Apakah Keputihan Saat Hamil Itu Berbahaya? Temukan Jawabannya Di Sini!

Terakurat – Keputihan Saat Hamil, Apakah Berbahaya? – Terutama bagi Anda yang sedang hamil untuk pertama kali keputihan saat hamil mungkin akan merasa heran dan cemas saat menemukan cairan keputihan keluar dari bagian intim Anda. Baca juga tentang cefadroxil.

Apalagi intensitas keluarnya cairan tersebut akan bertambah seiring dengan umur kehamilan.

Itulah kenapa banyak sekali calon ibu muda yang bertanya tentang berbahayakah keputihan saat hamil itu? Berikut jawaban dan ulasan lengkapnya! Baca juga tentang obat sariawan.

Sejatinya keputihan itu normal baik dialami oleh wanita hamil maupun tidak asalkan cairan yang keluar dari miss V memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini;

 

keputihan saat hamil

Ciri-Ciri Keputihan Normal

• Tidak berbau busuk atau menyengat

• Tidak berair

• Tidak lengket

• Tidak berwarna kuning, coklat, atau hijau

• Tidak berlebihan

• Tidak terdapat daging yang menggumpal

Kenapa keputihan dianggap normal? Karena semua wanita pasti mengalaminya.

Keputihan sendiri terjadi karena kelenjar yang ada di dalam vagina menghasilkan suatu cairan yang justru akan sangat berguna untuk membersihkan vagina yaitu dengan cara mengeluarkan sel mati dan bakteri.

Selain itu, aktivitas pengeluaran cairan ini juga dapat melembabkan vagina.

Dalam masa kehamilan, frekuensi kehamilan justru cenderung akan mengalami peningkatan.

Ini wajar karena proses tersebut merupakan bagian dari kehamilan. Jadi, Anda tidak perlu cemas karena keputihan saat hamil adalah normal asalkan masih dalam ciri-ciri keputihan yang normal seperti yang dijelaskan di atas.

Lalu bagaimana ciri-ciri keputihan yang tidak normal saat hamil? Berikut ini ulasannya!

Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal Saat Hamil yang Perlu Diperiksakan

1. Merasakan nyeri, gatal, panas, dan bibir vagina terlihat seperti meradang. Ini menandakan Anda terserang infeksi jamur.

Baca juga  4 Penyebab Umum Telapak kaki Sakit

2. Cairan yang keluar berwarna putih keabu-abuan dan beraroma amis seperti ikan atau seperti Anda seusai melakukan hubungan badan.

3. Jika dilihat dari tampilannya dan Anda ragu apakah cairan tersebut keputihan atau air ketuban, sebaiknya segera periksa untuk memastikannya.

4. Warna cairan kuning atau bahkan hijau dengan aroma yang tidak enak. Ini bisa mengindikasi jika Anda terserang salah satu jenis penyakit menular seksual yaitu trikomoniasis.

Keputihan saat hamil merupakan hal yang lumrah dan normal asalkan cairan yang keluar dari vagina memiliki kriteria wajar seperti yang ada di point pertama.

Adapun keputihan yang patut diwaspadai saat hamil adalah keluarnya cairan yang berwarna, berbau, dan nyeri.

Jika Anda mengalami hal-hal yang menandakan keputihan tidak normal waktu hamil, segeralah periksa ke dokter atau bidan untuk memastikannya.

Baca juga artikel berikut Sakit Kepala Sebelah Kanan

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here