drama-korea-tentang-penulis– Kamu pecinta drama Korea bergenre romance comedy? Atau drama Korea yang menceritakan tentang profesi seorang penulis, bagaimana lika-liku kehidupannya, serta perjuangannya untuk menggapai impian. Berikut ini beberapa drama Korea tentang penulis yang sangat mengispirasi dan memotivasi hidupmu.

Full House [2004].

Drama pertama yang menjadi tonggak masuknya Korean Wave ke Indonesia ini ditayangkan pada tahun 2004-2005. Sampai begitu populernya, sampai stasiun televisi di sini menayangkan ulang beberapa kali. Bahkan sekarang di aplikasi penayang konten digital semacam Iflix dan Viu, drama ini kalau tidak salah juga masih bisa dinikmati secara gratis.

Tokohnya yang menjadi penulis ialah Han Ji-eun (diperankan Song Hye-kyo), seorang penulis naskah film (scriptwriter) yang terpaksa harus tinggal dengan aktor bertemperamen buruk Lee Young-jae (diperankan Rain). Meski saat itu terdengar masuk akal, saat ini kalau saya baca-baca lagi plotnya dan menonton, terasa absurd juga.

Apalagi saya masih ingat karier kepenulisan Han Ji-eun yang mulanya sama sekali mengecewakan kemudian bisa berakhir manis. Naskahnya diterima oleh rumah produksi. Apakah karena itu hanya karena ia bersuamikan Young-jae, seorang aktor terkenal? Tapi setidaknya serial ini membuat saya ingin menulis di sebuah rumah besar, lapang, asri di tepian danau. Alangkah idealnya studio menulis seperti itu.

Coffee House [2010].

ni drama tentang seorang penulis thriller terkenal (lagi-lagi terkenal dan muda dan tampan plus kaya raya dan modis) yang terjebak cinta masa lalu, dan dua orang wanita yang bekerja sebagai penerbitnya dan sekretaris pribadinya. Ia tipe orang yang suka berbuat sekehendak hati.

Tidak mempertimbangkan perasaan atau kepentingan orang lain. Tidak mau hadir dalam sesi penandatanganan novel barunya? Kenapa tidak pergi saja dari taksi yang dijaga ketat staf penerbitan? Gila mungkin kalau ada novelis seperti ini. Tapi soal kepribadian yang aneh dan eksentrik, saya setuju bahwa setiap penulis memiliki sisi itu. Hanya saja, tidak semua penulis memiliki wajah setampan itu.

Style [2009].

Adalah Park Gi-ja (diperankan Kim Hye-soo), seorang editor majalah fashion yang suka berperilaku seenaknya pada asistennya yang bernama Lee Seo-jung (diperankan Lee Ji-ah). Karena tuntutan finansial ia harus bertahan di majalah Style yang dikelola Gi-ja dan seorang atasan wanita lain yang tak kalah menekan padahal Lee Seo-jung ini ingin sekali menjadi penulis, tidak cuma pesuruh si editor arogan.

Ghost [2012].

Sebetulnya ini drama soal dunia maya alias internet dan hacking. Tapi jangan salah ada juga tokoh Park Gi-young (diperankan Daniel Choi) yan dikisahkan sebagai peretas yang menyamar sebagai reporter investigatif andal.  Bawahannya Choi Seung-yeon adalah seorang reporter pemula yang diremehkan Park Gi-young karena dianggap kurang berani menguak kasus di lapangan.

Dalam perkembangannya, Choi bekerjasama dengan polisi untuk mengungkap kasus pembunuhan seorang model terkenal melalui tulisannya di media daring. Di sini kentara sekali bahwa kekuatan penulis itu sangat besar dalam membentuk opini masyarakat di era digital. Apalagi jika konten itu viral dan dibaca banyak orang.

Chicago Typewriter [2017].

Drama yang mirip seperti kisah poliandri abadi lintas waktu ini mengisahkan tentang 2 orang pemuda yang terpikat oleh satu gadis cantik yang jago menembak. Dan karena dua pemuda itu berteman baik, mereka terlalu segan untuk membenci satu sama lain dan tidak sampai saling bunuh demi mendapatkan gadis pujaan bernama Ryu Soo-hyon yang diperankan Im Soo-jung di era kependudukan Jepang di Korea.

Dua pria ini bernama Shin Yul (diperankan Go Kyung-pyo) dan Seo Hui-young (Yoo Ah-in). Delapan puluh tahun berlalu dan mereka bertiga dipertemukan kembali lewat mesin ketik kuno. Intinya, mereka bereinkarnasi. Absurd. Tapi menarik dan asyik. Setidaknya dua pria ini diceritakan memiliki bakat menulis yang membuat mereka menjadi terkemuka.

Baca juga  Fakta Menarik Kartun Larva yang Jarang Diketahui.

Lagi-lagi, penulis digambarkan sebagai pekerjaan yang prestisius, bisa membuat orang kaya raya (lihat saja megahnya rumah penulis Han Se-joo yang memiliki ingatan masa lalu sebagai Seo Hui-young). Lalu penulis juga dideskripsikan sebagai pekerjaan kaum borjuis dan perlente (lihat saja karakter Yoo Jin-oh yang diperankan Go Kyung-pyo) yang mengingatkan saya pada pelopor New Journalism, Gay Talese.

Menulis adalah ritual yang membuat pelakunya mesti berbusana bagus. Tidak bisa serampangan berpakaian. Bisa jadi ada benarnya karena selama ini penulis dianggap profesi santai dan bisa dikerjakan di mana saja tanpa harus berpakaian rapi dan pergi ke kantor seperti eksekutif muda atau pekerja korporat.

Because This Is My First Life [2017]

Di sini penulis digambarkan secara lebih realistis. Tidak ada rumah mewah atau ketenaran atau harta berlimpah. Lihat saja Yoon Ji-ho (diperankan Jung So-min) yang hidupnya menyedihkan sebagai asisten penulis naskah drama. Deritanya lengkap: melajang di usia 30. Ditendang dari rumah karena adiknya yang laki-laki sudah menikah dan akan punya bayi. Ditolak permohonan kreditnya oleh bank karena berstatus pekerja lepas (yang meskipun drama-drama yang ditulisnya begitu terkenal sampai ia menyodorkan judul-judul dan foto-fotonya bersama aktor-aktor kepada teller bank, tak berhasil juga membuat permohonan kreditnya dikabulkan).

Yoon Ji Ho (Jung So Min) seorang wanita yang berprofesi sebagai freelance writer yang umurnya sudah mencapai 30-an tapi masih belum mendapatkan pekerjaan tetap dan belum punya rumah sendiri.

Dia harus keluar dari rumah orang tuanya karena adiknya yang baru menikah sehingga dia enggak bisa satu rumah dengan pengantin baru sementara dia belum pernah pacaran hingga saat ini.

Yoon Ji Ho pun sangat bekerja keras sebagai penulis pekerja lepas hingga pada suatu hari naskahnya diterima untuk dibuat jadi drama weekend.

Dia kira impiannya sudah berhasil tercapai, tapi tetap saja dia harus merasa terintimidasi karena naskah buatannya banyak diubah alur ceritanya oleh penulis naskah senior.

My Love Eun Dong [2015].

Pada th 2015 Bintang Top Ji Eun Ho (Joo Jin Mo) menyatakan bahwa ia ingin menulis otobiografinya. Ketika ia ditanya tentang pertanyaan wanita, ia mengatakan ia ingin menemukan seorang wanita, cinta sejati, yang ia belum bisa melupakan selama 20 tahun terakhir.

20 tahun yang lalu (1995), sebelum penggunaan nama artistik Eun Ho, Park Hyun Soo (Jr) pertama kali bertemu seorang gadis muda berusia 13 tahun yang hidup dengan neneknya, namun tetap bersemangat bernama Eun Dong (Lee Ja In). Ketika Hyun Soo melihat Eun Dong, ia merasa hatinya berdebar. Sayangnya, sebelum keduanya bisa mengenal lebih baik satu sama lain, mereka terpisah.

10 tahun kemudian (2005), Hyun Soo (Baek Sung Hyun) bercita-cita untuk menjadi seorang aktor tapi dia mendapat komentar ‘Meskipun tampan, ia tidak memiliki bakat di dunia akting’. Suatu hari, ia tiba-tiba bertemu Eun Dong (Yoon So Hee) di jalan. Setelah terpisah selama 10 tahun terakhir, tanpa firasat, mereka berdua jatuh cinta satu sama lain. Tetapi tiba-tiba Eun Dong menghilang tanpa kabar.

Kill Me, Heal Me [2015].

Novelis Park Seo Joon tidak suka terlalu dikerubuti penggemar tapi malah mengumbar kehidupan pribadi saudaranya untuk dipakai di novelnya. Drama ini belum saya tonton dan tampak menarik juga dinikmati.

Baca juga  Fakta Menarik Drakor It's Okay But It's Not Be Okay.

It’s Okay, That’s Love [2014].

Di sini Jo In Sung memainkan peran novelis terkenal dalam genre misteri. Seperti biasa, ia memiliki sifat eksentrik berupa OCD dan delusi.  Lalu ia jatuh cinta pada psikiater yang menanganinya.

The King of Dramas [2012].

Drama ini menampilkan Jung Ryeo Won sebagai penulis naskah drama pemula. Untuk itu ia harus bekerjasama dengan CEO dan aktor bintang yang arogan.

Ex Girlfriends Club [2015].

Byun Yo Han di sini memerankan karakter protagonis yang berprofesi sebagai penulis webtoon. Ini unik karena selama ini yang diangkat cuma penulis novel. Konflik muncul begitu karyanya difilmkan dan semua mantan pacarnya pun menjadi berang.

Temperature Of Love [2017].

Drama romance ini juga memiliki cerita mengenai seorang wanita yang berprofesi sebagai penulis. Lee Hyun Soo (Seo Hyun Jin) adalah seorang penulis yang bercita-cita ingin menjadi penulis utama naskah sebuah drama.

Dia lebih memilih untuk meniti kariernya dibandingkan memikirkan soal pacar sehingga dia belum ingin serius mejalin hubungan pacaran.

Lalu dia bertemu dengan On Jung Sun (Yang Se Jong), seorang chef yang bercita-cita menjadi chef handal. Mereka sebenarnya saling suka, tapi keegoisan Hyun Soo yang enggak mau pacaran bikin mereka berpisah selama 5 tahun.

Mereka akhirnya bertemu kembali setelah Hyun Soo berhasil menjadi penulis utama sebuah drama dan Jung sun yang sudah berhasil menjadi seorang chef.

She Was Pretty [2015].

Drama dengan genre comedy romance ini bercerita mengenai Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) yang magang di sebuah majalah fashion terkenal di Korea.

Kim Hye Jin suka nulis di buku hariannya namun dia enggak percaya diri untuk bisa menjadi penulis sungguhan.

Selain itu juga Hye Jin enggak percaya diri dengan penampilannya sehingga membutanya enggak berani untuk jujur ke wakil pemimpin redaksi majalah, Ji Sung Joon (Park Seo Joon) kalau mereka dulunya adalah sahabat kecil yang sudah bertahun-tahun enggak bertemu.

Drama ini mengajarkan kita mengenai berani untuk menjadi diri sendiri dan enggak ragu meraih cita-cita, girls.

Gogh The Story Night [2016].

Drama spesial ini bercerita mengenai Go Ho (Yuri ‘SNSD’) yang bekerja di perusahaan advertising namun dia juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai penulis di sebuah website.

Pada awalnya, Go Ho bingung cerita apa yang harus dia buat lagi karena selama ini pembaca dari ceritanya hanya sedikit, hingga ia memiliki inspirasi membuat cerita yang sesuai dengan apa yang dia alami di kantornya.

Ceritanya mengenai tipe-tipe cowok yang bisa kita temui di sebuah kantor. Karena berdasarkan pengalaman pribadi, Go Ho juga sempat dibingungkan dengan cowok-cowok yang mulai mendekatinya, termasuk mantannya yang hadir kembali dalam hidupnya.

Psycho But It’s Okay ! [2020].

mengisahkan antara pria pekerja dari bangsal psikiatri dengan seorang wanita yang mempunyai gangguan kepribadian yang anti sosial.

Kim Soo Hyun berperan sebagai Moon Kang Tae yang merupakan pekerja di bidang kesehatan yang bekerja di bangsal psikiatri. Ia mempunyai rasa simpati yang tinggi kepada orang lain.

Kelebihan lainnya juga ia miliki seperti penyabar, tubuh yang hebat, kuat, dan juga memiliki otak yang cerdas. Kemudian ia harus bekerja dan mempunyai tugas untuk menulis semua perubahan yang dialami oleh tiap pasien.

Bahkan ia juga harus siap menanggung dan menghadapi segala situasi yang tak ia duga sekalipun. Biasanya pasien yang ia hadapi sering bertengkar atau juga terkadang berkelahi hingga mencoba untuk melarikan diri. Dari pekerjaannya itu, Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) mendapatkan uang sekitar 1,8 juta won atau sekitar 1.600 USD.

Baca juga  Didik Nini Thowok, Maestro Dua Wajah.

Sedangkan Ko Moon Young yang diperankan apik oleh Seo Ye Ji dalam sinopsis drama Psycho But It’s Okay adalah wanita dengan gangguan kepribadian yang anti sosial menjadi pasien dari Moon Kang Tae tersebut.

Wanita itu memiliki kepribadian yang berbeda, namun akhirnya mereka berdua terlibat kisah cinta. Ko Moon Young adalah wanita yang memiliki profesi sebagai penulis buku cerita khusus anak-anak. Namun, ia mempunyai sifat sombong, egois, dan kasar.

Awalnya, Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) merupakan peran dari seorang lelaki yang menjadi tulang punggung keluarganya akibat kecelakaan yang merenggut kedua orang tuanya. Dia juga harus mengurus saudara laki-lakinya yang juga mengidap gangguan autisme.

Karena hal tersebut, Moon Kang Tae mengkhawatirkan tentang keuangannya yang dia rasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal itu juga membuatnya merasa putus asa karena stres dan kelelahan tentang masa depannya.

Lonely Enough To Love [2020].

Drama komedi romantis ini akan menceritakan tentang kisah sepasang muda-mudi yang ingin memiliki suatu hubugan namun bukan hubungan yang serius, melainkan main-main saja. Namun, salah satu diantara mereka sempat mengalami trauma akan hubungan masa lalunya.

Drama yang dikenal dengan judul Love Is Annoying, But I Hate Being Lonely ini dibintangi oleh sederet artis muda berbakat, seperti Ji Hyun Woo, Kim So Eun dan Keon Il. Ji Hyun Woo pernah berakting di drama Love Is Sadness, Kim So Eun pernah bermain di drama That Man Oh. Sementara Keon II sebelumnya membintangi drama Come Jang Bo Ri!.

Menceritakan tentang sepasang pemuda pemudi yang tinggal bersebelahan. Mereka memang ingin berkencan, tapi hanya untuk main-main saja alias tidak serius. Mereka tidak suka kesepian, namun ingin hidup bebas. Cha Kang Woo (Ji Hyun Woo) ialah pria lajang berusia 30-an yang bekerja sebagai psikiater. Ia sangat ingin tahu tentang manusia. Karena masa lalunya, ia menjadi memiliki trauma tersendiri akan suatu hubungan.

Lee Na Eun (Kim So Eun) ialah wanita yang bekerja sebagai copy editor lepas. Memiliki sifat lemah lembut, tapi tidak mentolerir ketidakadilan. Ia bercita-cita sebagai novelis. Karena situasi dan statusnya sekarang yang tidak memiliki kekasih selama selama 4 tahun. Ia mulai tinggal di rumah co-living dan mulai perasaan ingin memiliki seseorang.

Oh My Master ! [2021].

Menceritakan tentang kisah seorang pria bernama Han Bi Soo (Lee Min Ki). Dia tampan dan berprofesi sebagai penulis skenario untuk drama thriller terbaik di Korea Selatan. Meskipun dia sukses di bidangnya, tetapi Han Bi-so adalah seorang pria yang kesepian. Dia tak punya hubungan yang romantis dan tidak pernah memikirkan untuk berkencan.

Sampai akhirnya dia terlibat dengan seorang aktris populer bernama Oh Jo-in (Nana). Dia adalah seorang bintang terkenal yang dipanggil Master (ratu drama) dalam serial drama komedi romantis. Namun Oh Joo-in sendiri tidak pernah mengalami hubungan cinta romantis dengan pria. Sebuah keadaan membuat Oh Joo-in harus tinggal bersama Han Bi-soo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here