menghilangkan-bau-ketiak– Bau ketiak bisa membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri.┬áBau tidak sedap yang keluar dari ketiak itu tentu sangat mengganggu dan membuat orang-orang yang berada disekitar anda menjadi tidak nyaman. Tubuh yang bau juga akan mencerminkan seseorang tidak bisa menjaga kebersihan dirinya.

Melansir dari laman Health Line, penyebab bau ketiak adalah bakteri yang memecah protein di keringat dan mengubahnya menjadi zat asam. Saat tubuh memanas, kelenjar ekrin di kulit secara normal melepaskan keringat untuk mendinginkan tubuh.

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh dengan konsentrasi kelenjar apokrin yang besar, sehingga lebih rentan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Cairan ini mulai menimbulkan bau saat bersentuhan dengan bakteri pada kulit. Kelenjar-kelenjar ini diketahui akan mulai bekerja saat pubertas, itulah sebabnya bau ketiak mulai muncul saat seseorang mulai menginjak usia remaja.

Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan bau ketiak dari tubuhmu:

Menjaga Kebersihan Ketiak.

Menjaga kebersihan ketiak merupakan hal yang paling utama untuk menghilangkan bau. Sebaiknya gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan ketiakmu. Tindakan tersebut dapat mengurangi jumlah bakteri pengurai yang menyebabkan bau asam dan tidak sedap di tubuhmu.

Kamu juga bisa konsisten melakukan rutinitas sederhana seperti mandi minimal 2 kali sehari. Jangan biarkan keringat menumpuk dan menjadi tempat bersarangnya bakteri-bakteri yang menyebabkan bau badan.

Memakai Deodoran.

Praktisnya kamu juga bisa langsung menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan deodorant. Sebaiknya kamu membersihkan terlebih dahulu ketiakmu menggunakan air bersih dan sabun antibakteri. Jangan mengoleskan atau menyemprotkan deodorant langsung pada ketiak yang kotor hanya akan membuat ketiak semakin menimbulkan bau yang tidak sedap.

Memakai deodorant merupakan cara cepat dan instant menghilangkan bau ketiak, Jika kamu harus pergi ke acara yang mendatangkan banyak orang, sebaiknya kamu menggunakan deodorant untuk membuat orang orang disekitarmu tetap merasa nyaman. Namun jika kamu menderita hiperhidrosis yang memproduksi keringat terlalu banyak, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk menggunakan produk yang aman.

Baca juga  Tips Menghilangkan Hitam Di Leher Menggunakan Bahan Alami

Mencukur Bulu Ketiak.

Penguapan keringat bisa terhambat karena banyaknya bulu rambut yang tumbuh di ketiak, sehingga membuat ketiak lebih mudah menimbulkan bau yang tidak sedap. Sebaiknya rutinlah mencukur atau membersihkan bulu ketiak agar lebih bersih dan tidak menimbulkan bau.

Pakai Pakaian Berbahan Serabut Natural.

Pakaian berbahan wol, sutra, dan katun bisa memberikan ruang bernapas untuk kulit. Dengan begitu, menggunakan pakaian berbahan ini bisa membuat keringat menguap lebih baik dan mengurangi risiko terjadinya bau ketiak. 

Selain itu, cucilah baju dengan rutin karena pemakaian baju yang kotor akan membuat kamu merasa tidak nyaman dan membuat bakteri semakin berkembang biak. Sebaiknya kamu selalu menggunakan pakaian yang bersih sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak yang tidak sedap.

Kurangi Makanan Pedas.

Makanan yang mengandung kari, bawang-bawangan, dan lainnya dapat meningkatkan potensi bau ketiak yang lebih tajam. Maka dari itu, atur jadwal makan Anda sehingga tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung rempah dan pedas. Beberapa ahli juga berpandangan bahwa mengontrol asupan daging merah dapat menurunkan risiko bau badan tidak sedap.

Hindari Stres.

Stres bisa menyebabkan kelenjar keringat memproduksi keringat biang bau ketiak. Maka dari itu, diperlukan manajemen stres dan teknik pengurangan kecemasan sebagai bagian dari cara menghilangkan bau ketiak tak sedap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here