conditioner-untuk-rambut-rontok– Kamu mengalami kerontokan rambut yang sangat ekstrem? Pertama kmu haruis mengethui dulu apa penyebabnya. Rambut yang rontok terlalu banyak bisa membuat kamu mengalami kebotakan. Bisa bayangkan jika rambutmu banyak yang hilang dan mejadi botak?

Faktor internal, seperti keturunan dan perubahan hormonal.

Faktor keturunan merupakan faktor internal penyebab kerontokan yang tidak bisa dihindari oleh pria dan wanita. Jika pria yang mengalaminya, ia akan mengalami kerontokan hingga kebotakan mulai dari puncak kepalanya. Berbeda dengan pria, wanita akan mengalami kerontokan mulai dari penipisan rambut setelah menopause.

Ketidakstabilan hormon juga dapat menjadi penyebab rambut rontok. Hormon yang tidak stabil sering dialami oleh ibu hamil atau ketika menggunakan alat kontrasepsi. Tidak hanya hormon, stres juga dapat mengakibatkan kerontokan. Ketika hormon sudah kembali normal atau stres sudah mereda, biasanya kerontokan akan berkurang.

Di samping itu, pola makan serta diet yang tidak tepat juga berpengaruh terhadap rambut, lho! Kamu harus memastikan kecukupan asupan protein dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Waspadalah ketika kerontokan tidak juga berkurang. Bisa jadi kerontokan tersebut merupakan pertanda masalah kesehatan lainnya. Segera periksakan diri jika terjadi kerontokan yang abnormal.

Faktor eksternal, seperti alat hair styling dan polusi.

Jika kamu sering mengubah gaya rambut pasti sudah tidak asing lagi dengan alat styling bersuhu panas, seperti flat iron, curling wand, maupun hairdryer. Namun, penggunaan alat-alat itu bisa memengaruhi kesehatan rambut sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Penggunaan cat rambut serta zat-zat kimia lain yang berlebihan pun bisa jadi penyebab kerontokan. Selain itu, terlalu sering mengikat rambut dengan kencang juga membuat rambut rapuh. Masalah ini sering dialami oleh para muslimah yang berhijab. Sebaiknya, hindari mengikat rambut terlalu kencang setiap saat.

Paparan sinar matahari dan polusi juga turut menjadi penyebab rapuhnya rambut. Penyerapan sinar UV (ultraviolet) setiap hari akan mengurangi kelembapan rambut sehingga membuat rambut kering dan mudah rontok. Rambut yang sering terpapar polusi udara pun akan mengalami penurunan protein dalam sel untuk pertumbuhan rambut. Karena itu, usahakan menggunakan pelindung kepala seperti topi untuk melindungi rambut tiap kali bepergian.

Ada beberapa cara memilih conditioner untuk rambut rontok, terutama hal yang perlu kamu perhatikan adalah kandungan dan bahan-bahan di dalamnya:

Ginseng dan lidah buaya.

Penggunaan ginseng dalam pengobatan tradisional sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan senyawa ginsenosides di dalam ginseng berfungsi untuk menguatkan akar rambut. Terdapat pula  senyawa antibakteri yang dapat mengatasi ketombe penyebab gatal di kulit kepala.

Baca juga  Rekomendasi Toner Untuk Kulit Kering

Lidah buaya atau Aloe vera dikenal sebagai bahan yang efektif untuk rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Lidah buaya juga efektif dalam mengurangi masalah kulit kepala seperti gatal dan mengelupas. Kamu juga dapat menggunakan secara langsung dengan mengoleskannya pada kulit kepala dan batang rambut.

Minyak Kelapa dan Santan.

Bahan alami lainnya, yaitu minyak kelapa dan santan. Asam laurat yang terdapat pada ekstrak minyak kelapa dipercaya dapat mengikat protein dalam rambut. Protein dan lemak esensial di dalam santan dipercaya meningkatkan pertumbuhan dan mencegah kerontokan rambut.

Alpukat dan Buah Bit.

Alpukat tidak hanya enak dimakan, tetapi juga banyak mengandung protein alami yang bagus untuk rambut dan kulit kepala. Buah bit kaya akan vitamin C dan B6, folat, mangan, betaine, dan kalium, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut sehat. Selain alpukat dan buah bit, kamu bisa memilih kondisioner dengan kandungan minyak zaitun, kacang-kacangan, serta pepermin dan tea tree.

Berikut ini rekomendasi conditioner yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Natur Conditioner Moringa Oleifera & Olive Oil.

Teksturnya memberikan efek berat pada rambut. Selain menghasilkan efek shining pada rambut hitam produk dengan bahan natural ini cukup mudah ditemukn dan harganya juga terjangkau.

L’Oreal ParisSmooth Intense Conditioner.

Produk ini merupakan conditoner terbaik untuk rambut kering dan mengembang. Penggunaan argan oil untuk mengatasi rambut kusut dengan menjadikannya lembut dan halus. Disamping itu, wanginya juga enak dan teksturnya lebih light dibandingkan dengan hair mask. Perlu diingat bahwa conditioner tidak perlu digunakan dari kulit kepala. Conditioner cukup diaplikasikan mulai batang rambut sampai ujung rambut saja.

L’Oreal Paris Total Repair 5 Repairing Conditioner.

Produk ini daat membantu melawan lima tanda kerusakan pada rambut, seperti kering, kusam, rapuh, patah, dan bercabang. Formula yang disematkan pun tidak sembarangan karena mengandung ceramide, yaitu replika bahan alami rambut untuk membantu memperbaiki titik kerusakan. Tak hanya itu, formula unggulnya juga mampu merawat kekuatan batang rambut. Produk ini memiliki formula yang ringan sehingga mudah dibilas dan membuat rambut lebih mudah diatur. Aromanya juga lembut dan harganya ramah di kantong.

Watsons NATURAL’S BY WATSONS.

Kepalamu seringkali terasa kering dan gatal? Masalah kulit kepala gatal tak jarang hadir bersamaan dengan rambut rontok. Kondisioner dengan bahan lidah buaya organik ini dapat memperkuat rambut tanpa membuat kulit kepala gatal. Kondisioner ini juga mengembalikan kelembaban rambut sehingga rambut lebih lembut dan mudah diatur. Produk ini memiliki pump pada kemasannya sehingga lebih praktis.

Baca juga  Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan

TRESemmé TRESemmé Hair Fall Control Conditioner.

Jika kerontokan rambut bukan dari akarnya, atau mengarah ke rambut yang patah, cobalah TRESemmé Hair Fall Control Conditioner. Produk ini dilengkapi dengan chia seed oil dan vitamin Amino kompleks yang diklaim membantu mengurangi kerontokan rambut hingga 98%.

Hasilnya, rambut yang rentan patah akan lebih kuat hingga sepuluh kali. Agar hasil lebih maksimal kau bisa menggunakan sampoo dari rangkaian produk Hair Fall Control dari TRESemmé.

Mane ‘n Tail Mane ‘n Tail Herbal Gro Conditioner.

Merek yang sempat populer dengan samponya ini memiliki kondisioner yang dapat menutrisi rambut rontok. Mane’n Tail Herbal Gro Conditioner diformulasikan dengan kandungan olive oil untuk menguatkan dan membangun kembali rambut dari akar hingga ujung.

Kandungan Micro-enriched Protein Formula diklaim bisa mencegah kerusakan dan rambut bercabang. Rambut akan tumbuh dalam keadaan lebih kuat dan cepat panjang.

Sunsilk Sunsilk Hijab Recharge Conditioner Refresh & Hairfall Solution.

Kerontokan merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi para hijabers. Rambut yang selalu ditutupi hijab rentan terhadap bau dan rambut rapuh. Produk dari Sunsilk yang bekerja dengan dua cara ini, dikreasikan khusus untuk wanita berhijab.

Pertama, kandungan akar ginseng akan mengurangi rambut patah dan mengembalikan kekuatan rambut dari pangkalnya. Kedua, kondisioner ini dilengkapi teknologi Fragrance Release Pearl agar rambutmu jadi harum sepanjang hari.

Klorane Conditioner with Quinine and B vitamins.

Produk ini cocok untuk kamu yang peduli terhadap lingkungan. Kemasan plastik produk ini terbuat dari 55% HDPE (high-density polyethylene) yang bisa didaur ulang. Kondisioner dengan bahan utama kina (quinine) dan vitamin B kompleks ini diformulasikan untuk rambut tipis serta rentan rontok.

Selain itu, rambut akan terlihat berkilau dan lembap, serta batang rambut jadi ternutrisi. Meskipun kamu harus mengeluarkan uang lebih, kualitasnya sebanding dengan produk premium ini.

Natur Conditioner Ginseng & Olive Oil.

Natur dikenal sebagai produk yang dibuat dari bahan-bahan alami tradisional untuk menghasilkan produk berkualitas. Racikannya hampir menyerupai konsep jamu di Indonesia. Meski begitu, tak perlu khawatir! Produk ini tidak memiliki bau jamu menyengat yang banyak dihindari orang-orang. Produk ini diperkaya dengan ekstrak ginseng dan olive oil untuk membantu merawat kekuatan helai rambut.

Baca juga  Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Wajah!

Pantene Hair Fall Control 3 Minute Miracle Quantum Conditioner.

Kamu yang tinggal di perkotaan dan menggunakan transportasi umum untuk bepergian pasti tidak asing dengan polusi dan debu. Padahal, polusi dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Cegah kerontokan lebih parah dengan kondisioner dari Pantene ini.

Oleskan pada rambut setelah keramas, tunggu hingga tiga menit sebelum dibilas. Formula Pro-V (Pro Vitamin) akan menguatkan rambut dari akarnya. Rambut akan terlihat lebih bersinar dan aman walau terkena polusi.

L’Oreal Fall Resist 3X Anti-Hair Fall Conditioner.

Mengatasi rambut yang rontok tentu bukan perkara mudah. Jika kau membutuhkan kondisioner dengan multi aksi gunakanlah produk ini. Kondisioner dari L’Oreal ini diklaim melawan kerontokan dengan tiga aksi, yaitu menutrisi kulit kepala, mengurangi patah, dan memperkuat batang serta ujung rambut.

Selain itu, produk ini diperkaya dengan protein arginine, salah satu asam amino yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Produk ini juga telah diformulasikan sesuai dengan cuaca dan kondisi rambut masyarakat Indonesia.

Dove 1 Minute Super Conditioner.

Direkomendasikan untuk kamu yang sibuk dan membutuhkan kondisioner dengan waktu penggunaan singkat. Kamu hanya perlu menunggu satu menit sebelum membilasnya hingga bersih. Kondisioner yang terdiri dari kapsul serum ini diklaim dapat mengurangi 99% rambut rontok dalam satu menit. Selain itu, kondisioner ini juga menguatkan dan memperbaiki kembali rambut yang rapuh tanpa membuatnya menjadi lepek.

Head & Shoulders Supreme Anti-Hairfall Conditioner.

Kamu mempunyai masalah rambut rontok sekaligus berketombe? Sebaiknya jangan kamu lewatkan conditioner untuk rambut rontok yang satu ini. Produk yang mengandung Argan Crème dan esens alpukat ini. Kandungan argan dari Maroko dipercaya bisa memberi kelembapan alami serta menutrisi rambut.

Kondisioner ini juga dilengkapi esens alpukat dan keharuman parfum bunga yang membuat rambut wangi. Kulit kepalamu juga tidak akan terasa kering dan gatal sehingga mengurangi dan mencegah ketombe datang lagi.   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here