pemulihan-ekonomi-nasional– Perkembangan teknologi digital semakin mempermudah kehidupan. Banyak terobosan-terobosan baru membuat suatu hal yang rumit kini menjadi lebih mudah berkat teknologi-teknologi yang canggih. Hanya dengan menggunakan internet, ponsel atau laptop saja sekarang bisa menjual atau membeli sebuah barang tanpa harus mengorbankan banyak waktu dan energi hanya untuk mengunjungi tokonya.

Hal ini tentu merupakan bisnis yang smart dan cukup diandalkan terutama selama masa pandemi berlangsung. Toko-toko yang harus tutup karena adanya penyekatan dan permbatasan kegiatan bisa mulai menjual produknya melalui online shop atau E-Commerce sehingga meminimalkan keruagian yang terjadi. Sedangkan masyarakat yang yang tidak bisa bepergian karena mengalami penyekatan wilayah masih bisa berbelanja atau membeli barang tertentu yang mereka butuhkan dengan bantuan jasa pengiriman.

Jet Commerece Mengalami Peningkatan Transaksi Hingga Lima Kali Lipat Selama Pandemi.

Perusahaan E-Commerce enabler asal Indonesia Jet Commerce membukukan peningkatan transaksi bahkan hampir lima kali lipat lebih tingi dibandingkan transaksi yang terjadi sebelum pandemi. Peningkatan yang paling signifikan adalah kategori produk kesehatan dan kecantikan. Kemudian disusul dengan kategori elektronik dan pet food.

Pada kategori kecantikan transaksi paling banyak adalah produk-produk makeup dan skincare. Sedangkan untuk kategori elektronik mengalami peningkatan pada produk smartphone dan gadget. Hal ini mungkin disebabkan oleh daya beli masyarakan saat mendapat tunjangan hari raya. Selama pandemi kebanyakan orang memilih untuk belanja online daripada harus keluar rumah untuk mengunjungi toko. Berbelanja dari rumah juga memudahkan masyarakat selama masa penyekatan wilayah.

Dalam hal ini, Jet Commerce tidak hanya meningkatkan performa penjualan mitra brand melalui strategi E-Commerce secara tradisional saja. Pihaknya juga akan memperluas layanan dengan mengangkat peluang bisnis yang sedang berkembang. Menghadirkan multi-werehausing system, mengembangkan sistem Enterprise Resource Planing baru untuk E-commerce, memanfaatkan live streaming dan memperluas jangkauan melalui Multi Chanel Network.

Baca juga  Financial Technology Sebuah Terobosan Sistem Keuangan

Pemerintah Indonesia juga secara aktif melibatkan industri E-Commerce dalam program pemulihan ekonomi nasional. Bertujuan untuk mendorong tingkat konsumsi masyarakat melalui E-Commerce guna memulihkan perekonomian UMKM lokal.

Sebagaimana kita ketahui para UMKM bisa menjual produk mereka menggunakan gambar agar masyarakat bisa membelinya melalui E-Commerce. Dengan demikian dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 tidak terlalu parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here