menghilangkan-jerawat-batu– Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu dan pasti dialami oleh setiap orang. Faktor penyebab jerawat sangat bermacam-macam. Bisa saja karena stres, kurang menjaga kebersihan wajah, alergi terhadap makanan tertentu, iritasi, hormon dan berbagai banyak lagi penyebabnya. Jenis-jenis jerawat juga beraneka ragam. Mulai dari jerawat hormonal, jerawat batu, fungal acne, jerawat pasir dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, cara merawat dan menghilangkan jerawat juga harus berdasarkan pada jenisnya. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan treatment terhadap jerawat karena nantinya akan menimbulkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, kamu tentu harus melakukan perawatan ekstra terhadap wajah. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat batu pada wajah:

Bersihkan Wajah Secara Rutin.

Langkah yang pertama kamu harus rajin membersihkan wajah secara rutin. Terutama saat kamu habis bepergian atau beraktivitas seharian di luar ruangan. Kamu harus melakukan langkah-langkah yang benar saat membersihkan wajah, yaitu dengan metode double atau triple cleanser.

Tidur dengan wajah yang masih kotor tentu dapat memperburuk kondisi kulitmu. Polusi, kuman serta bakteri dari luar dan dari produk makeup yang menempel pada wajah bisa menyumbat pori-pori dan menghasilkan jerawat serta komedo. Selain itu kulit juga akan menjadi kasar dan kusam jika tidak dibersihkan dengan benar. Namun jika kamu tidur dalam keadaan kulit yang bersih akan membantu kulit untuk bernapas.

Gunakan Produk Berbahan Retinoid

Cara mengghilangkan jerawat batu yang kedua dengan menggunakan obat jerawat yang mengandung bahan retinoid. Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang sering diresepkan oleh para dokter untuk menangani masalah jerawat batu.

Retinoid memiliki sifat anti-aging, mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat, sekaligus mendukung obat antibiotik untuk dapat bekerja secara maksimal. Hal ini dikarenakan retinoid memiliki cara kerja yang dapat mempercepat pembaruan sel-sel kulit.

Baca juga  Tips Memilih Krim Pemutih !

Terdapat empat jenis retinoid yang biasa digunakan sebagai bahan kandungan skincare, yaitu retinol, adapalene, isotretinoin, dan tretinoin.

Gunakan Benzoyl Peroxide Sebagai Spot Treatment

Cara menghilangkan jerawat batu yang ketiga adalah dengan melakukan spot treatment. Spot treatment adalah cara pengobatan totol yang hanya berfokus pada area berjerawat saja. Salah satu obat jerawat totol yang bisa digunakan untuk jerawat batu adalah produk yang mengandung benzoyl peroxide.

Benzoyl peroxide sendiri adalah bahan kimia yang memiliki daya penetrasi tinggi, sehingga mampu menembus lapisan kulit dan karenanya zat ini bisa mengempeskan jerawat batu.

Namun perlu diperhatikan bahwa benzoyl peroxide juga salah satu bahan anti-bakterial yang cukup keras sehingga terkadang kurang ramah pada kulit, terutama yang memiliki kulit sensitif. Maka Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya. Oleskan atau totolkan hanya pada bagian yang berjerawat dengan menggunakan cotton bud.

Selalu Gunakan Pelembap.

Cara menghilangkan jerawat batu yang ke empat adalah dengan rajin menggunakan pelembap pada wajah. Jenis kulit berminyak adalah jenis kulit yang paling banyak mengalami masalah jerawat. Terkadang pemilik jenis kulit ini merasa malas atau kurang perlu menggunakan pelembap karena kondisi kulitnya yang sudah berminyak dan cukup lengket.

Namun, ini bukanlah alasan Anda dapat mengabaikan penggunaan pelembap. Tidak semua pelembap membuat kulit menjadi lebih greasy atau berminyak. Anda harus bisa menemukan produk pelembap yang tepat dengan kondisi kulit wajah, karena wajah yang berminyak pun butuh hidrasi. Jika kondisi kulit Anda kering, jerawat dan bekasnya malah akan cenederung susah untuk hilang.

Saat ini telah banyak tersedia produk pelembap dengan klaim oil-free dan non-comedogenic yang bisa Anda coba gunakan. Pelembap jeis ini dapat membantu wajah tetap sehat dan mencegah produksi minyak yang berlebihan.

Baca juga  Manfaat Bayam Untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Kompres Dengan Es Batu.

Cara menghilangkan jerawat batu yang kelima adalah dengan mengompresnya menggunakan es batu. Ini adalah salah satu cara alami dalam hal mengatasi masalah jerawat dalam semalam dan paling sering dipraktikkan di rumah. 

Suhu dingin es batu dapat membantu meredakan peradangan dan tampilan kemerahan pada kulit yang berjerawat. Anda bisa membungkus es batu menggunakan kain atau handuk kecil yang bersih, lalu kompreslah jerawat batu Anda dengannya.

Tempelkan kompres dan tekan-tekan secara perlahan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan menghilang dari area yang berjerawat. Dan pastikan Anda telah membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengompresnya.

Obat Isotretinoin.

Cara menghilangkan jerawat batu yang keenam adalah dengan mengonsumsi obat isotretinoin. Namun untuk mengonsumsinya, pertama-tama Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter kulit atau spkk. Hal ini karena obat isotretinoin dapat berisiko menimbulkan beberapa efek samping yang cukup serius pada tubuh.

Obat ini dapat membantu menghilangkan jerawat batu yang membandel di kulit secara permanen dan tuntas. Isotretinoin sendiri berfungsi untuk menekan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengurangi peradangan.

Ganti Sprei Secara Teratur.

Cara menghilangkan jerawat batu yang ketujuh adalah dengan memperhatikan kebersihan barang-barang di sekitar Anda terutama yang bersentuhan langsung dengan kulit. Sprei adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan betul kebersihannya dan harus sering-sering diganti minimal dua minggu sekali. Kondisi sprei yang kotor dapat membuat kulit rentan berjerawat, dan memperparah kulit yang memang sudah berjerawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here