bulu-mata-palsu- Bulu mata palsu merupakan jalan keluar bagi mereka yang merasa bulu matanya terlalu pendek atau tidak cukup penuh, bahkan setelah dibantu maskara sekalipun. Apalagi jika kamu aktif di depan kamera, di industri hiburan, atau bekerja yang dituntut harus tampil menarik di depan banyak orang, bulu mata palsu adalah suatu keharusan.

Bagi kamu yang senang berdandan pun akan merasa kurang jika tidak pakai eyelashes palsu. Coba bayangkan smoky eyes tanpa bulu mata palsu? Yang ada bulu matamu akan terlihat botak karena jomplang dengan intensnya eyeshadow di sekitar mata. Eye makeup natural pun akan terasa kurang jika kamu memiliki bulu mata yang pendek-pendek.

Belakangan ini, bulu mata palsu tersedia dalam berbagai gaya, ukuran dan jenis. Tidak semua bulu mata palsu diciptakan sama. Ada berbagai serat yang tersedia untuk dipilih, tetapi bagaimana kamu tahu mana yang terbaik? Jika digolongkan dalam skala besar, ada 2 jenis utama bulu mata palsu: strip lashes dan individual lashes. Untuk Individual lashes dibagi lagi menjadi dua yaitu flare lashes (satuan dengan beberapa helai) dan individual single lashes (satuan per satu helai).

Berdasarkan Bentuk & Fungsinya.

Pertama-tama, Kamini akan membahas berbagai macam bulu mata palsu berdasarkan bentuk dan fungsinya terlebih dahulu. Ini merupakan yang paling mudah diidentifikasi karena bentuknya jelas terlihat. Yuk, disimak.

Strip Lashes.

Tidak salah kalau bilang strip lashes merupakan bulu mata palsu yang paling populer. Baik para pemula, orang-orang biasa, hingga makeup artist profesional yang menggunakan strip lashes. Bulu mata strip hadir dalam banyak sekali gaya untuk menciptakan penampilan yang berbeda. Strip lashes juga dibuat dari berbagai bahan.

Bulu mata palsu yang paling berkualitas tinggi di pasaran saat ini terbuat dari 100% bulu mink (cerpelai). Bulu mata palsu lainnya yang tidak kalah berkualitas tinggi adalah dari bulu sable (musang kecil). Lainnya, dibuat dari rambut manusia serta bahan sintetis seperti plastik dan sutra.

Strip eyelashes yang berkualitas baik bisa digunakan berkali-kali (bahkan bisa sampai 10x) asal setelah dipakai langsung dibersihkan dari debu, sisa makeup, dan lem bulu mata, lalu disimpan baik-baik ke dalam tempatnya lagi agar bentuknya tetap melengkung. Strip lashes juga merupakan bulu mata palsu yang paling fleksibel karena dapat dipangkas agar sesuai dengan ukuran dan bentuk mata yang kamu miliki.

Untuk pemula akan membutuhkan beberapa kali latihan sebelum menyempurnakan keterampilan memasang bulu mata, sehingga sebaiknya jangan buru-buru memotong bulu mata terlalu banyak. Lakukan sedikit demi sedikit saja. Atau mungkin kamu tidak membutuhkan pemotongan lashes sama sekali karena ukurannya sudah pas dengan mata.

Individual Lashes.

Individual lashes membutuhkan skill yang lebih tinggi untuk mengaplikasikan bulu mata palsu ini. Karena, bisa dibayangkan menggunakannya jauh lebih ribet dan memakan waktu dibandingkan strip lashes. Lem bulu mata individual lashes juga berbeda dengan strip lashes, karena lashes ini membutuhkan lem yang lebih kuat. Individual lashes dibagi menjadi dua, ini dia penjelasannya.

  • Individual Flare Lashes.

Sesuai namanya, individual, lashes ini diterapkan secara individu (satu per satu), bukan sekaligus seperti strip lashes. Perbedaan individual lashes dengan strip lashes adalah lebih membantu dalam meningkatkan volume bulu mata dan untuk mengisi area bulu mata yang jarang-jarang. Lashes jenis ini lebih sering digunakan oleh penata rias.

Kelebihan lainnya dari individual flare lashes adalah setiap orang yang menerapkannya memiliki kontrol lebih besar untuk menentukan bagaimana hasil akhir yang akan terlihat. Bulu mata flare biasanya hadir dalam 3 ukuran panjang yang berbeda, yaitu pendek untuk sudut dalam mata, sedang untuk tengah mata, dan panjang untuk ekor mata.

Baca juga  Rekomendasi Pomade Lokal Terbaik

Buat layer (tumpuk beberapa individual flare lashes) untuk tampilan bulu mata yang lebih tebal atau tambahkan beberapa di sekitar bagian luar mata saja untuk membuat bulu mata terlihat lebih lebar.

  • Individual Single Lashes.

Jenis lashes satuan yang lainnya adalah Individual Single Lashes. Perbedaannya dengan strip lashes dan individual flare lashes adalah, kedua macam bulu mata palsu itu lebih pada penggunaan sementara. Sementara individual single lashes lebih sering digunakan untuk eyelash extensions (menyambung bulu mata) yang sifatnya lebih permanen (bisa bertahan mingguan bahkan bulanan).

Bulu mata tunggal biasanya diterapkan oleh seorang profesional di salon kecantikan, karena jumlah waktu dan keahlian yang dibutuhkan untuk menerapkannya benar-benar tinggi. Seperti bulu mata individu flare, mereka dapat digunakan untuk mengisi area bulu mata yang jarang dan membuat bulu mata jadi lebih penuh.

Eyelash Extension.

Ekstensi bulu mata sedang booming di Indonesia, nih! Apakah kamu termasuk orang yang melakukannya? Eyelash extension dilakukan untuk meningkatkan panjang, kelentikan, kepenuhan, dan ketebalan bulu mata alami. Ekstensi dapat dibuat dari beberapa bahan termasuk bulu, rambut sintetis, atau rambut kuda.

Memasang ekstensi bulu mata hanya dapat dilakukan oleh profesional (jangan pernah mau pergi ke tempat ekstensi abal-abal demi kesehatan mata kamu). Eyelash extension palsu juga merupakan cara termahal untuk mendapatkan mata yang indah seperti model Instagram. Bentuk bulu mata juga bisa disesuaikan dengan keinginanmu, mau yang natural atau yang dramatis. Meskipun berkali-kali lipat lebih mahal dari bulu mata palsu, ekstensi bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Kamu juga tidak perlu membuang waktu untuk memasang bulu mata palsu setiap kali berdandan. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan juga sebelum menggunakan ekstensi. Apakah mata yang kamu miliki cenderung sensitif? Jika iya, ekstensi bulu mata mungkin sebaiknya tidak kamu lakukan.

Berdasarkan Bahan Pembuatan.

Jika dilihat dari bahan dasar pembuatannya, Jenis eyelashes dibagi menjadi beberapa bagian. Mungkin yang sudah diketahui secara umum adalah bulu mata yang terbuat dari rambut asli manusia dan sintetis (plastik). Selain itu, ternyata ada cukup banyak jenis lashes, baik itu yang natural (dari makhluk hidup) dan sintetis.

Natural.

Kelebihan bulu mata natural (yang dibuat dari rambut asli) adalah hasilnya juga sangat natural, lembut, tidak nampak “palsu” sama sekali. Berikut adalah beberapa bulu mata natural yang sedang ngetrend.

Mink Eyelashes.

Bulu mata mink diambil dari hewan mamalia berwarna gelap, semi-aquatic, karnivora, dan bagian dari keluarga cerpelai, berang-berang, dan musang. Mink eyelashes sedang sangat ngetrend dipakai oleh selebriti Hollywood seperti Beyoncé, Jennifer Lopez, dan Kim Kardashian. Kenapa bulu mata cerpelai bisa begitu diminati?

Bulu mata mink terkenal karena terlihat begitu nyata dan alami. Sangat ideal bagi siapa pun yang menginginkan tampilan yang lebih alami dan ringan. Selain tersedia dalam bentuk bulu mata palsu biasa, mink juga dibuat menjadi bulu mata ekstensi.

Fitur bulu mata mink yang paling mencolok adalah bentuknya yang sangat tipis dan ringan. Sehingga kamu bisa mendapatkan look yang sangat natural, jika ingin 3D ya tinggal ditumpuk saja! Karena sangat ringan, bulu mata ini (jika dipakai sebagai ekstensi) akan lebih tahan lama karena tidak terlalu memberatkan bulu mata aslimu.

Baca juga  Masker Wajah Recomended Untuk Pria.

Akan tetapi, ada yang perlu dipertimbangkan lagi dari mink lashes. Sebagian besar merek bulu mata mink berlabelkan cruelty-free. Para produsen tersebut mengklaim mendapatkan rambut cerpelai yang dikumpulkan dengan menyikat bulu mereka atau dengan mengumpulkan rambut rontok.

Tetapi, People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) yang selalu mengekspos perlakuan tidak etis terhadap hewan dalam industri makanan, pakaian, dan kecantikan, memberikan statement kalau label cruelty-free dalam mink eyelashes itu tidak masuk akal. Para cerpelai “dipenjara” pada sangkar kawat kecil dan sempit dalam kondisi yang sangat tidak bersih dan menyedihkan.

Jadi, menurut pandangan kamu apakah para cerpelai itu menikmati dikurung dan diambil bulu-bulunya? Mungkin itu bukan hanya terjadi pada cerpelai saja tapi juga pada hewan-hewan lainnya.

Human Hair Eyelashes.

Bulu mata palsu yang dibuat dari rambut manusia adalah jenis bulu mata paling populer tepat setelah bulu mata sintetis. Tentu rasanya tidak terlalu geli menggunakan eyelash yang dibuat dari rambut asli manusia, kan? Anggap saja kamu menaruh rambut sendiri di kelopak mata.

Saat kamu menggunakan rambut manusia, maka akan menciptakan kesan yang alami. Bulu mata tipe ini biasanya sangat lembut dan nyaman dipakai. Karena rambut manusia sangat tipis dan lembut, memungkinkan band lash menjadi lebih mudah ketika diaplikasikan pada kelopak mata. Brand yang konsisten menggunakan rambut manusia untuk membuat false lashes adalah Ardel.

Sable Eyelashes.

Berasal dari bulu sable (binatang hutan yang ditemukan di banyak bagian Rusia dan Siberia), sable eyelashes benar-benar mirip dengan mink eyelashes. Satu-satunya perbedaan adalah bulu sable lebih tipis. Makanya bulu sable sering digunakan untuk ekstensi bulu mata. Sangat cocok untuk kamu yang tidak menyukai bulu mata tebal.

Horse Eyelashes.

Siapa yang akan berpikiran untuk menaruh sesuatu dari kuda ke tubuh kita? Tapi, bulu mata bulu kuda benar adanya. Produk ini nyata dan menjadi pilihan beberapa orang. Horse fur false eyelashes merupakan inovasi bulu mata palsu terbaru yang baru-baru ini jadi populer karena efek tipisnya yang ekstrem.

Jangan jijik dan takut ya, karena bulu kuda ini sudah dibeli oleh produsen bulu mata dan disterilkan sebelum diolah. Kelebihan bulu kuda adalah mudah untuk dibentuk dan dapat menahan bentuk-bentuk tertentu. Walaupun cenderung lebih awet, tentu saja bulu mata bulu kuda ini akan mengalami kerontokan, meskipun masih bisa dipakai berulang kali.

Jika kamu khawatir dengan kekejaman pada hewan yang bisa saja terjadi karena tidak semua negara memiliki undang-undang tentangnya, maka gunakanlah silk false eyelashes.

Sintetis.

Lawan dari bulu mata berbahan dasar alami adalah bulu mata sintetis. Bulu mata palsu sintetis dibuat dari campuran sintetis berkualitas tinggi yang menciptakan bulu mata palsu yang lembut dan nampak alami. Plus cruelty-free juga!!

Bulu mata sintetis adalah yang termurah. Ada harga ada barang. Bulu mata sintetis terasa lebih kasar, terlihat lebih kaku, dan ada kilau-kilaunya seperti plastik saat terkena cahaya. Belum lagi bulu mata yang terasa berat dan tidak nyaman dipakai. Tapi, jika kamu memilih bulu mata sintetis yang berkualitas, maka itu semua tidak akan terjadi padamu. Berikut adalah beberapa bulu mata palsu sintetis yang tersedia di pasaran.

Faux Mink Eyelashes.

Tidak tega dengan nasib para cerpelai tapi ingin mendapatkan bulu mata cantik ala mink? Gunakanlah faux mink eyelashes alias bulu mata palsu cerpelai tiruan. Sudah palsu, tiruan pula, hihi. Sama persis seperti bulu mata cerpelai tapi ini sintetis. False lashes ini akan memberikan tampilan dan nuansa bulu yang sama seperti mink, tetapi dengan biaya yang lebih rendah.

Baca juga  Produk Sariayu Memutihkan Wajah Alami

Mereka juga merupakan pilihan vegan yang sempurna jika kamu tidak ingin menggunakan rambut asli yang bisa saja didapatkan dari menyakiti mink. Keuntungan keren lain tentang bulu mata tiruan mink ini? Mereka tidak akan kehilangan kelentikannya walaupun terkena basah.

Silk Eyelashes.

Pilihan selanjutnya dalam bulu mata palsu sintetis ada silk eyelashes. Untuk bulu mata palsu yang lebih mewah, tentu kamu perlu memilih bulu mata palsu dari bulu mink, rambut kuda, atau rambut manusia. Tetapi, sutra juga merupakan material pembuat false lashes yang paling umum dan populer.

Kenapa ini tidak termasuk dalam list fake lashes alami? Karena memang bukan alami. Beberapa brand kadang mengaku menggunakan 100% silk, padahal hal itu sangat tidak mungkin. Mereka pasti menggunakan serat sutra berbasis sintetis, bukan benar-benar sutra asli, karena sutra asli adalah bahan yang cukup lembut dan tidak akan mampu menahan bentuk dan keriting sebagaimana bulu mata seharusnya.

Untuk daya tahan, pilihlah bulu mata palsu dari sutra ini. Kenapa? Karena bulu mata ini lebih tahan lama daripada yang berbahan dasar bulu, ideal jika kamu ingin memakainya sepanjang hari. Mink memang lebih halus. Tapi, tidak seperti sutra, mereka tidak bisa terkena basah sama sekali.

Bulu mata sutra bisa menahan lebih banyak “problem” daripada bulu mata palsu pada umumnya. Sebagai contoh, mereka cenderung lentik, tidak akan kehilangan kelentikannya walaupun terkena basah, dan tidak mudah rusak walaupun kamu pakai dan membersihkan lemnya berulang kali. Kualitas, tekstur, dan tampilan silk lashes hampir sama persis dengan faux mink lashes.

Synthetic “Plastic” Eyelashes.

Terakhir adalah bulu mata palsu sintetis yang paling original, yaitu yang terbuat dari plastik. Pada dasarnya synthetic lashes adalah jenis bulu mata palsu yang terbuat dari serat plastik buatan manusia. Bulu mata ini cenderung jauh lebih tebal dibandingkan dengan bulu mata manusia alami. Produk ini dimaksudkan untuk dibuang setelah penggunaan tunggal, jadi tidak bisa dipakai berulang.

Bulu mata sintetis biasanya merupakan bulu mata pertama yang dicoba oleh orang-orang, baik itu yang berbentuk strip atau bulu mata individu. Mungkin karena harganya yang sangat murah dan karena masih dalam tahap pengenalan dengan bulu mata palsu.

Bulu mata sintetis biasanya digunakan ketika menginginkan tampilan yang lebih dramatis atau jika sedang dalam anggaran terbatas dan membutuhkan bulu mata untuk kesempatan satu kali waktu saja. Kekurangan bulu mata ini adalah: nampak sangat tidak alami karena terlihat kaku, berat, tebal per helaiannya, dan mengilap.

Gaya dan warna bulu mata palsu yang kamu pilih akan tergantung pada preferensi pribadimu, anggaran, dan tampilan yang kamu inginkan. Memilih jenis bulu mata palsu yang tepat sangat tergantung pada tampilan yang akan kamu coba untuk dan alasan mengapa kamu mencari bulu mata palsu.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here