kuliner-korea-selatan- Seoul adalah sebuah kota di Korea Selatan yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Tempatnya yang indah menjadi target utama para wisatawan yang hendak berkunjung ke Korea. Tak hanya memiliki destinasi wisata alam dan kota yang kece seperti yang sering kita lihat dalam drama, Korea juga memiliki berbagai jenis makanan atau kuliner yang menggugah selera.

Berikut ini berbagai jenis makanan di kota seoul yang khas dan wajib kamu coba saat berkunjung.

Naeng Myeon.

Kuliner Korea Selatan yang satu ini berupa mie khas Korea yang dibuat menggunakan bahan-bahan seperti soba, kentang, dan juga ubi. Uniknya NaengMyeon dibuat manual dengan tangan sendiri lho. Naeng Myeon disajikan dengan kaldu dingin dan beberapa tambahan pelengkap lainnya seperti pir Korea, acar lobak, dan juga telur rebus. Mie unik ini awalnya merupakan makanan yang berasal dari Pyongyang, Korea Utara.

Jjampong.

Makanan khas Seoul yang paling enak yang kedua adalah kuliner pedas bernama Jjampong. Masih berupa olahan mie yang direbus dengan kaldu pedas dilengkapi dengan tambahan seafood di dalamnya. Makanan ini berasal dari peranakan Korea-Tiongkok.

Jajangmyeon.

Jajangmyeon sudah jadi makan khas Korea yang cukup populer karena sering kali muncul dalam berbagai drama Korea. Mie Korea yang satu ini cocok buat kamu yang tidak suka makanan pedas. Terbuat dari tepung gandum kemudian diaduk dengan saus kacang hitam asin dengan pilihan pelengkap daging, seafood, dan juga sayuran.

Samgyetang.

Makan khas Korea Selatan satu ini merupakan ayam utuh yang diisi dengan beras ketan dan dimasak bersama kaldu ginseng asli Korea. Biasanya ditambahkan dengan rempah lain seperti bawang putih, jahe, dan kacang ginko. Samgyetang biasanya cocok dinikmati saat musim panas.

Baca juga  Kuliner Tradisional Khas Lombok yang Wajib Kamu Cicipi

Doenjang Jjijae.

Makanan yang satu ini merupakan hidangan pokok tradisi Korea, meski begitu kamu bisa dengan mudah menemukannya di restoran-restoran yang ada di Seoul. Doenjang Jjijae adalah pasta kacang kedelai yang difermentasi dan direbus bersama sayuran dan tahu. Kuliner khas ini biasanya menjadi makanan pendamping bulgogi, galbi, dan ikan bakar.

Bibimbap.

Nasi campur khas Korea ini merupakan makanan sehat dan rasanya juga cukup lezat. Bibimbap adalah hidangan yang terdiri dari nasi hangat yang di atasnya diberi namul atau sayuran berbumbu, gochujang, diatasnya di beri telur. Sebelum menikmatinya kamu harus mencampur rata semua olahan ini menjadi satu agar rasanya lebih lezat.

Bulgogi.

Makanan ini bahan utamanya adalah daging sapi yang dipotong tipis-tipis. Daging Bulgogi di bumbui dengan bumbu khas lalu kemudian dipanggang, setelah dipanggang daging tadi di taburi dengan wijen sebagai pelengkap. Rasa bulgogi sangat lezat dan hidangan ini sudah sangat terkenal di Korea bahkan bagi para wisatawan.

Tteokbokki.

Makanan khas Korea ini dibuat dengan adonan beras halus yang dicampur Gochujang, sudah pasti rasa saus pedas manis ini sangat nikmat di lidah. Tteokbokki bisa ditemukan di warung-warung pinggir jalan hingga restoran-restoran Seoul. Bisa dikatakan makanan satu ini sangat dicintai warga Korea Selatan.

Jap Chae.

Orang Korea memang sangat suka sekali dengan olahan mie. Jap Chae adalah bihun yang berasal dari ubi, cara memasaknya dengan minyak wijen dan sayuran sebagai pelengkap. Sayuran tersebut misalnya wortel, bayam, dan juga jamur. Olahan mie ini bisa disajikan dalam 2 pilihan yaitu dingin dan hangat, sesuai selera.

Kimbap.

Kimbap adalah nasi gulung dengan rumput laut kering yang isiannya terdapat berbagai jenis bahan makanan, seperti wortel, bayam, timun, telur, dan juga daging. Kuliner Korea Selatan ini juga terkenal hingga Indonesia bahkan banyak orang mencoba memasaknya dirumah. Berbagai bahan yang mudah di dapat di pasar atau supermarket untuk pembuatan Kimbap adalah alasannya mengapa orang-orang gampang membuatnya.

Baca juga  Nasi Gudeg Jogja di Jabodetabek yang Wajib Dicoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here