melepas-cincin- Cincin biasanya merupakan perhiasan yang digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika cincin tersebut merupakan cincin pernikahan yang melambangkan ikatan dan hubungan sebuah pasangan yang telah menikah. Namun, seiring berjalannya waktu terkadang berat badan juga bisa mempengaruhi bentuk dan ukuran jari-jari tangan. Jari yang semula berukuran kecil bsa berubah jadi membesar dan membuat cincin menjadi sempit hingga sulit dilepaskan. Jika terus dibiarkan akan melukai kulit dan menyebabkan jari menjad lecet. Jangan panik dan takut, beberapa tips berikut ini bisa membantumu melepaskan cincin yang sempit sebelum melukai jari-jari indahmu.

Mengangkat Tangan.

Sebelum kamu melakukan cara melepas cincin yang kekecilan dengan bantuan alat atau bahan-bahan lainnya, lakukanlah hal ini terlebih dahulu. Dengan, mengangkat tangan ke atas, dengan demikian aliran darah akan turun ke jantung dengan lebih cepat. Hal ini juga bisa membantu mengurangi pembengkakan di jari-jari tangan. Tahan gerakan ini selama 5 – 10 menit tergantung parahnya pembengkakan.

Air Dingin.

Selain mengangkat tangan ke atas, cara melepas cincin yang kekecilan lainnya adalah dengan merendam jari tangan di air dingin. Kamu bisa menggunakan air keran atau pun air yang dari kulkas, tapi tidak perlu ditambah es batu, ya. Rendam jari yang bengkak di dalam air dingin selama sekitar 5 menit.

Suhu yang dingin bisa membuat jari “mengkerut” jadi lebih kurus daripada seharusnya. Hal ini dikarenakan air dingin dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Selain dengan merendam tangan dalam air dingin, mandi dengan air dingin juga bisa kamu lakukan.

Tarik.

Cara ini merupakan yang paling mudah dan simple, kamu hanya perlu memosisikan tangan yang satunya lagi di atas jari yang cincinnya mau dilepas. Lalu, cubit kulit jari yang ada di belakang atau di bawah cincin.

Baca juga  Tips Mudah Membuat Mind Map menggunakan Mindly di Android

Ketika dicubit, jari tanganmu akan tertarik ke bawah sehingga memberikan sedikit ruang pada cincin untuk bisa bergerak. Setelah itu, tarik cincin perlahan-lahan sambil terus mencubit kulit jari yang ada di bawah cincin.

Putar.

Cara melepas cincin yang kekecilan selanjutnya adalah dengan memutar cincin. Langkah ini mirip seperti cara menarik cincin di atas, tapi kali ini cincinnya dikeluarkan dengan cara diputar-putar.

Pegang erat cincin menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, lalu putar-putar sambil di tarik ke arah atas. Lakukan gerakan ini dengan lembut agar tidak menyebabkan lecet atau pun memperparah bengkak. Selain ke kanan dan ke kiri, maju-mundurkan juga cincinnya agar bisa lebih mudah keluar.

Sabun.

Cara melepas cincin yang sesak kali bisa juga dilakukan dengan menggunakan sabun. Kamu bisa menggunakan sabun apa saja, namun sebaiknya menggunakan sabun cair karna lebih mudah diaplikasikan daripada sabun batangan. Berbagai jenis sabun seperti sabun cuci tangan, sabun mandi, sabun cuci piring atau pun baju juga bisa kamu gunakan, asal bentuknya liquid.

Cukup tuangkan sabun cair secukupnya di atas cincin. Balurkan hingga merata. Kamu juga bisa menambah sedikit air untuk membuat busa. Setelah itu, tarik cincin perlahan-lahan. Jika kamu melakukan ini di atas wastafel hati-hati cincinnya terpental dan masuk ke lubang pembuangan air, ya.

Body Lotion.

Sesuatu yang licin memang sangat bagus untuk membantu melepas cincin yang kesempitan di jari. Selain sabun, kamu juga bisa menggunakan body lotion, hand cream, atau body butter untuk melepas cincin yang kesempitan di jari. Caranya mudah, tuangkan lotion secukupnya pada area cincin, lalu ratakan. Lakukan dengan relaks agar cincin lebih cepat lepas, dan lakukan perlahan saat kamu menarik cincinnya, ya.

Baca juga  Cara Melacak Smartphone yang Hilang! Tenang Jangan Panik!

Mentega / Minyak Goreng.

Kamu juga bisa melepaskan cincin yang kesempitan menggunakan bahan-bahan dari dapur lho!. Misalnya saja mentega atau minyak goreng. Kedua bahan yang biasa digunakan untuk menggoreng makanan ini juga bisa membantumu melepaskan cincin yang sudah sempit.

Minyak memiliki tekstur yang sangat licin, sehingga kamu bisa langsung menggunakannya. Tapi untuk mentega, kamu harus membuatnya jadi lembek atau jadi cair terlebih dahulu. Kamu juga bisa menyimpan mentega di tempat yang panas (dekat kompor atau belakang kulkas) agar mentega menjadi lunak dan cair. Kamu bisa juga mencairkan menteganya di atas kompor, tapi tunggu dingin dulu sebelum diaplikasikan ke jari ya guys, jangan langsung diaplikasikan saat mentega masih panas, jari tanganmu bisa melepuh dan terbakar.

Petroleum Jelly.

Petroleum jelly sudah banyak diketahui merupakan benda dengan 1001 manfaat. Benda ini bisa dipakai sebagai base riasan wajah, memperabaiki kulit kering, memanjangkan bulu mata, melebatkan alis, dan masih banyak lagi. Nah, selain beberapa manfaat tersebut petroleum jelly juga bisa dipakai untuk membentu melepaskan cincin yang kekecilan di jari tanganmu lho. Menarik bukan, selain bermanfaat melepaskan cincin yang kekecilan petroleum Jelly juga bisa bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Benang Gigi.

Cara berikut ini dilakukan dengan lumayan rumit. Kamu memerlukan benang gigi untuk melakukannya. Pertama-tama, selipkan ujung benang gigi masuk ke bawah cincin. Jika sulit, gunakan tusuk gigi, jarum, atau peniti untuk memasukannya. Kedua, lilitkan benang gigi di sekeliling jari, mulai dari bagian dalam cincin hingga ke buku-buku jari.

Ketiga, kencangkan lilitannya. Tidak perlu terlalu kencang sampai jari tanganmu membiru, asal erat saja. Keempat, lepaskan lilitan benang mulai dari pangkal jari. Sambil menarik lepas benang, cincin akan pasti akan ikut terangkat dari jari. Jika belum berhasil juga, kamu bisa mengulanginya dari awal lagi.

Baca juga  Tips Agar Tetap Aman dengan Mengunci Folder Laptop dan Komputer

Pergi Ke RS / Klinik.

Jika seluruh cara melepas cincin yang kekecilan di atas sudah dilakukan namun tetap tidak berhasil, mungkin kamu harus meminta bantuan profesional. Apalagi jika jari bengkak karena cincin sudah sangat parah hingga jarimu membiru, memerah, menghitam, atau mungkin berdarah. Segera pergi ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan sebelum terjadi infeksi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melepaskan cincin yang kesempitan dari jari tangan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here