4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Yang di Waspadai

sakit perut sebelah kanan

Apa Saja Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan?

TerakuratSakit perut sebelah kanan – Sakit perut adalah salah satu hal yang sering dialami oleh banyak orang, salah satunya adalah sakit perut sebelah kanan. Biasanya dikarenakan oleh beberapa gejala.

Gejala dan penyebab dari sakit perut pada setiap orang berbeda-beda. Sakit perut sebelah kanan biasanya berjalan di sepanjang pusar. Nyeri yang datang biasanya tiba-tiba dan seringkali membuat penderitanya harus masuk ke Unit Gawat Darurat.

Apa penyebab sakit perut pada sebelah kanan??

Berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan yang harus Anda ketahui dan Anda hindari.

1. Usus Buntu

Sakit perut sebelah kanan merupakan salah satu tanda dari usus buntu. Penyebabnya bisa jadi penyumbatan dan pembengkakan pada bagian perut atas.

Jika Anda mengalami hal ini, Anda harus segera mencari bantuan medis. Apalagi jika memang sudah terbukti positif mengidap radang usus buntu.

2. Batu ginjal kanan

Penyakit batu ginjal kanan ditandai dengan sakit perut pada sebelah kanan menjalar sampai ke pinggang. Rasa sakit mungkin datang silih berganti dan sangat sakit jika Anda sedang kencing.

Warna air seni pun bisa berubah menjadi merah muda. Jika Anda mengalami hal ini, Anda bisa pergi ke dokter. Ikutilah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

3. Kista Ovarium Kanan

Kista ovarium pada bagian kanan merupakan jenis tumor yang berisi cairan. Meskipun hal ini terbilang berbahaya, namun kista ovarium kanan bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun, beberapa orang sering mengalami ketidaknyamanan ketika sakit perut akibat kista ovarium kanan sedang melanda. Akhirnya, penderita harus datang ke dokter untuk mengatasinya.

4. Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar disebabkan metabolisme pada tubuh yang kurang lancar. Sembelit ditandai dengan buang air besar keras dengan frekuensi kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Baca juga  5 Tindakan Cara Pencegahan Penderita Rubella

Anda bisa mengatasinya dengan cara diet tinggi serat. Jadi, beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan tersebut memang harus dicermati.

Dengan mencermatinya, Anda bisa tahu apa sebenarnya penyakit yang Anda derita. Jika memang sakit perut pada bagian kanan sangat mengganggu, Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter.

Jangan menunggu hingga parah. Lakukanlah pengobatan dengan sesegera mungkin.

Baca juga artikel berikut Penyakit Cacar Air

1 thought on “4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Yang di Waspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: