Bawang Merah Bawang Putih adalah dongeng populer Melayu Indonesia yang berasal dari Riau. Kisah ini bercerita tentang dua orang gadis cantik kakak beradik memiliki sifat dan perangai yang sangat berbeda dan bertolak belakang, serta tentang seorang ibu tiri yang tidak adil dan pilih kasih.

Dongeng ini memiliki pesan moral yang hampir sama dengan dongeng Cinderella yang datang dari Eropa. Namun, siapa sangka dalam dunia tumbuh-tumbuhan, bawang merah dan bawang putih ini memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan bawang merah dan bawang putih :

BAWANG MERAH.

tribunnews.com

1. Meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat bawang merah yang pertama adalah membuat jantung menjadi lebih sehat. Bawang merah mentah mampu membuka arteri yang tertutup serta mengontrol tekanan darah tinggi. Inilah sebabnya, konsumsi bawang merah secara teratur mampu mencegah datangnya penyakit jantung koroner.

2. Untuk menjaga tingkat kolesterol.

Khasiat bawang merah selanjutnya adalah untuk menjaga tingkat kolesterol. Bawang merah mengandung sulfur asam amino dan methylallyl sylfida yang bagus untuk mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Mencegah perkembangan sel kanker.

Bukan hanya bagus untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, konsumsi bawang merah juga bermanfaat dalam mengobati jenis penyakit berbahaya sekalipun. Bawang merah memiliki kandungan belerang yang mampu mencegah kanker prostat serta munculnya sel kanker. Bumbu dapur yang satu ini juga dapat digunakan untuk melindungi kolon, perut, juga dada.

4. Untuk mengatasi sembelit.

Bawang merah memiliki kandungan serat yang bagus untuk menghilangkan racun serta kotoran keras yang melekat di usus. Alhasil, konsumsi bawang merah bagus dalam melancarkan pencernaan dan mampu mengatasi sembelit yang mengganggu.

5. Untuk membuat tenggorokan lebih lega.

Khasiat bawang merah selanjutnya adalah untuk melegakan tenggorokan. Untuk Anda yang merasa tenggorokannya sakit, Anda bisa membuat jus bawang merah untuk dikonsumsi. Dengan demikian, tenggorokan yang sakit karena pilek dan batuk bisa lebih terasa nyaman. Untuk menambah cita rasa dari jus ini, Anda bisa menambahkan madu atau gula jawa ke dalamnya.

Baca juga  Khasiat Chamomile Tea.

6. Untuk mengontrol diabetes.

Manfaat bawang merah selanjutnya didapat dari kandungan flavonoid yang bermanfaat dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat flavonoid adalah untuk mengontrol diabetes. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan jika konsumsi jenis bawang ini bagus dalam meningkatkan produksi insulin, serta membantu mengontrol berat badan yang berhubungan dengan penyakit diabetes.

Ada sifat tertentu dari bawang merah yang bagus untuk merangsang sekresi insulin yang berguna dalam menurunkan respon inflamasi terkait dengan penyakit gula ini.

7. Detoksifikasi.

Konsumsi bawang merah bisa meningkatkan sirkulasi darah yang berperan penting dalam membuang racun dalam aliran darah. Dengan demikian, bawang merah menjadi salah satu cara membuang racun dari aliran darah dan membantu terjadinya proses detoksifikasi. Manfaat bawang merah yang juga tak bisa diremehkan adalah mampu menstimulasi enzim pencernaan dalam tubuh.

8. Untuk meningkatkan sistem imunitas.

Khasiat bawang merah lainnya adalah bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang merah juga memiliki efek antioksidan yang berperan dalam melawan penyakit serta infeksi umum. Beberapa penyakit yang dimaksud antara lain adalah flu, demam, bronkitis dan pilek.

9. Untuk meningkatkan kesehatan otak.

Alasan kenapa bawang merah bisa meningkatkan kesehatan otak karena kandungan folatnya. Folat adalah satu dari 8 vitamin B yang berkontribusi dalam kesehatan mental dan juga emosional. Kandungan sehat ini juga bagus dalam melindungi RNA dan DNA yang terdapat di dalam tubuh. Bawang merah memiliki nutrisi penting lainnya yakni zat besi. Zat ini juga bagus untuk fungsi otak.

Terdapat pula senyawa lain berupa pyithione yang berperan dalam melawan peradangan otak serta meningkatkan neurologis. Sifat anti radang yang terdapat dalam bawang merah juga bagus dalam mencegah datangnya alzheimer serta menenangkan saraf serta mengobati iritasi pada saraf.

Baca juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

10. Bagus untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Khasiat bawang merah yang terakhir adalah bagus untuk meningkatkan kesehatan tulang. Wanita pra dan pascamenopause bisa mengonsumsi bawang merah untuk meningkatkan kepadatan tulangnya. Anda yang mengonsumsi bumbu dapur ini sekali dalam sehari atau lebih dapat memiliki kepadatan tulang lebih besar daripada yang tidak mengonsumsinya sebanyak 5 persen. Manfaat bawang merah juga bagus dalam membantu mencegah osteoporosis serta meningkatkan kesehatan gigi.

BAWANG PUTIH.

parenting.orami.co.id

1. Mengobati Batuk.

Bawang putih bisa digunakan untuk meredakan batuk kering yang disertai rasa gatal pada tenggorokan. Kandungan anti-bakteri dan antioksidan pada bawang putih mampu mengatasi batuk dengan sangat ampuh.

Anda bisa mengonsumsinya secara mentah dibarengi dengan sayuran ketika makan supaya tidak mual karena baunya. Namun, Anda juga bisa menggeprek satu siung bawang putih, kemudian seduh dengan air panas. Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami. Minum air seduhan bawang putih dalam keadaan hangat kuku untuk meredakan batuk lebih efektif. Meski rasanya tidak enak, bahan dapur ini cukup ampuh untuk mengatasi batuk kering secara cepat.

2. Mengobati Sakit Gigi.

Bawang putih bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Bahan dapur ini memang terkenal sebagai penyedap masakan. Namun, ternyata bawang putih juga bisa mengatasi sakit gigi. Bawang putih memiliki kandungan bersifat antiseptik untuk melepas alicin dan menghasilkan minyak alami yang berperan melawan bakteri.

Caranya, Anda bisa mengunyah bawang putih secara langsung, tetapi jangan ditelan. Setelah itu, kumur-kumur dengan air hangat dan minum susu murni untuk menghilangkan aroma baunya. Selain bawang putih, bawang merah juga mengandung anti-mikrobial dan antiseptik yang mampu meredakan rasa nyeri akibat gigi berlubang.

Jika tak ingin mengunyah secara mentah, Anda bisa menghaluskan bawang merah dan ditempel ke bagian gigi yang sakit. Hal itu dikarenakan bawang merah memiliki sifat panas dan pedas ketimbang bawang putih.

Baca juga  7 Jenis Makanan Penambah Darah Untuk Atasi Anemia

3. Mengatasi Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi.

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah mengatasi diabetes. Beberapa hasil penelitian membuktikan mengonsumsi 2-3 siung bawang putih secara teratur bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Senyawa Allicin, vitamin B, dan thiamine dalam bawang putih bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

Selain menurunkan kadar gula darah, bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Bumbu masakan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi rutin setiap hari bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

4. Mencegah Kanker.

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat tinggi. Salah satunya adalah mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker paru-paru, kanker kelenjar getah bening, dan kanker kulit. Bahan alami ini memiliki sifat anti-radang dan anti-mikroba.

Kandungan tersebut berperan penting dalam membasmi sel kanker dari dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah untuk membasmi sel kanker dari dalam tubuh. Sementara untuk kulit, Anda perlu menghaluskan bawang putih dan dioleskan pada tubuh.

5. Obat Sakit Tenggorokan dan Sariawan.

Bawang putih mentah dapat mengatasi radang tenggorokan dan sariawan. Caranya, Anda bisa mengunyah satu butir bawang putih mentah secara langsung. Meski memiliki bau yang khas dan tidak disukai oleh banyak orang, bawang putih mampu mengatasi masalah panas dalam.

Manfaat ini dikarenakan bawang putih mengandung antibiotik yang bisa membantu menyembuhkan segala peradangan, termasuk pada tenggorokan dan sariawan. Jika tak suka dengan baunya, Anda bisa memakan permen selepas mengonsumsi bawang putih. Anda juga bisa meminum susu atau mengonsumsi cokelat untuk menghilangkan bau mulut akibat bawang putih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here