Gua Jepang: Potensi Wisata di Bali yang Patut Diperhitungkan!

Goa Jepang Ketika pertama kali mendengar nama ini, yakinlah kalau kamu pasti tidak akan pernah mengira jika gua ini terletak di Bali. Ya, Bali memang terkenal sebagai surga wisatanya Indonesia, bahkan salah satu yang paling recommended di dunia.

Tapi siapa sangka jika di Pulau Dewata ini juga menyimpan wisata sejarah yang patut diperhitungkan, seperti Gua Jepang. Tidak tanggung-tanggung, di Bali kamu bisa menemukan Gua Jepang tidak hanya satu atau dua, tapi 16! Tidak percaya? Menjelajah saja ke Kecamatan Banjarangkang, Kabupaten Klungkung, Proinsi Bali!

Ciri Khas Goa Jepang di Bali

 

Goa Jepang di Bali memiliki ciri khusus, diantaranya yaitu memiliki kedalaman mencapai 14 meter. Kedalaman tersebut dihubungkan oleh sebuah lorong yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai objek wisata, khususnya sejarah.

goa jepang

Sejarah Goa Jepang di Bali

Setiap tempat memiliki sejarah, apalagi ini bisa dikategorikan sebagai destinasi wisata sejarah. Goa-goa Jepang yang terdapat di Bali dibangun oleh tentara Jepang pada masa Perang Dunia Kedua, tepatnya pada tahun  1941 hingga 1942 yang awalnya sebagai tempat persembunyian para tentara dari serangan tentara sekutu.

Wayan Muliarsa selaku Perwakilan dari Balai Pelestarian Cagar Alam melihat goa-goa peninggalan Jepang ini sebagai tempat yang potensial untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Namun pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung belum mengamini untuk menindaklanjuti penataan dan menganggap goa-goa tersebut merupakan cagar budaya dari Balai pelestarian Cagar Budaya Daerah Bali, NTB dan NTT.

Selanjutnya oleh Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung menjelaskan menyangkut manajemen pengelolaan Cagar Budaya bersifat partisipatif, yaitu perlu melibatkan banyak pihak, seperti pemerintah daerah, pihak akademis, masyarakat, hingga pihak swasta. Ia menambahkan jika dilaksanakan penataan ulang objek Goa Jepang, diharapkan Badan Geologi ikut serta dalam mengembangkan dan memanfaatkan cagar budaya tersebut.

Baca juga  Gunung Sibuatan Lukisan Alam yang Memukau

Sebenarnya Goa Jepang di Bali telah direncanakan untuk dikembangkan menjadi objek wisata pada tahun 2014, akan tetapi realisasinya baru berlangsung pada tahun 2017 ini.

Kalau goa-goa ini telah resmi menjadi objek wisata, maka lengkaplah sudah Bali sebagai surganya destinasi wisata, karena di sini kamu bisa menemukan tempat wisata komplit dari mulai wisata alam, kuliner, belanja, religi, hingga sejarah. Setuju?

 

BacaJuga : INILAH BUKIT ALESANO : BUKIT BARU DI BOGOR YANG HITS TAPI PATUT DISAYANGKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *