tips-memilih-kulkas– Setiap rumah pasti membutuhkan lemari pendingin untuk menyimpan makanan agar tidak cepat basi dan rusak. Apalagi jika kamu adalah pasangan pengantin baru yang baru saja berumah tangga. Untuk menyimpan kebutuhan makanan sehari-hari tentu membutuhkan kulkas. Namun, penting untuk kamu memilih sebuah kulkas dari berbagai aspek, apalagi akan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Kamu bisa memilih kulkas dengan memperhatikan kapasitas, kemudahan dalam pemakaian, dan penggunaan energinya. Untuk lebih jelasnya yuk, simak ulasan berikut !

Memilih Kulkas Berdasarkan Kapasitas dan Kebutuhan Penggunaannya.

Kapasitas kulkas dan kebutuhan penggunaan ini dilihat dari berapa banyak orang dan gaya hidup yang biasa dilakukan. Seperti yang kita ketahui, gaya hidup dan kebiasaan masing-masing orang berbeda-beda. Begitupun dalam penggunaan yang mereka butuhkan untuk penyimpanan kebutuhan sehari-hari. Berbagai kapasitas kulkas pun tersedia berdasarkan berapa banyak kebutuhannya.

  • ≤ 150 liter, kulkas dengan kapasitas ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang jarang memasak, seperti anak kost, para pekerja yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, atau untuk penggunaan pribadi dalam ruangan khusus.
  • <200 liter, ukuran ini cukup untuk kamu yang tinggal sendirian.
  • >200, untuk keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah kapasitas kulkas seperti ini sangat cocok dan tidak terlalu memakan tempat.
  • >500 liter, kapasitas ini cukup ideal digunakan oleh keluarga besar atau kamu yang memiliki usaha. Ruang penyimpanan yang ditawarkan cukup luas sehingga kamu bisa menyimpan banyak makanan.

Cek Ukuran Ruangan di Rumah dan Arah Membuka Pintunya.

Jika kamu sudah menentukan kapasitas kulkas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selanjutnya kamu harus cek ukuran ruangan yang tersedia dirumahmu, pastikan pas atau tidaknya tempat dan ukuran kulkas yang akan kamu letakkan. Dan yang terpenting adalah kamu harus memperhatikan arah membuka pintu kulkasnya. Jangan sampai kamu tidak bisa membuka pintu kulkas karena terhalang oleh benda yang berada disekitarnya. Sebaiknya beri sedikit jarak antara kulkas dengan benda-benda yang lain. Dan sesuaikan juga arah buka pintu kulkas dengan dinding rumah.

Baca juga  Tips Tidak Mengantuk Saat Berpuasa, Memaksimalkan Aktifitas

Pahami Tentang Karakteristik Setiap Merk Kulkas.

Setiap Brand elektronik biasanya memiliki karakteristik tertentu untuk produk-produk mereka. Misalnya saja Panasonic yang dilengkapi dengan Prime Fresh Freezing, yaitu pembekuan -3 derajat Celcius. Tentu saja fitur ini sangat baik untuk membekukan ikan dan daging yang bahkan kesegarannya bisa bertahan hingga tujuh hari. Selain Panasonic juga ada LG yang menggunakan Smart ThinQ™ yang bisa mengontrol fungsi kulkas dari jarak jauh. Atau Samsung yang bisa bertahan hingga 12 jam saat listrik padam. Keunggulan dan karakteristik tersebut juga harus kamu pertimbangkan untuk mendapatkan lemari pendingin yang terbaik.

Perhatikan Penyimpanan dan Kegunaannya.

Kemudahan penyimpanan dan kegunaannya juga sangat penting, terlebih kulkas tersebut digunakan setiap hari. Kegunaan dan penyimpanan tergantung pada kecocokan individu yang menggunakannya. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu atau membaca tentang ulasan produk yang akan kamu beli di internet.

Memiliki Fitur Hemat Daya.

Kemampuan produk elektronik yang hemat energi/ Low Watt saat ini memang sangat disukai, mulai dari lampu, AC, bahkan Kulkas. Misalnya saja kulkas berteknologi Inverter, dan produk-produk lainnya yang mengclaim bisa menghemat daya hingga 49%. Teknologi ini bertujuan agar kamu bisa mengurangi pemakaian listrik dirumah. Biaya listrik yang lebih murah tentu akan sangat menguntungkan bukan? Jadi pastikan kulkas yang kamu pilih memiliki fitur Low watt/ Inverter ya …

Itulah beberapa tips memilih lemari pendingin/ kulkas sebagai tempat penyimpanan kebutuhan sehari-hari yang wajib ada di setiap rumah. Memiliki lemari pendingin juga bisa menghemat keuanganmu lho. Bayangkan jika kamu harus membeli makanan baru setiap hari karna makanan yang kamu beli sebelumnya basi atau rusak sehingga tidak memungkinkan lagi untuk dimakan. Berapa bapak uang yang akan kamu keluarkan untuk kebutuhan harian tersebut? Akan lebih baik jika kamu bisa menyimpan semua makanan-makanan itu di dalam lemari pendingin sehingga masih tetap segar dan bisa kamu konsumsi di hari berikutnya. Dengan begitu kamu tidak perlu membeli yang baru setiap hari. Hal ini tentu sangat hemat dan menguntungkan.

Baca juga  Menu Berbuka Puasa Khas Padang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here