Financial Technology Sebuah Terobosan Sistem Keuangan

financial technology adalah

Financial Technology Sebuah Terobosan Sistem Keuangan – Benarkah Fintech Adalah Inovasi Sistem Keuangan yang Dapat Mengubah Gaya Hidup Masyarakat?

Financial Technology atau Fintech merupakan salah satu yang kini sedang ramai diperbincangkan di Indonesia.

Fintech adalah salah satu bentuk penerapan teknologi informasi yang bergerak di bidang keuangan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, model-model bisnis baru terutama yang berkaitan dengan internet mulai bermunculan dan berkembang dengan pesat.

Konsep dari Financial Technology sendiri mengadaptasi dari perkembangan teknologi yang dipadukan dengan bidang finansial.

Hal ini yang membawa Fintech pada keinginan masyarakat agar Fintech dapat menghadirkan proses transaksi keuangan yang lebih modern, praktis, dan aman.

Financial technology terdiri dari beberapa kategori, seperti;

Beberapa Kategori Fintech

1. Proses pembayaran

2. Jual beli saham

3. Transfer

4. Proses peminjaman uang secara peer to peer

Benarkah Fintech Dapat Mengubah Gaya Hidup Masyarakat?

Financial Technology adalah sebuah inovasi sistem keuangan yang sangat cocok untuk era modern seperti sekarang ini.

Jadi, Financial Technology akan sangat membantu penggunanya untuk hidup dan bahkan dapat mengubah gaya hidup masyarakat.

Ada beberapa hal yang mendasari alasan kenapa Fintech dapat mengubah gaya hidup masyarakat, seperti yang dijabarkan berikut ini;

Mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat

Financial Technology dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat karena dengan adanya inovasi finansial modern ini, daya beli masyarakat akan semakin tinggi.

Sebagai bukti nyatanya adalah di kawasan Asia tenggara, Fintech mampu mengentaskan 600 juta jiwa lebih dari garis bawah kemiskinan.

Soft Space merupakan salah satu Start Up Fintech asal Malaysia yang telah berinovasi dengan menghadirkan merchant yang menerima pembayaran baik dengan kredit maupun kartu debit dengan bunga yang relatif lebih rendah.

Baca juga  Tugas HRD Perusahaan, Apa saja sih? Ayo Simak!

Membantu perkembangan bisnis baru dibidang Start Up

Dengan menjamurnya Start Up di bidang teknologi, hal itu juga memberi dampak positif pada Start Up di bidang finansial. Bukti nyatanya adalah Moneythor.

Moneythor adalah pembuat produk dengan pengalaman digital perbankan yang memiliki kelebihan yaitu kemampuannya menganalisa data dengan lebih detail dan terperinci.

Mengurangi pinjaman dengan bunga tinggi

Kehadiran Financial Technology diharapkan dapat memberikan sistem peminjaman uang dengan cara yang lebih transparan sehingga semua masyarakat memiliki hak yang sama dan berbeda dengan konsep peminjaman dari “lintah darat” yang sangat merugikan masyarakat.

Transaksi yang lebih praktis

Fintech memang diperuntukkan untuk masyarakat, jadi diharapkan konsep tersebut dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan secara modern, aman, dan juga praktis.

Pada intinya, Financial Technology adalah sebuah teknologi keuangan yang dapat membantu masyarakat, terutama Indonesia dalam mengembangkan teknologi di bidang keuangan.

Salah satu dukungan yang menjadikan Financial Technology cepat berkembang di Indonesia adalah sifat masyarakat Indonesia yang memiliki jiwa konsumtif.

Dengan Financial Technology ini, masyarakat Indonesia juga dapat merasakan keuntungannya, beberapa diantaranya adalah dapat melakukan transaksi yang lebih praktis dan menjauhkan masyarakat dari pinjaman dengan bunga tinggi yang berasal dari lintah darat.

baca juga artikel bisnis startup untuk perusahaan pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *