Penyakit Gondongan , Penyebab dan Cara Pengobatan

penyakit gondongan

Apa Saja Gejala dan Penyebab Penyakit Gondongan?

Terakurat – Penyakit gondongan adalah sebuah penyakit di mana kalenjar parotis atau kalenjar yang memproduksi air liur membengkak. Pembengkakan ini tidak terjadi begitu saja, namun karena adanya virus.

Orang-orang yang mengalami penyakit gondongan ini biasanya beberapa sisi wajahnya akan terlihat lebih besar. Siapa sangka, penyakit ini ternyata merupakan jenis penyakit menular. Baca juga tentang cefadroxil.

penyakit gondongan

Penyebab Gondongan

Penyakit ini disebabkan oleh virus dari keluarga paramyxovirus yang proses penyebarannya hampir mirip dengan virus yang menyebabkan flu. Baca juga tentang obat sariawan.

Penyebaran virus juga terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung. Pemakaian benda seperti gelas yang telah dipakai oleh pengidap penyakit ini akan menyebabkan tertularnya virus.

Virus penyakit gondongan ini awal mulanya akan masuk ke sistem pernapasan, kemudian menginfeksi kalenjar parotid dan menyebarkannya di daerah tersebut. Tenang saja, masa inkubasi virus ini adalah 14 hari.

Baca juga: penyebab jerawat di dagu

Gejala

Gejala penyakit gondongan ini biasanya terdeteksi dengan mudah karena kemajuan teknologi. Beberapa gejala sebelum penyakit ini menginkubasi adalah demam, nyeri sendi, sakit perut, lelah serta sakit kepala.

Setidaknya dibutuhkan waktu inkubasi selama satu minggu sebelum menunjukkan tanda terkena penyakit ini.

Biasanya nyeri karena penderita sudah mulai mengalami kesulitan dalam menelan makanan serta nyeri pada wajah membuat lebih jelas jenis penyakitnya.

Pengobatan

Sampai saat ini, obat khusus untuk mengatasi penyakit gondongan belum ada. Pada dasarnya, penyakit ini akan pergi jika telah berhasil dilumpuhkan oleh sebuah obat.

Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pengobatan ini.

Jika Anda mengalaminya, maka lakukan beberapa langkah berikut ini. Yang pertama adalah dengan mengompres bagian bengkak dan terasa sakit.

Baca juga  Tips Sederhana Cara Merawat Vagina

Kemudian dianjurkan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya. Sekarang ini, mendapatkan kesehatan sekaligus kecantikan banyak yang dijadikan satu bangunan.

Perlu diketahui bahwa jika dalam waktu 1-2 minggu sudah membaik, tidak perlu ke dokter.

Namun jika beberapa obat itu tidak bekerja, tidurlah lebih awal. Temui dokter jika memang tidak ada perubahan lebih lanjut.

Komplikasi gondongan

Virus penyakit gondongan ini tidak hanya menginfeksi satu kalenjar saja, namun bisa memengaruhi bengkaknya kalenjar lain.

Seperti halnya pembengkakan testis, pembengkakan indung telur serta meningitis virus mungkin saja terjadi.

Dengan demikian meski penyakit gondongan adalah kategori penyakit ringan, namun tidak boleh disepelekan begitu saja.

Baca juga artikel obat Asam Mefenamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: