit sepatu sintetis, kamu juga bisa gunakan mink oil, sejenis minyak yang terbuat dari lemak binatang cerpelai. Minyak ini dapat membuat kulit sepatu terjaga kelembapannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here