menghilangkan-panu-dengan-cepat– Panu merupakan infeksi jamur pada kulit yang menimbulkan bercak yang lebih terang atau lebih gelap dibandingkan dengan kulit aslinya. Manu biasanya disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia yang sering ditemukan pada permukaan kulit. Biasanya jamur ini tidak menyebabkan masalah kesehatan, tapi malah melindungi tubuh dari infeksi dan pantogen lain yang bisa menyebabkan bahaya atau penyakit. Namun terkadang jamur ini bisa tumbuh tak terkendali sehingga menyebabkan warna kulit yang berbeda dengan warna kulit aslinya, seperti yang kia sebut sebagai panu.

Biasanya panu timbul karea adanya beberapa faktor tertentu seperti cuaca panas, keringat berlebihan, kulit berminyak, sistem kekebalan tubuh yang kurang baik, dan perubahan hormon. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak remaja dan dewasa, terutama saat mereka mengunjungi suatu daerah yang beriklim subtropis.

Tapi tenang saja, bukan berarti panu tidak bisa dihilangkan. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut untuk menghilangkan panu dengan cepat.

Bawang Putih.

Manfaat bawang putih memang sangat luar biasa dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan bawang putih memiliki senyawa anti-bakteri yang bisa membunuh semua jenis jamur dan kuman terutama yang ada pada kulit.

Lengkuas dan garam.

Lengkuas memiliki kandungan senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang sangat berguna untuk mengatasi bakteri dan jamur, lengkuas juga telah banyak digunakan  oleh nenek moyang kita sejak dulu dan ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit kulit seperti panu.

Belimbing wuluh dan kapur sirih.

Kolaborasi belimbing wuluh dan kapur sirih  bisa menjadi bahan yang sangat efektif dan ampuh untuk mengatasi panu dan jamur. Caranya kamu bisa menumbuk belimbing wuluh hingga halus lalu campur dengan kapur sirih secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian panu hingga merata, tunggu sampai mengering. Lalu bilas menggunakan air bersih.

Baca juga  Manfaat Pola Hidup Sehat yang Harus di Biasakan Setiap Hari

Jeruk Nipis dan belerang.

Ekstrak vitamin C yang ada pada jeruk nipis dan kandungan mineral pada belerang sangat ampuh membunuh kuman dan jamur. Untuk menghilangkan panu menggunakan bahan alami ini, kamu bisa menghaluskan belerang secukupnya. Lalu campurkan dengan perasan air jeruk nipis, kemudian aduk sampai rata dan oleskan pada bagian panu. Lakukanlah secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari, maka panu akan cepat hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here